Rangkuman Wisata Lembang Paling Hits

Wisata Lembang Terfaforit

Bandung adalah surganya tempat wisata bernuansa alam yang belum ada tandingannya. Lokasinya yang dekat dengan ibukota membuat ibukota propinsi Jawa Barat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Jakarta yang ingin berlibur menghilangkan kepenatan kerja. Lembang adalah salah satu wilayah di Bandung dengan berbagai destinasi wisata alam berhawa sejuk dan masih alami. Lalu dimana saja wisata Lembang terfaforit sebagai destinasi utama liburan keluarga yang asyik? Beberapa rangkuman spot wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di Lembang Bandung :

1. Situ Lembang
Lokasinya berada di ketinggian 1.567 mdpl, Situ ini merupakan sebuah danau buatan yang sudah ada semenjak tahun 1914 silam. Wisata Lembang terfaforit yang satu ini sangat memukau sebab topografinya dikelilingi oleh barisan pegunungan mulai dari Burangrang, Tangkuban Perahu hingga Gunung Sunda. Tak ada angkutan umum dengan trayek ke sana sehingga para wisatawan dianjurkan untuk membawa kendaraan pribadi atau memanfaatkan layanan ojek online.

2. Pemandian Air Panas Ciater
Hawa pegunungan yang sangat dingin bisa dinetralkan dengan mandi air hangat. Di Pemandian Air Panas Ciater ini para pengunjung selain bisa menghangatkan badan juga sembari melihat pemandangan alam yang ada di sekelilingnya. Berada di perbatasan antara Bandung dengan Subang, pemandian ini sendiri menempati lahan seluas 30 hektar berupa kolam dan kamar rendam. Kehangatan air kolam cukup bisa membuat badan hangat dengan suhu mencapai 45 derajat Celcius dimana airnya berasal dari sumber mata air Gunung Tangkuban Perahu. Airnya sendiri mengandung belerang yang selain bisa menyegarkan tubuh juga bisa mengatasi penyakit kulit. Bukan cuma acara mandi, di sini pun tersedia beberapa wahana outbond seperti arung jeram dan flying fox. Kecuali itu juga ada kolam pancing, perlengkapan olahraga, dan tak ketinggalan adalah tempat makan.

3. Floating Market
Pasar terapung di Lembang ini tak beraktifitas di sungai namun di danau buatan dengan airnya yang jernih. Floating Market Lembang menjual beragam kuliner tradisional Sunda. Bermacam macam jenis jajanan tradisional ada misalnya batagor, lotek, durian bakar, dan karedok. Bukan hanya kuliner, para pengunjung pun bisa memanfaatkan banyak jenis permainan air seperti : sepeda air, bebek air, perahu, dan kereta air.

4. Observatorium Bosscha
Sebagai lokasi terbaik melihat keindahan alam semesta di atas sana. Selesai dibangun tahun 1928 oleh pemerintahan kolonial Belanda, observatorium ini dinamakan sesuai nama penggagasnya. Kendati sudah berusia 90 tahun lebih namun bangunannya masih terlihat kokoh. Bangunan pengamatan bintang ini mempunyai beberapa teleskop diantaranya, Refraktor Ganda Zeiss, Schmidt Bimasakti, Refraktor Bamberg, Cassegrain GOTO, dan Teleskop Surya. Observatorium Bosscha terbuka untuk umum tanpa perlu membeli karcis masuk. Akan tetapi untuk pengunjung yang hendak memakai teleskop Zeiss maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

5. Kampung Gajah Wonderland
Membawa nama gajah sebab memang di dekat pintu masuk lokasi wisata ini berdiri patung Gajah Raksasa. Tak ada gajah hidup di dalamnya, namun kawasan ini adalah destinasi liburan terintegrasi dengan menyediakan banyak wahana dalam satu tempat. Jenis wahananya sendiri dibedakan menadi zona air dan zona non-air. Untuk wahana air diantaranya Bumperboat, Kiddy Pool, Sepeda Air, dan juga Waterboom. Lalu untuk wahana non air misalnya Delman, Grass Skating, Sky Rider, Trampolin, dan ATV.

Tempat Wisata Lembang Murah

Lembang tak pernah terlewatkan saat berlibur ke Bandung. Tempat yang secara geografis merupakan daerah pegunungan ini banyak menawarkan rekreasi alam dan juga petualangan dalam bentuk wahana. Berlibur di Lembang identik dengan wisata keluarga yang murah namun tetap mengasyikkan. Ada beberapa tempat wisata Lembang murah yang bisa dimanfaatkan untuk mengajak liburan keluarga, diantaranya adalah :

1. Grafika Cikole
Tempat wisata Lembang murah yang satu ini cukup lengkap dan menyatu dengan alam yang masih asli. Menempati lahan dengan luas hingga 9 hektar ini menawarkan panorama hutan pinus, aneka permainan outbond, dan juga penginapan. Udaranya cukup sejuk dan malah cenderung dingin sebab berada di ketinggian 1400 meter dpl. Bangunannya bergaya vintage dari bahan kayu yang terlihat kokoh. Wahana outbond-nya dibedakan menjadi reguler dan classified. Kelompok reguler memiliki 11 jenis permainan misalnya balap karung, makan kerupuk dan juga menangkap belut. Sedangkan kelompok classified masih dibedakan menjadi outbond anak-anak, sekolah, dan dewasa.

2. Jendela Alam
Berfungsi sebagai kawasan wisata bernuansa pendidikan untuk anak-anak. Di sini anak-anak bebas bermain, beraktifitas di alam bebas sembari belajar. Beralamat di Jalan Sersan Bajuri Kilometer 4,5 Cihideung, Jendela Alam memiliki beberapa jenis aktifitas seperti Jendela Petualangan, Hewan, Tumbuhan, dan Bermain. Dibuka pula Kedai Alam dengan sajian aneka makanan dan minuman khas Sunda.

3. Pine Forest Camp
Pine Forest Lembang menjadi salah satu pilihan tempat berkemah terbaik. Tak cuma memberikan lokasi untuk mendirikan tenda namun di sini pun dilengkapi sarana permainan outbond dan bahkan juga offroad. Kawasan ini pun dikitari oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga terlihat hijau dan asri. Ada lima wahana yang tersedia meliputi : Outbond Training Team Building, Offroad Adventure, Outbond Salam Percil, Adventure Kids Camp, dan Flying Fox.

4. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung yang satu ini sering dihubungkan dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Meski sebenarnya puncak gunung ini terbentuk oleh lukisan alam berupa lava yang mengeras. Tangkuban Perahu mampu menciptakan penampakan alam yang sangat indah. Gunung ini memiliki beberapa kawah yang membentuk danau belerang berwarna kehijauan. Ada Kawah Ratu yaitu kepundan terbesar yang dimiliki gunung Tangkuban Perahu dengan warna airnya agak kebiruan.

5. Curug Tilu Leuwi Opat
Untuk tempat wisata Lembang murah yang satu ini berjarak kira-kira 9 km dari kota Lembang. Para pengunjung mesti melewati medan yang lumayan terjal berbatu sebelum sampai ke lokasi air terjun. Air terjun atau Curug Tilu Leuwi Opat ini dikitari panorama eksotis dari batuan cadas hitam diselingi tetumbuhan hijau. Di bawah curug dijumpai sebuah kolam berkedalaman 9 meter yang bisa digunakan berenang namun sebatas di beberapa area tertentu. Dan ternyata curug yang dimiliki pun lebih dari satu, seperti Curug Aseupan, Tilu, Cilaki, dan Citulang.

Info Wisata Lembang Lagi Hits

Mencari info wisata Lembang yang lagi hits? Coba tentukan dari beberapa pilihan berikut ini. Lembang adalah salah satu wilayah kecamatan di Bandung Barat yang memiliki topografi pegunungan. Di samping menyajikan panorama alamnya yang indah, di sini pun ada berbagai pilihan obyek wisata dengan beragam tema. Cocok untuk mereka yang hendak membawa seluruh anggota keluarga berlibur dan beraktifitas bersama-sama.

1. De Ranch Lembang
Menghadirkan tema berlibur dalam sebuah peternakan kuda sebagaimana banyak dilihat di film-film. Tak cuma menunggang kuda bak seorang koboi, di sini pun lengkap dengan bermacam wahana permainan seru seperti the gold hunter, trampolin, balon air, panahan, dan tak ketinggalan adalah meluncur di flying fox. Khusus anak-anak, mereka bisa bermain kidtrik, peti luncur, loncat anak, memancing, atau memerah susu sapi di peternakan. Beralamat di Jalan Maribaya nomor.17 atau kurang-lebih 200 meter dari pasar Lembang. Buka jam 9 pagi hingga 5 sore untuk Senin hingga Jumat sedangkan di hari libur buka lebih awal yaitu jam 8 pagi.

2. Treetop Adventure Park Lembang
Suatu tempat wisata bernuansa alam yang berfungsi juga menjadi arena untuk outbond. Menawarkan berbagai permainan yang menantang dan asyik untuk dilakukan. Disiapkan enam sirkuit meliputi Yellow, Dicovery, Blue, Orange, Red, dan Black. Anak-anak berusia 4 tahun ke atas dapat memakai sirkuit Yellow dengan tinggi lintasan cuma 2 meter sedangkan sirkuit lainnya khusus untuk pengunjung dewasa. Tempatnya gampang dijangkau sebab berada satu jalur menuju Bumi Perkemahan Cikole.

3. Farm House Lembang
Terletak di rute utama dari Bandung ke Lembang, obyek wisata ini selalu diramaikan pengunjung. Tempat ini menawarkan suasana berlibur seakan-akan berada di Eropa untuk spot foto yang keren. Termasuk spot foto populer di sini yaitu rumah hobbit. Kendati bangunan rumah Hobbit kecil namun terlihat unik dengan bahan utama dindingnya dari kayu dan batu. Terdapat pula kandang hewan piaraan yaitu kelinci dan burung dimana para pengunjung bisa bermain-main atau memberi makan hewan tersebut.

4. The Lodge Maribaya
Info wisata Lembang selanjutnya adalah The Lodge Maribaya yang berada di jalur Lembang-Maribaya-Cibodas. Sayangnya belum ada angkutan umum yang melewati rute tersebut sehingga para pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online. Disediakan 7 wahana permainan yang asyik dan menantang seperti Hot Air Balloon untuk berfoto di ketinggian 6 meter berlatar belakang hamparan hutan pinus. Lalu Sky Bike dan Sky Wing yaitu lintasan dari sling baja yang membentang antara dua sisi. Zona Paralayang juga tak kalah serunya sebab di sini para wisatawan dapat beraksi seakan-akan melayang di ketinggian untuk kemudian diambil fotonya. Adapun Sky Bamboo dan Sky Tree adalah gardu pandang yang dibangun dengan ketinggian tertentu untuk spot foto menarik dengan latar belakang pohon pinus. Terakhir adalah aktifitas berkemah di bawah keteduhan pohon pinus lengkap dengan berbagai perlengkapan hidup di alam bebas. Pengunjung tinggal membayar paket camping ini dan mereka akan mendapatkan segala perlengkapannya.

Hasrat hati ingin berwisata ke benua Eropa layaknya kalangan selebritis namun dana terbatas, datang saja bersama seluruh anggota keluarga ke Farm House Susu Lembang yang beralamat di Jalan Raya Lembang No 108 Bandung Barat. Wisata Lembang Bandung ala eropa ini cukup kental nuansa western-nya dimana para pengunjung bisa berjalan-jalan sembari mengenakan pakaian ala Noni Belanda.

Wisata Lembang Bandung Ala Eropa

Para pelancong yang bertamasya ke sini tak hanya akan disuguhi panorama alam asli yang sangat cantik misalnya taman bunga aneka warna namun mereka pun bisa memberi makan hewan ternak atau hanya sekedar berfoto penuh gaya. Saat hari libur tiba, ada ribuan wisatawan yang menghabiskan waktu bersenang-senang di sini yang umumnya berasal dari luar kota Bandung. Tertarik untuk ke sana? Simak apa saja yang disajikan wisata Lembang Bandung ala eropa berikut ini.

1. Akses lokasi
Letak Farm House Lembang persisnya di Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang. Berada di tepi jalur Bandung menuju ke Lembang. Kira-kira 2 kilometer sebelum pusat kota Lembang. Apabila mengendarai mobil pribadi maka langsung saja masuk ke akses utama Bandung – Lembang. Bila menggunakan jalan tol, keluar dari gerbang Pasteur lalu masuk ke jalan Sukajadi dan dilanjutkan ke jalan Setiabudi dan kemudian jalan Ledeng dan lurus saja.

2. Peternakan mini ala Eropa
Memberi makan domba adalah hal pertama yang bisa dilakukan di Farm House. Ada area peternakan mini yang berisi domba-domba lucu. Pengunjung bisa memberinya makan dengan wortel yang bisa dibeli di situ seharga Rp.15 ribu per bungkus. Pengunjung pun boleh saja berfoto-foto dengan domba jika mau.

3. Rumah Hobbit
Inilah salah satu spot favorit di Farm House Susu Lembang yaitu bangunan rumah Hobbit menyerupai yang ada dalam film The Lord of the Rings. Dibuat dalam versi mini namun tetap keren dan sangat cocok untuk spot foto untuk diunggah ke Instagram. Wajar saja bila saat-saat libur sekolah tiba, rumah Hobbit selalu terlihat antrian para pengunjung agar bisa berfoto dengan latar belakang bangunan tersebut.

4. Kostum ala Eropa
Farm House Lembang pun menyediakan penyewaan kostum ala Eropa dengan biaya Rp.75 ribu per jamnya. Setelah mengenakannya, tinggal mencari spot berfoto yang keren dan jeprat-jepret sepuasnya.

5. Bangunan bergaya Eropa
Beberapa bangunan yang sengaja dibuat bergaya Eropa juga menjadi daya tarik para pengunjung untuk menjadi latar belakang berfoto.

6. Gembok Cinta
Untuk mereka yang sedang memadu kasih, ada spot khusus di Farm House untuk menyatakan kesetiaan dengan pasangannya. Dengan memasang gembok cinta bertuliskan nama pasangan masing-masing di bagian jembatan yang sudah disediakan setidaknya bisa menunjukkan kesetiaan cinta yang terjalin. Gemboknya sendiri bisa dibeli di sana dengan harga yang terjangkau.

Tempat Wisata di Lembang Yang Baru

Jangan bingung saat menentukan destinasi liburan asyik untuk keluarga. Coba saja arahkan tujuan ke Lembang Bandung, di sana ada banyak yang bisa dipilih mulai dari wisata pemandangan alam, kuliner hingga belanja. Beberapa malah belum lama dibuka dan langsung menuai hits di mana-mana. Tempat wisata di Lembang yang baru berikut ini dapat dijadikan tujuan berlibur kala akhir pekan bersama seluruh anggota keluarga.

1. D Dieu Land

Destinasi berlibur D Dieu Land dibuka untuk umum akhir 2017 lalu. Meski begitu antusiasme para wisatawan yang berkunjung ke sini sangat besar. Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dengan area seluas 5.500 m dengan geografi tanahnya yang naik turun. D Dieu Land buka dari jam 9 pagi dan ditutup 10 malam dengan harga tiket masuk hanya Rp.10 ribu / orang. Namun untuk Sabtu dan Minggu para pengunjung harus membayar Rp.15 ribu / orang. Tempat wisata kelurga D Dieu Land menyediakan banyak tempat duduk dan juga spot berfoto menarik. Yang bisa memicu adrenalin seperti berjalan di atas skywalk dengan ketinggian 10 meter dari atas tanah.

2. Taman Bunga Rumah Belanda

Berlokasi di Jalan Raya Maribaya Timur Lembang, Bandung Barat yang masih satu tempat dengan Kafe & Resto Rumah Belanda. Hamparan taman bunga yang satu ini bertema taman bunga di Belanda dengan luas lahan mencapai 4000 meter persegi. Ada banyak lokasi berfoto menarik di sini seperti replika sepatu tradisional khas Belanda berwarna kuning yang dinamakan Grote Klompen. Beberapa bangunan tradisional rumah Belanda diantaranya Klompen Huis (Rumah Sepatu Belanda), Rumah Hijau Typical Zaanse Schans huis, dan Roof juga ikut melengkapi. Sementara bagi para pengunjung yang ingin sekear bersantai bisa memanfaatkan gazebo lengkap dengan kursi dan mejanya. Dibuka untuk umum dari jam 10 pagi hingga 5 sore, sementara untuk Sabtu dan Minggu hingga 7 malam. Cukup dengan membayar Rp.20 ribu/orang untuk masuk ke areal ini.

3. Dago Dream Park
Tempat wisata di Lembang yang baru lainnya adalah Dago Dream Park di Jalan Dago Giri, Mekarwangi, Lembang. Memiliki banyak ragam wahana dan fasilitas sehingga pengunjung akan nyaman berada di sana. Begitu memasuki pintu gerbang Dago Dreampark pengunjung langsung disuguhi lebatnya hutan pinus menghijau yang teduh dan berhawa sejuk. Areal wisata ini sendiri terbagi menjadi kawasan atas dan bawah. Untuk yang atas menjadi tempat bermain anak-anak misalnya memberi makan kambing dan kelinci, mandi bola, kereta yang ditarik ATV, bersepeda, hammock dan juga memanah. Sementara di bawah disediakan kegiatan berkuda, memancing, kora-kora, flying fox, perahu, ATV, hingga wahana antigravity. Harga karcisnya cuma Rp.20 ribu – Rp.35 ribu per orang.

Wisata Lembang Maribaya

Beragam pilihan tujuan wisata di daerah Bandung Barat khususnya Lembang tak pernah sepi pengunjung. Terlebih di saat libur hari raya, kepadatan arus lalu lintas ke kawasan itu tak terbendung lagi yang mengindikasikan jika Lembang memang populer di mata wisatawan. Floating Market, De Ranch, Dusun Bambu dan Cikole adalah beberapa spot wisata yang biasa dikunjungi pelancong. Masih ada satu lagi destinasi wisata asyik di Lembang, namanya adalah The Lodge Maribaya. Wisata Lembang Maribaya ini menawarkan panorama alam yang indah lengkap dengan air terjun yang eksotis. Banyak spot menarik untuk berfoto-foto di lokasi yang satu ini.

Wisata Lembang Maribaya menawarkan banyak aktifitas menantang kepada para pengunjung. Ada camping, trekking, dan mencoba berbagai wahana yang disediakan. Dengan latar belakang hutan pinus yang lebat, pastinya lokasi ini Instagrammable banget. Berbagai wahana dan fasilitas yang disediakan di The Lodge Maribaya adalah :

1. Sky Swing
Wahana yang satu ini sangat populer dan banyak diunggah fotonya di media sosial. Belum disebut mengunjungi The Lodge Lembang bila belum berfoto di ayunan udara yang satu ini. Sebenarnya sky swing ini bukan benar-benar dipasang di ketinggian namun di pinggir tebing, dengan begitu ketika pengunjung mengambil foto dengan sudut tertentu maka seolah-olah tinggi banget.

2. Zip Bike
Adalah sepeda yang dipasang di atas sling baja dengan ketinggian tertentu yang membentang dan dipercantik latar belakang kelebatan hutan pinus di bawahnya. Pas sekali sebagai spot foto unik untuk dipamerkan di jejaring sosial. Jangan khawatir jatuh sebab setiap pengguna sudah dipasang tali pengaman yang kuat.

3. Gantole
Wisata Lembang Maribaya juga memiliki wahana gantole. Namun tak digunakan untuk terbang di ketinggian, pengunjung cuma berpose seakan-akan sedang melayang di udara. Bisa ditebak hasil foto tentunya keren dan membuat penasaran siapa saja yang melihatnya.

4. Balon Udara
Wahana terbaru di tempat ini yang menawarkan sensasi seakan-akan sedang mengudara naik balon udara. Meski sebenarnya balon ini tak terbang kemana-mana dan dimaksudkan sebagai pendukung berfoto saja.

4. Bamboo Sky
Adalah menara pandang dengan konstruksi dari rangkaian bambu yang menjulang tinggi. Background-nya adalah hamparan pohon pinus yang terlihat sangat asri.

5. Sky Tree
Yang satu ini pun mengusung konsep yang sama dengan menara bambu, cuma berbeda tempat dan perlengkapan yang dipakai. Jadi para pengunjung bisa berfoto-foto di atas lembaran papan yang bertindak sebagai pijakan yang dipasang di sebuah pohon besar dengan ketinggian tertentu. Selain kokoh dan aman, para pengunjung pun sudah dilengkapi pula dengan tali pengaman untuk jaga-jaga.

6. Camping
Berkemah selalu menjadi aktifitas yang sangat menarik tidak anak-anak atau orangtua. Wisata Lembang Maribaya pun menyediakan lokasi sekaligus dengan perlengkapannya bagi pengunjung yang ingin kembali menjadi seorang pramuka.

7. Kuliner
Urusan makan, lokasi wisata yang satu ini cukup bisa diandalkan. Saat lapar setelah beraktifitas, para pengunjung bisa segera menuju restoran Dapur Hawu atau The Pines Cafe.
Disiapkan pula berbagai stand yang menawarkan aneka kudapan khas Bandung dan nusantara. Harga makanan dan minuman mulai dari Rp.10 ribu hingga Rp.50 ribu.

Wisata Lembang Cikole

Bandung lengkap dengan beragam pilihan wisata alam untuk tujuan liburan keluarga. Wisata Lembang Cikole adalah salah satunya yang menyuguhkan pesona alam asri lagi cantik. Sebutan lengkapnya adalah Terminal Wisata Grafika Cikole dengan lokasi berada di kawasan pegunungan berketinggian 1400 Mdpl yang luasnya mencapai 9 hektar. Wisata Lembang Cikole dikelilingi hutan pinus yang rindang dengan pohon-pohon yang menjulang. Di siang hari temperatur udara di sana hanya 20 derajat celcius sementara di malam akan lebih dingin lagi hingga 5 derajat celcius.

1. Rute wisata Lembang Cikole
Berlokasi di rute menuju kawasan wisata Tangkuban Perahu membuat wisata Lembang Cikole ini sangat mudah untuk dijangkau. Alamat persisnya adalah di jalan Raya Tangkuban Perahu km 8. Desa Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Akses jalan menuju ke sana pun mulus dengan petunjuk jalan yang tersedia lengkap.

2. Fasilitas wisata Lembang Cikole
Semula wisata Cikole ini hanya menawarkan restoran dan hotel bagi para tamu yang sedang berlibur ke gunung Tangkuban Perahu. Seiring makin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Lembang maka akhirnya dikembangkan wisata alam bernuansa hutan pinus menghijau lengkap dengan aneka wahana dan juga villa-villa. Bukan sembarang villa sebab bangunannya sengaja dibuat mirip rumah kurcaci Hobbit di film The Lord of The Rings. Para pelancong pun dapat menikmati berbagai fasilitas antara lain saran outbound yang lengkap, penangkaran rusa, berkemah, dan bentuk kegiatan lain yang menyenangkan termasuk berfoto-foto atau merekam momen indah dengan latar belakang hutan pinus yang sangat eksotis. Pihak pengelola pun menyediakan spot khusus yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berfoto dan juga foto prewedding. Tersedia paket wisata Outbound Reguler dan Classified Outbound yang salah satu permainannya adalah meluncur di Flying Fox. Meluncur dari perbukitan di ketinggian sekitar 25 meter menuju ke lembah tentu sangat mengasyikkan dan menantang. Panjang lintasannya sendiri mencapai 125 meter memakai kawat baja sling yang sangat aman hingga bobot 10 ton.

3. Wisata kuliner Lembang Cikole
Kecuali aneka wahana permainan yang menantang, layaknya sebuah daerah wisata tempat ini pun menawarkan berbagai menu untuk memuaskan wisata kuliner para pengunjung. Para pengunjung dapat menikmati menu-menu kuliner lezat menggugah selera yang tersedia di Resto Sangkuriang, Restoran Sunda, Aula Dayang Sumbi, Pendopo Hutan dan juga Saung Lesehan. Sajiannya mulai dari aneka makanan dan minuman khas Sunda, seafood, aneka hidangan serba ayam dan juga Chinese Food. Ada juga bermacam menu sup tradisional untuk menghangatkan badan dan tak ketinggalan menu kambing guling. Jajanan tradisional khas Sunda pun bisa dinikmati di sini.

Wisata Lembang Buat Anak

Liburan bersama seluruh anggota keluarga tak bisa hanya sekedar pilih. Tujuan wisata yang akan dikunjungi hendaknya cocok dengan usia anak-anak yang ikut. Saat merencanakan berlibur ke Lembang Bandung dengan anak-anak, rekomendasi berikut ini layak untuk dipertimbangkan. Lembang terkenal dengan wisata alamnya yang masih asri dengan udaranya yang segar. Pilihan wisata Lembang buat anak berikut ini tak akan membuat repot dengan biaya yang tak terlalu mahal.

1. Kota Mini Lembang
Berlibur dengan buah hati saat akhir pekan tak boleh sembarangan memilih. Anak-anak bisa diajak berwisata edukatif ke kawasan Lembang Bandung Barat. Kota Mini Lembang adalah tujuan wisata terbaru yang masih satu area dengan Floating Market yang terkenal itu. Destinasi wisata ini memiliki konsep bangunan tematik berukuran kecil. Wisata Lembang buat anak ini cukup menarik untuk dikunjungi dimana anak-anak bisa berperan sesuai profesi yang diinginkannya seperti menjadi seorang polisi, pengusaha salon kecantikan, chef, petugas pemadam kebakaran, atau dokter. Di sini pun disediakan beragam alat peraga menyerupai aslinya sesuai dengan profesi. Anak-anak bisa belajar sembari bermain dengan menyenangkan. Disediakan lebih dari 10 rumah mini berbagai tema. Pengunjung bisa masuk ke Kota Mini Lembang dari Floating Market. Tempat asyik yang satu ini pun pas digunakan sebagai background foto selfie yang keren.

2. Rumah Hobbit Farm House
Salah satu tujuan wisata yang sedang hits bagi para wisatawan. Farm House Susu Lembang berada di Jalan Raya Lembang No. 108. Di sini para penggemar sekuel film The Lord of the Rings akan menjumpai rumah Hobbit atau Hobbiton persis seperti yang ada di film. Para pengunjung bisa berfoto menggunakan kostum ala eropa yang bisa disewa atau berinteraksi dengan berbagai hewan yang dibudidayakan di sini.

3. Kampung Gajah Wonderland
Wisata Lembang buat anak yang telah lama berdiri. Kampung Gajah Wonderland menyediakan aneka wahana permainan, taman bermain air, serta area kebun binatang dalam ukuran kecil. Lokasi wisata ini berada di Jalan Sersan Bajuri KM. 3,8 Kabupaten Bandung Barat

4. The Lodge Maribaya
Menyediakan fasilitas lengkap untuk mereka yang ingin berwisata bersama seluruh anggota keluarga. Destinasi ini populer juga dengan sebutan “The Lodge Cibodas”. Menawarkan banyak sarana untuk kegiatan outbound mulai dari trekking, flying fox, fun games, camping, dan sebagainya. Tempat yang cocok untuk bermain dengan seluruh anggota keluarga dalam suasana yang riang gembira. Wisatawan yang akan ke sana dapat mengambil rute dari Terminal Dago – Dago Giri – Maribaya, kemudian ambil arah Cibodas.

5. De Ranch Lembang
Merupakan lokasi wisata berkuda ala koboi dengan tema “food, leisure and knowledge”. Sampai saat ini area wisata yang semula merupakan peternakan ini memiliki 20 ekor kuda yang didatangkan dari berbagai daerah. Kuda-kuda tersebut disewakan kepada para pengunjung lengkap dengan kostum ala koboi. De Ranch beralamat di Jln. Maribaya no. 17, Lembang.

Wisata Lembang Dusun Bambu

Bila berencana bertamasya keluarga ke Lembang Bandung, jangan sampai melewatkan destinasi keren yang satu ini. Wisata Lembang Dusun Bambu meski namanya hanya dusun namun pesonanya akan membuat para wisatawan terkesima. Lokasi wisata yang ada di kaki Gunung Burangrang ini tak hanya menampilkan pemandangan rumpun bambu saja namun tersedia berbagai spot wisata lain yang dapat dinikmati dari hamparan sawah menghijau, danau dengan airnya yang jernih hingga sajian kuliner sedap nan menggoda.

1. Jam buka dan harga tiket
Para pengunjung tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli tiket masuk wisata Lembang Dusun Bambu ini. Cukup membayar Rp.15 ribu saja per orang para wisatawan sudah bisa mengeksplorasi seluruh keindahan alam yang disajikan. Wisata Dusun Bambu berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11 Kertawangi, Cisarua Bandung Barat. Agak sayang saja sebab tempat berlibur yang sangat menarik ini cuma dibuka untuk umum di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jam bukanya mulai 10 pagi dan berakhir 10 malam. Mencapai lokasi ini wisatawan bisa dicapai dari Jalan Kolonel Masturi atau dapat juga dari Cimahi.

2. Fasilitas
Sebagai salah satu jujugan favorit para pelancong, Dusun Bambu tentu saja sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dari resto, penginapan, tempat parkir, hingga kamar mandi dan musholla. Dusun Bambu memiliki visi sebagai sebuah tempat wisata pendidikan, alam, budaya dan keindahan. Didukung dengan areal yang luas mencapai 15 hektar yang ditata dengan cukup rapi dan modern. Villa-villa pun dibangun untuk memenuhi kebutuhan akomodasi para pengunjung. Villa-villa tersebut diberikan nama-nama unik tokoh legenda Sunda misalnya Sangkuriang, Kabayan dan sebagainya. Dibuat pula sebuah danau buatan yang di atasnya berdiri panggung amphiteater untuk menampilkan pertunjukan seni budaya di tiap akhir pekan.

3. Pasar Khatulistiwa
Pasar Khatulistiwa menawarkan berbagai produk pertanian lokal dengan pilihan mutu terbaik mulai dari sayur-mayur, buah, dan bunga dalam kondisi segar dan organik. Tidak cuma produk pertanian di sini pun dijajakan aneka panganan khas Sunda dan juga cinderamata buatan masyarakat setempat yang unik dan berciri khas wisata Lembang. Pasar Khatulistiwa berada berdampingan dengan Cafe Burangrang dan memiliki penataan yang rapi dan modern. Pasar Khatulistiwa mulai melayani pembeli dari jam 10 pagi sampai 9 malam setiap harinya.

Wisata Lembang Murah

Lembang sebagai salah satu kecamatan di Bandung menawarkan beragam tempat wisata terbaru yang mengasyikkan bagi para turis. Di kawasan ini para pelancong bisa menikmati wisata alam, wahana permainan dan juga kelezatan aneka kuliner yang tiada duanya. Lembang selalu menjadi jujugan utama para wisatawan yang berada di Bandung untuk liburan. Bila selama ini wisata identik dengan tarif yang mahal, adakah wisata Lembang murah namun tetap asyik? Berikut rekomendasi wisata Lembang murah yang bisa dipilih.

1. Taman Wisata Maribaya

Inilah salah satu pilihan wisata Lembang yang tak akan membuat dompet cepat menipis. Taman Wisata Maribaya adalah kawasan hutan alam yang diisi ribuan pohon-pohon besar menjulang tinggi sehingga membuat sekelilingnya adem dan sejuk. Di lokasi ini pun dijumpai air terjun dengan kolam pemandian air panas yang sangat segar. Untuk masuk ke Taman Wisata Maribaya ini setiap pengunjung cuma dikenakan karcis masuk Rp.8 ribu saja. Wisata Lembang murah yang satu ini pun dibuka warung-warung kuliner untuk sekedar menyeruput minuman penghangat tubuh misalnya Bajigur atau Bandrek.

2. Observatorium Bosscha

Melihat kenampakan nun jauh di sana antar galaxy, berkunjung ke Observatorium Bosscha adalah jawabannya. Pusat peneropongan bintang yang dibangun sejak zaman kolonial Belanda ini mungkin menjadi yang terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Berbagai obyek luar angkasa yang tak terlihat bila hanya dengan mata telanjang, menggunakan teleskop raksasa akan nampak dengan jelas. Para pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp.15 ribu hingga Rp.20 ribu saja per orang. Jam buka dimulai dari 9 pagi sampai 1 siang dan kemudian 5 sore sampai jam 8 malam.

3. De Ranch Lembang

Pengin merasakan sensasi menjadi koboi menunggang kuda lengkap dengan pakaian khasnya? De Ranch Lembang menyiapkannya untuk para pengunjung. De Ranch Lembang adalah kawasan wisata yang cukup luas dengan harga tiket masuk cuma Rp.10 ribu saja per orang. Para pengunjung dengan keluarga mereka bisa menikmati suasana peternakan sembari mengendarai kuda mengintari areal peternakan yang menghijau dengan udaranya yang segar. Bukan itu saja sebab di sini menyediakan arena flying fox, naik delman, ATV, memancing, balon air, gowes, memana, fun boat hingga kereta powpow.

4. Dusun Bambu
Tak boleh ketinggalan dari pilihan wisata Lembang murah adalah Dusun Bambu yang berada di bagian utara Bandung. Tempat wisata ini terletak di kaki gunung Burangrang dengan keindahan alamnya yang masih perawan dan hawanya yang dingin. Pilihan tempat wisata keluarga ini menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap mulai dari bersepeda, berkemah, outbond dan termasuk juga kuliner serta belanja oleh-oleh khas Bandung. Selain fasilitas wisata alam yang tertata dengan sangat baik, di sini pun terdapat villa, restoran dan juga Pasar Khatulistiwa. Pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp.15 ribu saja per orang.

Rumah Pohon Lembang Bandung

Semua mengakui jika Bandung menawarkan banyak destinasi liburan alam dengan panorama yang eksotis. Wisata alam di Bandung terpusat di kawasan Lembang yang memiliki totpgrafi pegunungan berhawa sejuk dan udara yang segar. Pastinya para wisatawan akan betah berlama-lama berlibur di kota Bandung. Saat berlibur di Lembang, cobalah untuk mampir ke spot Rumah Pohon. Rumah pohon Lembang Bandung memberikan sensasi berbeda beristirahat di atas pohon dengan angin sepoi yang berembus.

1. Rumah pohon Lembang Bandung Treehouse Villa
Spot wisata yang satu ini selain menawarkan sensasi unik berada di atas ketinggian juga menyuguhkan keindahan alam yang benar-benar memukau. Treehouse Villa sendiri adalah kawasan penginapan dengan luas kurang-lebih 10 ribu meter persegi beralamat di Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi. Para wisatawan dapat bermalam di rumah pohon yang unik ini. Tiap kamar di dalam rumah pohon terhubung menggunakan jembatan bambu yang terkesan tradisional. Untuk dindingnya juga dibuat dari bambu sementara atapnya berupa tumpukan jerami kering. Dari dalam rumah pohon Lembang ini para tamu dapat memandang sekeliling Treehouse Villa yang memiliki landscape yang benar-benar cantik. Disediakan pula kolam renang berair jernih yang dapat digunakan para pengunjung berenang. Tarif rumah pohon Lembang Treehouse Villa ini sekitar Rp.2 juta per malam.

2. Rumah Pohon Leo
Rumah pohon selanjutnya yaitu Rumah Pohon Leo yang berlokasi dalam kawasan Taman Buah Mekarsari. Penginapan unik yang satu ini benar-benar memiliki bangunan di atas pohon yang cantik dan terlihat kokoh. Rumah ini memiliki kamar tidur yang ada di lantai 2 sehingga para tamu bisa memandang panorama alam di sekelilingnya dari jendela kamar. Kawasan rumah pohon ini sendiri berada di dalam hutan lindung yang dihiasi ratusan pohon-pohon rindang menjulang tinggi. Saat pagi dan sore menjelang menjadi waktu yang paling dinantikan sebab para tamu akan diberikan pemandangan yang benar-benar indah. Di pagi hari matahari memancarkan sinarnya yang menerobos di sela-sela pohon sementara di kala sore suasana di sekitar rumah pohon ini begitu eksotis. Rumah pohon Leo juga memiliki danau buatan dimana pengunjung bisa menyewa perahu untuk sekedar berkeliling menyusuri tepian danau yang memiliki air yang jernih.

3. Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK)
TBMK atau disebut Kawasan Konservasi Masigit berada di wilayah administratif Bandung, Sumedang dan Garut. Rumah pohon yang ditawarkan di dalam hutan konservasi ini memang terlihat unik dan kental dengan nuansa alami. Pengunjung bisa benar-benar merasakan sensasi tinggal di alam bebas tanpa penerangan listrik maupun tempat tidur. Oleh karena itu para pengunjung harus mempersiapkan peralatan mereka sendiri sebelum menginap di sana. Tak hanya bermalam di atas pohon, para wisatawan pun memiliki banyak pilihan beraktifitas mulai dari bersepeda, kano, kayak atau cuma jalan-jalan santai mengelilingi hutan.

Lembang Bolu Kukus

Lembang Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang cantik bernuansa alam yang sejuk sehingga membuat kerasan. Selain itu berburu produk fesyen pun menjadi kesenangan tersendiri para wisatawan sebab wilayah yang mendapatkan julukan kota kembang ini adalah salah satu kiblat mode di Indonesia. Pelesir ke Lembang pun tak sempurna apabila tak mencicipi aneka kuliner khas yang enak-enak dan menggugah selera. Bolu susu Lembang yang dimasak dengan cara dikukus ini adalah pilihan terbaru yang lagi ngehits bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lembang.

Lembang bolu kukus ini sendiri merupakan inovasi lokal bekerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA) Jawa Barat. Lembang bolu kukus memiliki citarasa yang khas sebab salah satu bahan utamanya adalah susu sapi segar. Susu dipilih menjadi bahan utamanya tak lain karena Lembang adalah salah satu sentra penghasil susu sapi di Bandung dengan kualitas terbaik. Dari susu sapi yang melimpah inilah dibuat bolu kukus istimewa untuk melengkapi pilihan oleh-oleh kuliner khas Bandung.

Bolu Susu Lembang menawarkan varian original, coklat, dan juga vanilla. Bolu susu Lembang adalah kombinasi kue yang lembut berpadu dengan citarasa keju dan susu yang gurih. Varian Lembang bolu kukus rasa coklat misalnya memiliki rasa yang pas. Tak terlalu manis, tekstur lembut, legit terasa susu dan coklatnya, namun jauh dari eneg. Di bagian topping berhias taburan parutan keju setelah sebelumnya diberikan lapisan vla. Pembeli pun tak usah merogoh kocek dalam-dalam agar bisa menikmati Lembang bolu kukus ini sebab banderolnya cuma Rp.29 ribu sudah mendapatkan satu kotak.

Bolu Susu Lembang tersedia di toko oleh-oleh berikut ini :

1. Jl. Raya Bojongsoang no. 108 B
2. Jl. Jendral Amir machmud no. 218 Cimahi Utara
3. Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung
4. Jalan Raya Jatinangor no. 172
5. Ruko Bale Sakanca Blok C No. 4, Jl. Al-Fathu, Soreang, Bandung
6. Jl. Raya Cinunuk no.122 C
7. Toko Oleh-oleh Lembang Jl. Kopo Sayati No. 126 Bandung
8. Toko Galeri oleh-oleh Bandung, Jalan Dr. Djundjunan No. 69 (Pasteur) Bandung
9. Kios Terminal Ledeng, Bandung
10. Stasiun Bandung persisnya di samping pintu utara keberangkatan
11. Stasiun Kiaracondong di samping pintu selatan