Terukir Kisah Di Wisata Sejarah Dan Budaya Yogyakarta  – Tak dapat dipungkiri bahwa Yogya memang sebuah kota wisata yang sangat populer di Indonesia. Disana terdapat banyak tempat wisata menarik yang layak dikunjungi. Banyak spot wisata di Yogya yang tentunya akan membuat para wisatawan terkagum – kagum.

Salah satunya terdapat wisata berupa wisata sejarah dan wisata budaya di Yogyakarta. Bagi anda yang ingin tahu tentang Yogyakarta dapat langsung berkunjung menuju ke wisata sejarah dan wisata budaya yang tersebar luas di Yogyakarta.

Dan disini kami akan berbagi informasinya untuk anda mengenai wisata sejarah dan budaya apa saja yang recommended untuk anda kunjungi di Yogyakarta. Yuk langsung saja simak uraian informasinya berikut ini!

Wisata Sejarah Dan Budaya Yogyakarta Recommended

Banyak yang menjuluki Yogyakarta sebagai kota tinggal Sultan Hamengkubuwono. Salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya di Yogyakarta yang layak anda kunjungi yaitu :

sumber :https://id.wikipedia.org

Kraton Yogya ini merupakan tempat tinggal Sri Sultan Yogya yang saat ini juga merupakan sarana pelestarian budaya Jawa di tengah gerusan modernitas zaman yang ada. Disini para wisatawan dapat mengetahui seperti apa budaya Yogya. Anda juga bisa menyaksikan abdi dalem melaksanakan tugas – tugas mereka. Melihat barang kesenian koleksi keraton yang dipajang di kotak kaca juga bisa anda lakukan.

Disini anda juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang, dan tari – tarian. Jika anda berkunjung ke Keraton Yogya sempatkan juga untuk datang berkunjung ke Alun – Alun Kidul di belakang Keraton. Disini anda bisa mencoba permainan masuk dua beringin yang populer. Permainan ini dilakukan dengan menutup mata melewati dua pohon beringin bernuansa mistis yang ada di Alun – Alun Kidul Yogyakarta.

Taman Sari

Tempat wisata sejarah dan budaya selanjutnya yang terdapat di Yogyakarta adalah Taman Sari. Dulunya Taman Sari ini merupakan taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta. Jaraknya sekitar 15 menit dari Keraton jika anda melakukan perjalanan dengan berjalan kaki.

sumber : http://dastansabastyan.blogspot.co.id

Taman Sari dikenal luas berkat pemandiannya yang terdiri dari tiga kolam yaitu Umbul Kawitan, Umbul Pamuncar, dan Umbul Panguras. Istana ini juga dikelilingi oleh danau buatan dan taman bunga yang sangat indah. Arsitektur istana yang megah juga akan menjadi daya tarik tersendiri dari Taman Sari ini.

Benteng Vrederburg

Benteng ini berdiri sangat megah dan kokoh sampai saat ini. Dulunya Benteng Vrederburg merupakan sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda. Pembangunannya dilakukan pada tahun 1765.

Tujuan pembangunan Benteng Vrederburg yang sebenarnya adalah sebagai tempat bertahan jika terjadi serangan dari masyarakat Yogya. Namun Belanda pada saat itu berdalih jika pembangunan benteng ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan Keraton Yogya. Alasan ini diuraikan Belanda agar mendapat izin pada pembangunannya.

sumber :http://ejawantahnews.blogspot.co.id

Saat ini Benteng Vrederburg merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Yogya yang sangat terkenal. Hampir setiap akhir pekan selalu ada kunjungan wisata di Benteng Vrederburg ini. Wisatawan yang berkunjung bisa menyaksikan foto dan lukisan perjuangan rakyat Indonesia meraih kemerdekaan. Benda bersejarah lainnya juga bisa anda saksikan di Benteng Vrederburg ini.

Kota Baru

Kota Baru juga menjadi salah satu wisata yang sangat terkenal di Yogya. Kotabaru merupakan kawasan Indische yang kerap disandingkan dengan kawasan Menteng yang ada di Jakarta. Kota Baru letaknya berada di sebelah timur Malioboro.

Biasanya para wisatawan yang sudah berjalan – jalan di Maliboro akan banting setir menuju Kota Baru. Udara sejuk dan pemandangan asri dari deretan pepohonan rindang akan menyambut wisatawan yang datang.

Bagi anda yang berkunjung ke Kota Baru, disana anda bisa menemukan sejumlah cafe dimana anda bisa beristirahat sembari menikmati pesona Kota Baru. Bukan hanya itu, anda juga bisa mengunjungi galeri untuk melihat berbagai pameran seni atau mencoba beberapa tempat olahraga yang ada disana.

Nah, itulah beberapa icon wisata budaya dan sejarah yang bisa anda temukan di Yogya. Semoga informasi yang kami bagikan diatas mengenai Wisata Sejarah Dan Budaya Yogyakarta Recommended. Selamat menikmati kunjungan wisata yang menyenangkan di Yogyakarta.