Pulau Kalimantan memang terkenal dengan hutan tropisnya yang sangat lebat. Hal ini sudah menjadi kelebihan Pulau Kalimantan karena dianggap sebagai paru-paru dunia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda berlibur ke Pulau Kalimantan seperti mengunjungi kota Balikpapan. Pasalnya kota ini bukan hanya terkenal dengan potensi minyak bumi namun ragam wisata alam ada di sini.

Keberadaan kota Balikpakan yang harus dilestarikan dari segi pariwisata, sehingga mampu menciptakan keseimbangan sumber daya alam dengan baik. Balikpapan rupanya merupakan kota termahal dengan biaya hidupnya di Indonesia. Maka dari itu, ini kesempatan emas untuk menarik para wisatawan ke kota Balikpapan agar bisa menambah pendapatan daerah. Adapun tempat wisata pilihan terbaik saat berada di Balikpapan sebagai berikut.

Pilihan Objek Wisata Paling Populer Di Balikpapan

1.Pantai Manggar Segara Sari

Image result for antai Manggar Segara Sari balikpapan

Objek wisata terkenal yang pertama adalah Pantai Manggar Segara Sari di kota Balikpapan. Kawasan pantai ini cocok sekali dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Pasalnya banyak tersedia macam fasilitas pantai, seperti jet sky, bermain layang-layang, arena bermain volly, sepak bola, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, menikmati pemandangan air laut sambil menyantap macam kuliner khas bisa anda lakukan di sekitar pantai.

2. Penangkaran Buaya Teritip

http://ditanya.com/wp-content/uploads/2016/01/Penangkaran-Buaya-Teritip.jpg

Berikutnya tempat wisata yang cukup unik, karena menawarkan pengunjung untuk berwisata melihat buaya secara langsung. Penangkaran buaya ini telah memiliki jumlah ekor hingga lebih dari 1.500 buaya. Bahkan luas penangkaran tersebut mencapai 5 hektar. Selain itu, pengunjung bisa memberi makan buaya dan berwisata kuliner berupa sate buaya. Ada juga berbagai jenis souvenir keren yang berbahan baku kulit buaya untuk dijual belikan.

3. Caribbean Island Waterpark

 

Caribbean-Island-Waterpark

Kota Balikpapan bukan hanya terkenal dengan wisata alam, namun populer juga dengan objek wisata yang bersifat rekreasi. Caribbean Island Waterpark berada di Jalan Kol Syarifuddin Yoes II Balikpapan. Sesuai dengan namanya, Caribbean Island Waterpark menyediakan permainan air untuk anak-anak dan keluarga. Biasanya juga banyak rombongan sekolah yang memadati tempat wisata yang satu ini.

4. Bukit Bangkirai

http://ditanya.com/wp-content/uploads/2016/01/Bukit-Bangkirai-Balikpapan.jpg

Sebenarnya nama dari Bangkirai merupakan sejenis kayu yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Di kota Balikpapan sendiri terdapat bukit yang disebut dengan Bukit Bangkirai. Di kawasan ini memang banyak dijumpai pohon Bangkirai, dan ada yang usianya hingga 150 tahun lebih dengan tinggi 50 meter. Pengunjung bisa menyusuri canopy bridge atau jembatan yang menghubungkan 5 buah pohon bangkirai dari tali dan atasnya papan.

5. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari menawarkan suasan kampung yang mengapung di atas air, dan mirip dengan kampung yang ada di Venice, Eropa. Di sinilah para pengunjung bisa berkeliling kampung sekaligus berinteraksi dengan warga kampung. Bagi anda yang hobi memancing dapat pula menggunakan alat pancingnya yang telah disediakan. Tentu saja wisata ini sangat menarik untuk memberikan pengalaman.

Jadi, anda tidak perlu lagi jauh-jauh berlibur ke luar negeri. Karena, kota Balikpapan bisa dijadikan lokasi liburan terbaik untuk keluarga dan kerabat.