Pulau Bira merupakan salah satu obyek wisata di Kepulauan Seribu dengan sajian pesona keindahan yang menarik untuk disambangi.

Terdapat dua destinasi di wisata Pulau Bira, yaitu Pulau Bira Besar dan Pulau Bira Kecil. Keduanya dapat menjadi referensi wisata bagi Anda yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Misteri Pulau Bira

Terdapat sebuah menara Mercusuar setinggi 42 meter di Pulau Bira yang merupakan peninggalan kolonial Belanda. Konon, Mercusuar ini sangat angker dan memiliki kisah misteri bagi warga sekitar maupun para wisatawan yang pernah berkunjung ke Pulau Bira.

sumber : http://dewawisata.com

Mercusuar yang dibangun sejak tahun 1869 ini dulunya dihuni oleh satu keluarga asal Belanda yang hingga kini masih sering terlihat penampakkan hantu dari keluarga tersebut baik di sekitar Mercusuar ataupun di dalamnya.

Salah seorang warga menuturkan pernah melihat penampakkan wanita, anak kecil, dan pria berjanggut tengah berada di Mercusuar saat malam hari. Konon, hantu keluarga ‘bule’ tersebut kerap terlihat saat menjelang tengah malam atau di atas jam 11 malam.

Lokasi Pulau Bira

Lokasi Pulau Bira berada di gugusan Kepulauan Seribu, tepatnya di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kec Kepulauan Seribu Selatan, Kab Kepulauan Seribu, Prov DKI Jakarta.

Anda bisa menemukan lokasi Pulau Bira dengan mudah menggunakan aplikasi Google Maps. Ketikkan saja “Pulau Bira” pada kotak pencarian, Google Maps akan langsung menuntun Anda menuju lokasi.

Backpacker ke Pulau Bira

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Pulau Bira dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor. Tentunya perjalanan Anda menggunakan kendaraan pribadi hanya bisa sampai di pelabuhan penyeberangan terdekat, seperti Muara Angke atau Pantai Marina Ancol

Perjalanan akan dilanjutkan menggunakan perahu motor untuk menyeberang ke Pulau Bira. Tak usah khawatir, biasanya ada penitipan kendaraan di setiap pelabuhan penyeberangan tersebut.

Anda juga dapat berwisata ke Pulau Bira secara backpacker. Bagi para backpacker tentunya dapat berwisata ke Pulau Bira dengan biaya yang lebih murah.

sumber : http://kitanesia.id

Namun ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan bagi para backpacker ke Pulau Bira, antara lain:

  • Hubungi agen perjalanan wisata untuk mendapatkan harga biaya perjalanan beserta cottage di Pulau Bira. Umumnya harga tersebut mulai dari Rp 800.000 untuk satu orang.
  • Persiapkan perbekalan seperti makanan, minuman, perlengkapan pribadi, obat-obatan, hingga peralatan lainnya yang diperlukan selama dalam perjalanan maupun untuk aktivitas wisata Anda di Pulau Bira.
  • Ada juga paket wisata yang menawarkan fasilitas makan 3 kali, namun dengan tambahan tarif sebesar Rp 100.000 – Rp 150.000.
  • Bagi wisatawan yang tidak membawa peralatan Snorkeling dapat menyewa selama satu hari dengan biaya sekitar Rp 35.000 per pax termasuk Snorkle, life jacket, dan fin.
  • Disarankan berkunjung ke Pulau Bira saat cuaca cerah agar rekreasi Anda tidak terkendala karena hujan.
  • Pastikan Anda membawa kamera digital atau kamera handphone agar dapat mengabadikan momen keindahan saat berwisata ke Pulau Bira.

Penginapan di Pulau Bira

Keadaan Pulau Bira saat ini memang terkesan agak terlantar. Masih terlihat sejumlah bangunan sisa kejayaan masa lalu dari Pulau Bira.

Bangunan tersebut berupa 20 cottage lengkap beserta sarana pendukung lainnya, seperti kolam renang, lapangan golf, dan juga hellypad yang kini sudah tak begitu terawat.

Hanya ada satu keluarga Di Pulau Bira yang bertugas untuk menjaga dan merawat tempat wisata ini. Dari semua cottage yang ada, setidaknya masih ada 8 cottage yang bisa wisatawan gunakan sebagai tempat menginap di Pulau Bira.

8 unit cottage di Pulau Bira cukup nyaman untuk Anda menginap. Biayanya memang agak mahal, untuk satu ruangan saja biaya menginap di Pulau Bira sebesar Rp 1 juta. Akan tetapi bila Anda ingin lebih hemat, ada baiknya menggunakan agen travel wisata.

Berwisata ke Pulau Bira akan lebih hemat jika Anda menggunakan agen travel wisata. Tarif yang ditawarkan oleh agen-agen tersebut berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 750.000 per orang.

Harga di atas sudah termasuk penginapan, penyeberangan kapal ferry pulang-pergi, kapal nelayan, makan 3 kali, dan sewa peralatan snorkeling. Tetapi agen travel wisata akan menentukan kuota minimal untuk sekali pemberangkatan yang biasanya terdiri dari minimal 10 orang.

Nah, apakah ada keinginan untuk menghabiskan waktu liburan dengan berwisata ke Pulau Bira? Segera rencanakan dan persiapkan liburan Anda ke Pulau Bira mulai dari sekarang!