Waw, Keunikan Wisata Candi Gunung Kawi Bali – Tahukah Anda bahwa keunikan wisata candi gunung Kawi Bali ini banyak diakui oleh para wisatawan. Baik itu para wisatawan domestik dan mancanegara yang pernah berkunjung ke lokasi wisata ini. Candi gunung Kawi berada di sungai pakerisan, dusun Penangka, desa Sabatu. Adapun yang membuat candi ini unik adalah dindingnya terbuat dari batuan cadas. Wisata ini adalah tempat beribadah umat beragama hindu. Di candi gunung Kawi ini juga dilengkapi ruang untuk bermeditasi. Nama candi gunung Kawi ini diambil dari sebuah gunung, yaitu gunung Kawi.

Candi Gunung Kawi image via http://www.anythingbali.com/

Pesona Keunikan Wisata Candi Gunung Kawi Bali

Saat Anda menuruni anak tangga di tubir sungai Pakerisan keunikan wisata candi gunung Kawi Bali akan tampak. Gemericik air sungai yang ada dilokasi tersebut seolah-olah menyambut kedatangan Anda dengan simponi alam. Sedangkan anak tangga yang menuju ke lokasi wisata candi gunung Kawi terbuat dari batu padas.

Sesampainya disana Anda akan menjumpai dua kelompok candi yang terpisah oleh aliran sungai Pakerisan. Pada candi yang pertama terletak disisi barat sungai Pakerisan dengan menghadap ke arah timur jumlahnya sekitar empat buah. Pada candi ini terdapat kolamrenang seta pancuran air. Pemandangan candi yang terbuat dari dinding cadas membuat para wisatawan takjub melihatnya. Karena membentuk ruang-ruang lengkung-lengkung yang didalamnya terdapat candi.

Untuk candi yang kedua letaknya disisi timur sungai Pakerisan dengan menghadap ke arah barat jumlahnya sekitar lima buah. Ditempat ini terdapat ruang petapaan yang disebut wihara. Adapun wihara ini adalah tempat para pendeta yang sedang bermediasi. Wihara yang terdapat di candi gunung Kawi ini terbuat dari batuan cadas. Selain itu, didalam wihara tersebut dilengkapi ruangan peralatan, kamar kecil, lubang sirkulasi udara agar sinar matahari bisa masuk kedalam ruang tersebut.

Candi gunung Kawi image via wisatakebaliplus.wordpress.com

Keindahan lainnya yang bisa Anda nikmati adalah adanya Geria Padadan. Adapun Geria Padadan ini adalah gapura dan pertapaan. Nah, jika Anda menuju kearah tenggara wisata candi gunung Kawi, disana Anda akan melewati persawahan yang hijau, temapt petapaan dan wihara. Sedangkan kompleks yang terdapat di wisata candi gunung Kawi dbuat tempat persemayanan raja Udayana dan anak-anakanya.

Mungkin Anda ada rencana berlibur berkunjung menyaksikan keunikan candi gunung Kawi Bali? Segera Anda berkunjung ke wisata candi gunung Kawi Bali. Demikianlah ulasan yang dapat kami informasikan untuk Anda mengenai keunikan wisata candi gunung Kawi Bali.