Kota Tanjung Pinang berada di Pulau Bintan yang merupakan ibukota provinsi dari Kepulauan Riau. Sebagai daerah yang terpenting bagi Indonesai karena di kota ini lahirlah sebuah Bahasa Indonesia. Namun dibalik itu semua kota Tanjung Pinang rupanya menyimpan banyak tempat wisata menarik.

Keberadaan Tanjung Pinang sebagian wilayahnya adalah dataran rendah, dan sisanya berupa perbukitan dan rawa bakau. Mengingat kawasan kota yang didominasi oleh dataran rendah maka sangat sayang jika dilewatkan untuk sekedar berwisata. Tempat wisata yang mempesona dan layak disambangi bagi wisatawan di Tanjung Pinang yaitu sebagai berikut.


Pesona Tempat Wisata di Tanjung Pinang

1.Danau Biru Bintan

Image result for Danau Biru Bintan

Danau Biru Bintan merupakan danau buatan yang berada di Pertambangan Pasir Pulau Bintan. Di kawasan danau terdapat genangan air yang berwarna biru yang hampir menyerupai Danau Kaolin di Bangka bahkan ada yang menyebutnya seperti Blue Lagoon di Iceland. Jika dari pusat kota, Danau Biru Bintan bisa ditempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi dan melewati jalur menuju Pantai Trikora.

2. Pantai Trikora

Image result for pantai trikora

Bagi anda para traveler maka wajib menyambangi Pantai Trikora yang lokasinya di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Adapun jarak dari kota Tanjung Pinang hnaya sekitar 45 km atau selama kurang setengah jam. Keadaan pantai yang memiliki karakteristi berupa kumpulan batuan granit sehingga mempercantik panorama alam pantai. Pantai Trikora juga memiliki garis pantai yang panjang sehingga semakin indah, terlebih kondisi pasir putihnya yang bersih dan air laut super jernih.

3. Pulau Penyengat

Related image

Pulau Penyengat yang bisa ditempuh dengan perahu motor karena berjarak 2 km dari kota Tanjung Pinang. Pulau ini merupakan objek wisata yang menyajikan pulau kecil dengan berbagai macam peninggalan sejarah. Di sinilah, para pengunjung akan menjumpai makam-makam raja, benteng pertahanan di Bukit Kursi, Kompleks Instana Kantor, dan Masjid raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur. Selain berwisata sejarah, pastinya akan mendapatkan pengalaman wisata pantai yang mengagumkan.

4. Bukit Panglong

bukit panglong

Bukit Panglong memang dikenal sebagai bukit yang cukup tinggi di Tanjung Pinang. Dalam kurun waktu lama bukit tersebut dibom untuk ditambang batu, dan keadaan pasirnya sampai menyiakan kawah sedalam 50 meter yang lambat laun terisi air. Potensi dari Bukit Panglong yang banyak menyimpan batuan granist, menjadikan area tambang sekaligus objek rekreasi bagi wisatawan.

5. Tugu Pensil

tugu pensil

Inilah landmark yang sangat ikonik dari kota Tanjung Pinang. Keberadaan Tugu Pensil di Jalan Haji Agus Salim dan didirikan pada tahun 1962. Tugu pensil sendiri dijadikan simbol pemberantasan buta aksara dan penghargaan bagi Kepulauan Riau yang mampu membebaskan daerahnya dari buta aksara. Dari kawasan tugu tersebut, para pengunjung dapat menikmati indahnya matahari sore dengan latar belakang Pulau Penyengat.

Mungkin hanya itu saja dari beberapa tempat wisata yang mempesona di Tanjung Pinang. Setidaknya anda menyambanginya satu persatu sehingga mendapatkan spot terbaik dalam menikmati keindahan alam di Kepulauan Riau.