Hagia Sophia merupakan salah satu tempat yang bersejarah di Istanbul, Turki. Tempat ini merupakan bukti bahwa 2 agama pernah menguasai Istanbul dulunya yaitu Nasrani dan Islam. Hagia Sophia dulunya adalah sebuah gereja. Kemudian ketika Muhammad Al Fatih berhasil menakhlukkan Konstatinopel (sekarang Turki) gereja tersebut dirubah menjadi sebuah Masjid.

Tanpa merubah arsitektur asli, Muhammad Al Fatih tetap mempertahankan lukisan Bunda Maria dan beberapa lukisan pendeta Nasrani. Ia menambahkan sentuhan lafadz Allah dan Muhammad berdampingan satu sama lain.

Pertama kali memasuki Hagia Sophia, aku sudah merasa kagum. Arsitekturnya benar-benar megah. Meskipun berusia ratusan tahun, Hagia Sophia masih tetap berdiri. Bagian lantai batu pualam memang ada yang sedikit retak. Tapi bangunan ini masih terlihat kokoh loh.

Sampai saat ini, Hagia Sophia masih menjadi salah satu destinasi favorit untuk para pengunjung yang berlibur ke Istanbul. Pesona Hagia Sophia memang sangat indah. Bangunan castle tua yang terdiri dari bebatuan serta lantai batu pualam membuat kita merasa seperti hidup di jaman dulu.

Hagia Sophia juga mengalami banyak renovasi untuk memperkuat bangunan mereka. Tetapi renovasi tersebut sama sekali tidak merubah susunan arsitektur dari Hagia Sophia sendiri.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Hagia Sophia diharuskan membayar kurang lebih 50 Turkish Lyra. Atau kalian bisa memilih free pass yang juga bisa digunakan untuk mengunjungi beberapa museum yang terdapat di  Istanbul. Free pass ini seharga 150 Turkish Lyra, tetapi kalian bisa mengunjungi banyak Museum. Jadi kalau kalian berlibur agak lama di Istanbul, lebih baik ambil free pass.

 

Hagia Sophia ini lah yang menjadi favorit para traveller. Semua pengunjung yang mendatangi Hagia Sophia pasti merasakan atmosfer megah peradaban jaman dahulu.

Indah sekali kan Hagia Sophia ini? Kalian tidak akan menyesal jika mengunjungi Hagia Sophia. Arsitekturnya yang indah dan unsur sejarahnya yang kuat pasti akan membuat kalian terpesona dengan hebatnya peradaban jaman terdahulu. Jangan lupa untuk mengabadikan moment yang indah ini ya. Tapitetap menjaga norma kesantunan.

Selamat berlibur!

Ingin berbagi pengalaman travelling kamu di TheTravellerNews? Jadilah kontributor di situs ini.