Sejarah Objek Wisata Alam Kalibiru Jogja – Objek wisata alam yang satu ini telah dibangun atas inisiatif warga yang ada di sekitar hutan negara yang berkeinginan supaya hutannya tersebut tetap tumbuh hijau, lestari, dan juga sejuk. Pengembangan objek wisara alam satu ini tidak pernah lepas dari proses panjang upaya warga setempat dalam memulihkan keadaan hutam yang dahulunya tandus dan juga gersang.

Pembangunan objek wisata alam kalibiru ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dari pemanfaatan jasa lingkungan atas dasar izin pemanfaatan hutam kemasyarakatan selama 35 tahun lalunya, yang telah diperoleh kelompok-kelompok pengelola hutam atas kepercayaan yang telah diberikan pemerintah pada masyarakat yang ada di sekitar hutan negara tersebut.
Lantas, apa sih daya tarik objek wisata alam kalibiru tersebut?

Foto IG:@nooratiqahmohtar

Salah satu daya tarik objek wisata alam kalibiru ini adalah sebuah bentang alamnya yang sangat asri yang meurpakan hamonisasi diantara hijaunya hutan dengan sebuah hamparan berbukit yang cukup luas, dengan pemandangan alamnya yang indah nan mempesona.Warga setempat juga dikenal santun, ramah, mempunyai rasa kekeluargaan, dan juga bergotongroyong, yang juga masih mempertahankan beraneka ragam seni budaya tradisional, sehingga hal ini mampu menimbulkan rasa tenang dan juga nyaman buat siapa saja yang datang berkunjung di kawasan objek wisata alam ini.

Disetiap harinya, ada sekitar ratusan ornag yang naik kepelataran ini, sehingga pada saat hari libur, antrian agak panjang. Selain hal itu fasilitas yang diberikan objek wisata alam kalibiru ini diantaranya pondok wisata, joglo atau ruang pertemuan, gardu pandang yang telah dibangun di atas ketinggian bukit menoreh yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk melihat pemandangan alam yang ada di bawahnya, perpusatakaan, flying fox, dan jalur tracking, yang mana jalur tracking ini melingkar di sepanjang kawasan objek wisata alam kalibiru.

Di samping untuk kegiatan olahraga dan juga refreshing, dengan melalui jalur inilah Anda juga dapat mengenal berbagai jenis tanaman hutan.
Demikianlah tadi sekilas informasi tentang sejarah objek wisata alam kalibiru Jogja yang bisa kami bagikan, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.