Seperti yang kita ketahui bahwa kota Blitar merupakan daerah yang kental dengan sejarah. Hal ini rupanya tak terlepas dari makam Ir. Soekarno seorang proklamator Indonesia. Karena itulah, banyak para peziarah maupun wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi kota Blitar. Namun bukan hanya makam Bung Karno yang melegendaris, terdapat pula potensi objek wisata menarik di sini.

Baca Juga :


Sebetulnya, pariwisata di kota Blitar sangat direkomendasikan untuk dijelajah para traveler. Bahkan bagi anda yang ingin mengisi liburan akhir pekan, silahkan saja menghabiskan waktunya untuk berwisata di Blitar bersama keluarga. Di bawah ini ada beberapa wisata Blitar yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Objek Wisata Blitar Yang Sering Dikunjungi

1.Pantai Serang

https://1.bp.blogspot.com/-yz4-C72mQK4/VtbESN5LhYI/AAAAAAAAYS8/a7O4LsApJxU/s640/Tempat%2BWisata%2BMenarik%2Bdi%2BBlitar4.jpg

Pantai Serang adalah kawasan pantai laut Hindia yang sangat indah, dan letaknya di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Jika anda dari pusat kota Blitar maka hanya berjarak sekitar 45 km. Hamparan pantai yang menawarkan pasir putih dan bibir pantai landai, menjadikan pantai ini cocok digunakan untuk bermain air. Apalagi ombak yang diberikan tidak terlalu besar, sehingga para pengunjung bisa berenang di sekitaran pantai.

2. Pantai Peh Pulo

Related image

Pantai Peh Pulo memang lebih populer dengan sebutan Pantai Pasir Putih. Tak lain karena keadaan pantai yang berpasir putih dengan perpaduan air laut berwarna biru, membuat siapa pun yang datang tak ingin beranjak dari sini. Keberadaan pantai ini di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo dan tak jauh dari Pantai Serang. Hanya saja untuk mencapai lokasi Pantai Peh Pulo harus melewati jalan tanah yang disemen sehingga cukup sulit.

3. Candi Penataran

 

Candi Penataran atau Candi Palah merupakan sebuah gugusan candi yang berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok. Candi ini merupakan candi peninggalan dari keagamaan Hindu Siwaitis. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan dibangun tahun 1200 Masehi.

4. Coban Jurug Bening

Image result for Coban Jurug Bening blitar

Air Terjun Jurug Bening berlokasi di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates. Rute untuk menuju ke jurug ini searah dengan arah menuju Pantai Jolosutro, tapi setelah perempatan Binangun, rute berganti ke arah kanan menuju Pasar Bantengan. Jalan yang dilalui mulai dari awal perjalanan sampai pasar Binangun cukup mudah karena sudah didominasi jalan aspal dan sampailah di Coban Jurug Bening yang sangat indah.

5. Coban Sirah Kencong

Image result for Coban Sirah Kencong blitar

Air Terjun Sirah Kencong masih satu kawasan dengan Perkebunan Teh Sirah Kencong, tepatnya di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Sementara itu, untuk enuju ke air terjun ini para pengunjung harus lebih berhati-hati karena lingkungannya masih alami. Bahkan selama berjalan kaki menuju air terjun anda akan melewati hutan belantara, namun pemandangan sungguh eksotis.

Demikianlah tempat wisata di Blitar yang mempesona dan sayang untuk anda lewatkan. Semoga bisa menjadi referensi tempat-tempat wisata yang akan anda kunjungi.