Pantai Sawarna – Banten yang saat ini telah menjadi provinsi baru di Indonesia dengan luas wilayah 9.163 km2 kini telah memiliki berbagai macam destinasi wisata alam. Terhitung dari 2017 Banten telah memiliki 44 destinasi wisata dan ada kemungkinan kedepannya tempat wisata di Banten akan terus bertambah.

Berbicara tentang wisata pantai nya, Pantai Anyer dan Pantai Carita masih menjadi primadona wisatawan yang berkunjung ke Banten.Namun, ada satu pantai yang belum terjamah yang tidak kalah menariknya dari dua pantai primadona Banten, yaitu Pantai Sawarna.


Pantai eksotis ini diam – diam juga telah menjadi pelarian warga Jabodetabek dan Bandung sekitarnya untuk melepas stress di akhir pekan, apalagi jaraknya tidak terlalu jauh untuk orang Jabodetabek dan Bandung.

Sawarna Beach Banten

Sawarna Beach Banten atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Sawarna memiliki kondisi yang sangat berbeda dengan tempat wisata pantai lain di Indonesia. Khususnya bila Anda membandingkan dengan wisata pantai yang ada di daerah Jawa Barat maupun Banten.

Sawarna Beach Banten pernah mendapat julukan The Hidden Paradise In Banten, dan pernah tayang di On The Spot Trans7 sebagai “7 Pantai Tercantik di Indonesia”.

Sawarna sendiri merupakan nama sebuah desa yang terletak di kawasan pesisir lebak yang berada di kawasan Pantai Selatan pulau Jawa.Sawarna Beach Banten memiliki deburan ombak yang dahsyat sehingga banyak wisatawan asing maupun lokal yang berselancar di sini.

Sejarah dan Asal Usul Kawasan Pantai Sawarna

Jangan heran jika saat browsing nama Pantai Sawarna tidak didapati penjelasan terperinci dari Pantai Sawarna, bahkan di Google Map tidak tercantum nama Pantai Sawarna. Karena seenarnya Pantai Sawarna adalah sebuah nama desa yang ada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Uniknya, Pantai Sawarna Banten terdiri dari tujuh pantai dan 1 goa yang ada di wilayah Desa Sawarna. Sedangkan yang disebut Pantai Sawarna sendiri adalah kawasan dari pesisir pantai yang menghampar dari Pantai Pulo Manuk hingga Pantai Karang Taraje.

Sejarah keberadaan Desa Sawarna tidak terlepas dari sepupu Pelukis Legendaris Dunia, Vincent Van Gogh, yang bernama Jean Louis Van Gogh. Pada mulanya ia membuka perkebunan kelapa seluas 54 hektare di pinggir Pantai Tanjung Layar dan Pantai Ciantir.

Jean Louis van Gogh yang mempekerjakan penduduk pribumi setempat membuat adanya perbedaan logat dan dialek dalam percakapan sehari – hari yang dalam bahasa Sunda disebut “Sorana” yang artinya “suaranya”. Sehingga nama desa tersebut di kemudian hari disebut Sawarna yang berasal dari kata Sorana.

Pendapat lain mengatakan, bahwa nama Sawarna diambil dari nama tetua atau kepala desa pertama di wilayah itu, bernama Swarna. Ada juga pendapat tentang asal usul nama Sawarna diambil dari bahasa Sunda, yaitu “Swarna” yang artinya “Satu Warna” untuk menegaskan bahwa penduduk yang tinggal di lokasi tersebut adalah satu warna, yaitu masyarakat Sunda.

Seiring dengan berjalannya waktu, Desa Sawarna yang awalnya merupakan area perkebunan pelan – pelan dikenal sebagai Desa Wisata. Hal ini ditandai dengan banyaknya Homestay atau penginapan yang disewakan bagi para wisatawan.

Kawasan Wisata di Pantai Sawarna

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Pantai Sawarna adalah kumpulan dari beberapa pantai perawan yang berada di Desa Sawarna. Dengan luas wilayahnya 2.500 hektar, hamparan pantai sepanjang 65 km, dan berada di ketinggian 10 mdpl menjadikan pantai sawarna memiliki 8 pantai wisata.

Sebelum anda mengunjungi lokasi wisata yang menakjubkan ini, berikut adalah penjelasan beberapa area wisata di kawasan Pantai Sawarna yang mungkin saja belum anda ketahui saat ini.

1. Pantai Ciantir

Ketika mengunjungi tempat ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan pesisir pantai yang sangat luas diselimuti dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Orang – orang banyak menyebutnya dengan nama Pantai Pasir Putih. Karena pesisirnya yang luas dan pasir putihnya inilah Pantai Ciantir cocok dipakai untuk bermain bola kaki, volley ataupun bermain istana pasir. Untuk yang senang berjemur atau sun bathing , tempat ini juga nyaman dijadikan tempat beristirahat.

Selain pesisirnya yang luas dan pasirnya yang putih, Pantai ciantir juga memiliki ombak yang besar sehingga cocok untuk pengunjung yang memiliki hobi berselancar. Namun tetap harus berhati – hati, karena kuatnya arus di pantai ini cukup berbahaya dan pernah beberapa kali menelan korban.

2. Pantai Tanjung Layar

Ciri khas dari pantai ini yaitu terdapat dua batu karang raksasa yang bentuknya seperti layar kapal yang sedang terkembang, itu kenapa pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Layar. Selain itu, gugusan karang yang menghampar di pantai dengan ombak besar yang tidak henti-hentinya menghantam menjadi pemandangan alam yang menawan bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Menurut mitos yang berkembang, dua batu karang tersebut konon berasal dari layar perahu yang dibuat oleh Sangkuriang (dalam legenda Tangkuban Perahu) yang akan digunakan untuk berlayar mengarungi samudra setelah mempersunting Dayang Sumbi, yang tidak lain adalah ibunya sendiri. Namun, karena lamarannya tidak direstui Sang Hyang Widhi, sangkuriang pun marah dan menendang perahunya hingga terlontar ke utara dan menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu, sedang layarnya dia lempar ke arah selatan dan berubah menjadi 2 karang raksasa di Pantai Tanjung Layar.

Selain mitos diatas, banyak pula misteri yang menyelimuti pantai ini terkait dengan kepercayaan setempat. Masyarakat local percaya bahwa dua batu karang raksasa tersebut adalah dua gunungan emas yang dijaga oleh seekor naga diatasnya. Masyarakat juga mempercayai bahwa di sebelah barat karang Tanjung Layar juga terdapat batu permata emas yang apabila muncul ke permukaan akan memancarkan cahaya yang sangat terang. Karenakepercayaan akan mitos – mitos inilah masyarakat selalu mengadakan ritual pada setiap malam jumat kliwon di bulan Maulud untuk memanggil Penjaga Pantai Tanjung Layar dan Penjaga Pantai Selatan.

3. Pantai Karang Teraje


Karang Teraje artinya “Karang Tangga”. Nama pantai ini menggambarkan tentang kondisi pantai yang sebagian besar dipenuhi dengan berbagai ukuran bebatuan karang. Di sebelah kiri pantai ini terdapat karang yang bentuknya menyerupai teras dengan ukuran luas serta berundak – undak membentuk seperti sebuah tangga.

Karena wilayah Pantai Karang Teraje sebagian besar tertutup oleh batu karang yang besar, pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang. Namun, pantai ini menawarkan keindahan yang lain dari pantai ini, seperti pada gambar diatas. Tempat ini bisa dijadikan salah satu postingan instagram, terutama yang punya hobi di dunia fotografi dan model yang ingin mencari background foto yang menjual.

4. Pantai Karang Bereum


Sama seperti Pantai Karang Teraje, pantai ini juga sebagian besar areanya dipenuhi dengan batu karang yang berbentuk seperti benteng pertahanan. Bedanya, jika Pantai Karang Teraje tidak dapat berenang, di Pantai Karang Bereum ini pengunjung masih bisa menikmati segarnya air laut meskipun tetap harus berhati – hati dengan lumut licin yang berada di bebatuan pantai ini.

Nama Bereum juga diambil dari bahasa Sunda yang artinya “Merah”. Ini karena memang batu karang di pantai ini warnanya lebih kemerah-merahan di banding karang yang ada di kawasan Pantai Sawarna.

5. Pantai Teluk Lagon Pari

Bentuk pantai nya yang membentang sepanjang 4 km dan lokasinya yang cukup jauh dari akses tranportasi karena jalannya yang menantang menjadikan pantai ini masih sangat perawan dari wisatawan. Namun, begitu sampai di pantai ini, rasa capek seakan terbayar dengan keheningan dan kedamaian tanpa ada sedikitpun suara yang terdengar kecuali debur ombak serta pemandangan perbukitan dan pepohonan yang hijau. Di bawah pepohonannya inilah wisatawan juga bisa piknik dibawah rindangnya pohon.

6. Pantai Pulo Manuk

Seperti namanya yang artinya “Pulau Burung”, pantai ini bentuknya menyerupai paruh burung dan pulau ini pada pagi dan sore hari menjadi tempat burung-burung di sekitar mencari makan. Selain itu, pada musim migrasi burung, tempat ini juga menjadi tempat transit burung dari berbagai penjuru dunia untuk berisitirahat dan mencari makan sebelum melanjutkan perjalanan panjang ke Negara atau benua lain.

Tidak hanya burung saja, sejumlah satwa liar seperti monyet juga hidup di pulau ini karena Pulo Manuk masuk dalam kawasan Hutan Lindung dibawah pengawasan Perhutani.

7. Pantai Bukit Cariang

Ingin menikmati pemandangan pantai dari atas bukit ? cobalah ke Pantai Bukit Cariang dengan menaiki 200 anak tangga dengan jalan yang ekstrim. Begitu sampai di puncak seakan rasa capek ketika mendaki akan hilang seketika karena pemandangan pantai yang dapat dinikmati di bawah pohon rindang sambil melihat hamparan samudera luas.

8. Pantai Goa Langir

Seperti namanya, pantai ini benar – benar memiliki sebuah goa dengan ketinggian 10 meter dan lebar 3 meter yang dinding goanya dihiasi stalagtit dan stalagmit. Dan uniknya goa ini memiliki kedalaman berkilo-kilo meter. Namun, karena bagian dalam goa banyak yang longsor sehingga menutup jalan masuk dan sangat beresiko menelusuri goa lebih jauh.

Selain itu, tidak jauh dari Pantai Goa Langir ini juga dapat ditemui goa-goa lainnya yang menyuguhkan pemandangan indah, seperti Goa Kanekes, Goa Seribu Candid an Goa Harta Karun.

Lokasi Pantai Sawarna

Kawasan Wisata Pantai Sawarna berlokasi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia.Tempatnya sangat mudah diakses dengan jarak sekitar 280 kilometer dari Jakarta.

Rute Menuju Ke Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan sebuah pantai yang menawarkan keindahan eksotis tepatnya berada di arah selatan Provinsi Banten. Tidak begitu sulit untuk mencapai kesana, karena tempatnya tidak terpencil. Lokasi Pantai Sawarna sendiri berada di Jl. Raya Sawarna, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Letak Koordinat / navigasi

– Koordinat 6°59’9″S 106°18’25″E
– Alamat lengkap: Jl. Raya Sawarna, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kab. Lebak, Prov. Banten.
– Terminal paling dekat / nearest bus terminal: Terminal Pelabuhan Ratu
– Tol Paling dekat / nearest toll exit: Tol Jagorawi
– Stasiun paling dekat / nearest railway station: Stasiun Cibadak
– Pelabuhan paling dekat: Pelabuhan Tanjung Priok
– Bandara penerbangan terdekat / nearest airport: Bandara Halim Perdana kusumah

Terdapat dua jalur atau rute yang bisa Anda lewati untuk menuju ke Pantai Sawarna.

  1. Rute pertama,
    Pantai Sawarna tidak begitu jauh dari lokasi wisata Pelabuhan Ratu, untuk itu Anda bisa menggunakan cara yang pertama, yaitu dengan rute Jakarta, Ciawi, Cibadak, Pelabuhan Ratu, Cisolok, sampai ke Sawarna. Jalannya lumayan mulus dan banyak dilalui kendaraan, namun tidak disarankan untuk mengendarai bus berukuran besar karena jalanannya berkelok dan banyak tanjakan yang curam.
  2. Rute kedua,
    Dari Jakarta Anda bisa melalui Serang Timur, Pandeglang, Malimping, Bayah, sampai ke Sawarna. Rute ini sebenarnya lebih dekat, namun karena adanya kondisi beberapa ruas jalan yang agak rusak waktu tempunya menjadi lebih lama. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Naik bus dengan trayek Bogor – Pelabuhan Ratu, kemudian dari Pelabuhan Ratu lanjut menggunakan angkutan umum jurusan Bayah atau Sawarna.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

1. Jakarta (lewat Pelabuhan Ratu)

Jakart (Cawang) – Tol Jagorawi – Exit Ciawi – Ciawi – Cicurug – Parung Kuda – Cibadak – Cikembar – Warung Kiara – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Bayah – pantai Sawarna.

Waktu tempuh Jakarta menuju Pantai Sawarna sekitar 6 jam perjalanan

Kondisi jalur ini lebih bagus dan aman, karena itu banyak komunitas yang melakukan touring ke Pantai SAwarna dengan mengendarai motor memilih rute yang satu ini.

2. Jakarta (lewat Rangkasbitung)

Jakarta (Tomang) – Tol Jakarta – Tangerang – Gerbang Tol Cikupa – Tol Tangerang – Merak – Exit Balaraja Barat – Balaraja – Raya Cikande – Raya Rangkasbitung – Cileles – Warung Gunung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Pantai Sawarna.

Waktu tempuh dari Jakarta menuju Pantai Sawarna sekitar 6 jam perjalanan.

3. Bandung

Bandung (Pasteur) – Tol Purbaleunyi (Cipularang) – Exit Padalarang – Padalarang – Cipatat – Rajamandala – Ciranjang – Cianjur – Gekbrong – Sukaraja – Sukabumi – Cikembar – Warung Kiara – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Bayah – Pantai Sawarna.

Waktu tempuh dari Bandung menuju Pantai Sawarna sekitar 7,5 jam perjalanan

Menggunakan Kendaraan Umum

1. Dari Bandung

Dari Terminal Leuwi Panjang Bandung naiklah bus Bandung-Sukabumi dan turun di Sukabumi. (Atau bisa naik travel Siliwangi Trans). Setelah itu naiklah bus jurusan Pelabuhan Ratu dan turunlah di pelabuhan Ratu. Terakhir, naiklah elf jurusan Sawarna dan turun di Sawarna

2. Dari Rangkasbitung, Banten

Dari terminal yang terletak di Jakarta naiklah bus jurusan Rangkasbitung dan turunlah di terminal Mandala Rangkasbitung. Setelah itu naik bus Rudi Rangkas – Bayah atau / elf Rangkas – Bayah / CIkotok dan turunlah di Bayah. Terakhir, dari Bayah naiklah ojek menuju Sawarna. Waktu tempuh dari Rangkasbitung menuju Pantai Sawarna sekitar 4 jam perjalanan

3. Dari Bogor

Dari terminal yang terletak di Jakarta naiklah Bus jurusan Bogor dan turun di terminal Baranangsiang Bogor. Setelah itu naiklah bus jurusan Pelabuhanratu dan tutunlah di Pelabuhanratu. Terakhir, naiklah elf jurusan Sawarna. Waktu tempuh dari Bogor menuju Pantai Sawarna sekitar 5,5 jam perjalanan

4. Dari Bekasi

Dari terminal Bekasi naiklah bus jurusan Bogor dan turun di Terminal Baranangsiang Bogor. Lalu naik bus jurusan Pelabuhanratu dan turunlah di Pelabuhan ratu. Terakhir naiklah elf jurusan Sawarna di Sawarna. Waktu tempuh Jakarta menuju Pantai Sawarna sekitar 7 jam perjalanan

NB : Harus diketahui. Elf yang menuju Pantai Sawarna dari Pelabuhan ratu tidak terlalu banyak jadi jangan terlalu sore sampai di pelabuhan ratu nya. Dan perkiraan naik angkutan umum sekitar Rp 60.000 – 110.000 per orang. Disarankan lebih baik menyewa sepeda motor dengan harga mulai dari RP 50.000 daripada keluar biaya – biaya tak terduga jika naik tranportasi umum.

Mitos Pantai Sawarna

Ada banyak mitos dan cerita mistis yang beredar di beberapa tempat di kawasan Pantai Sawarna. Konon, nama Pantai Sawarna diambil sejak tahun 1900-an dari seorang kepala penduduk yang bernama Bapak Swarna.

Ada pula yang mengatakan bahwa pantai ini dinamakan Sawarna karena penduduk yang tinggal di sini berasal dari satu suku yaitu Sunda, sehingga diberi nama Sawarna yang berarti Satu Warna.

Pantai Tanjung Layar yang masih termasuk dalam kawasan wisata Pantai Sawarna juga menceritakan tentang legenda Sangkuriang. Dulunya dua buah batu besar yang menyerupai layar perahu itu adalah kapal milik Sangkuriang yang digunakan untuk berlayar bersama Dayang Sumbi.

Kapal tersebut gagal berlayar karena kehendak Yang Maha Kuasa. Sangkuriang marah dan membongkar peralatan perahu termasuk layarnya.

Perahu itupun ditendang ke arah utara dan berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Sedangkan layarnya di lempar ke bagian selatan dan berubah menjadi karang yang kokoh di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Bagi Anda yang ingin masuk ke kawasan wisata Pantai Sawarna atau Sawarna Beach Banten harus membayar tiket masuk senilai Rp 5.000.

Harga ini belum termasuk biaya parkir bila Anda membawa kendaraan pribadi.

Di kawasan Pantai Sawarna juga bisa menyewa guide, yaitu masyarakat tempatan. Biayanya cukup terjangkau, yaitu Rp 60.000 dan itu sudah termasuk harga tiket.

Keuntungannya yaitu wisatawan dapat sambil ngobrol dengan guide untuk lebih mengenal lebih jauh tentang tempat wisata di Desa Sawarna, tidak tersasar dan terutama terhindar dari pungutan liar yang tidak diketahui.

Fasilitas Pantai Sawarna

Sayangnya, untuk fasilitas di Pantai Sawarna masih belum digarap dengan serius sebagaimana wisata pantai seperti di Bali, Yogyakarta, Malang dan daerah lainnya.

Ini bisa dilihat dari kondisi jalan yang kurang nyaman, minim transportasi umum dan kurangnya fasilitas pendukung seperti tidak adanya pusat informasi bagi wisatawan, jarak tempat layanan kesehatan, ATM, Mesjid dan POM bensin yang cukup jauh, dan lainnya.

Karena itu wisatawan yang hendak berwisata ke Pantai Sarwana harus mempersiapkan kondisi fisik yang fit karena perjalanan untuk menikmati keindahan Pantai Sawarna membutuhkan energi yang prima. Selain itu, pastikan BBM terisi penuh, membawa uang tunai dan keperluan lainnya yang kemungkinan tidak semua keperluan atau kebutuhan dapat diperoleh di kawasan Pantai Sawarna

Tidak perlu khawatir kalau untuk urusan mengisi perut, karena di Desa Sawarna ini cukup banyak terdapat rumah makan dan warung – warung yang menjual berbagai macam menu makanan yang ramah kantong, antara Rp. 10.000 – 15.000, tergantung dari menu makanan yang dipilih. Wisatawan juga bisa menikmati seafood segar di pinggir pantai dengan harga mulai dari Rp. 50.000.

Harga Penginapan Pantai Sawarna

Untuk dapat menikmati semua pantai di kawasan Pantai Sawarna tidak mungkin dilakukan hanya dalam sehari. Itu karena pantainya cukup banyak dan keterbatasan infrastruktur dan fasilitas yang membuat wisatawan sulit untuk melakukan mobilitas secara cepat.

Karena itu jika ingin mendatangi seluruh kawasan Pantai Sawarna akan lebih baik untuk menginap saja. Bagi yang membawa peralatan camping dapat berkemah di pinggir pantai. Tersedia pula bale – bale atau saung di tepi pantai yang disewakan oleh pemiliknya dengan harga yang murah.

Tips untuk yang datang bersama keluarga atau rombongan besar bisa mencari hotel dan homestay atau penginapan yang jaraknya sekitar 500 meter sampai 1 km dari lokasi Pantai Sawarna. Dan cermat lah ketika memilih informasi di web tentang penginapan di kawasan Pantai Sawarna yang sebagian besar iklannya dibikin oleh makelar penginapan untuk mendapatkan komisi dari penginapan

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai Sawarna, banyak tersedia penginapan di tempat ini. Harga penginapan yang ditawarkan bisa bervariasi tergantung fasilitas yang diberikan.

Biasanya penginapan di Pantai Sawarna ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 60.000 sampai Rp 200.000 per malam. Anda tidak perlu takut kemalaman, karena pantai Sawarna buka setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 jam.

Rekomendasi & Info Lengkap Daftar Penginapan Pantai Sawarna

Berlibur di Pantai Sawarna serasa tidak ada habisnya. Jika anda masih belum puas, berikut daftar penginapan yang bisa anda booking atau pesan.

Penginapan di sekitar Pantai Sarwana ada banyak sekali, mulai dari Hotel, Homestay, Villa, bahkan sampai Resort juga ada. Anda bisa memilih fasilitas yang tersedia dengan menyesuaikan budget yang kita miliki.

4 Rekomendasi Daftar Penginapan Sawarna

Menginap selama liburan tentu bisa saja terjadi, terutama bila destinasi wisata terletak jauh dari tempat tinggal kita. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih penginapan di pantai Sawarna antara lainnya adalah:

Lokasi Penginapan terdekat Sawarna

Semakin dekat dengan lokasi penginapan pantai sawarna, otomatis kita bisa menghemat banyak hal, misalnya waktu yang dibutuhkan untuk ke pantai, serta biaya transportasi tambahan. Jadi pastikan untuk memilih penginapan yang dekat ya.

Harga Penginapan Pantai Sawarna Murah

Berwisata memang sebuah kegiatan hiburan yang tidak bisa dinilai dengan uang. Namun, ada baiknya jika kita tetap memikirkan bagaimana berlibur dengan menghemat budget yang kita punya. Jika anda termasuk kategori yang berkantong pas-pasan, maka memilih penginapan dengan harga murah adalah sebuah kewajiban. Jangan khawatir, karena beberapa daftar penginapan dibawah memiliki harga yang relatif murah kok.

Fasilitas Penginapan

Ada harga ada rupa, ada harga biasanya sebanding dengan fasilitas yang ditawarkannya. Jadi pilih fasilitas sesuai yang kita kehendaki ya.Berikut Daftar penginapan mulai dari terdekat sampai yang jauh di Pantai Sawarna:

Little Hula Hula Sawarna

penginapan pantai sawarna, daftar penginapan pantai sawarna
little hula-hula

Jarak: ke Pantai ± 300 m

Fasilitas: AC , TV, Parkir luas, Double bed

Kapasitas Muat 2 s/d 6 orang

 

Little Hula Hula Sawarna merupakan penginapan dengan desain unik, mirip dengan rumah adat pedesaan dengan bahan dasar kayu sebagai bangunannya. Walau terlihat sederhana karena mirip rumah adat, namun fasilitasnya serba modern lho.

Penginapan ini memiliki beberapa jenis kamar:

  • Kamar mulai harga termurah
    Rp. 350.000 (hari biasa)
    Rp. 400.000 (Weekend)
    Rp. 500.000 (Liburan panjang)

 

  • Kamar mulai harga termahal
    Rp. 500.000 (Hari biasa)
    Rp. 550.000 (Weekend)
    Rp. 600.000 (Liburan panjang)

 

Villa Family Sawarna

Villa family, daftar penginapan pantai sawarna
Villa Family

Letak villa ini berada di dekat Pantai Pasir Putih. Cocok untuk pelancong yang
memiliki budget terbatas saat berpergian di Pantai Sawarna.

Jarak: ke Pantai ± 150 m

Fasilitas: Kipas Angin/ AC , TV, Halaman sejuk

  • Kamar Non AC
    Rp. 300.000 (Hari biasa)
    Rp. 400.000 (Weekend)
    Rp. 450.000 (Liburan panjang)
    Kapasitas Muat 6 s/d 8 orang

 

  • Kamar dengan AC ukuran Sedang
    Rp. 450.000 (Hari biasa)
    Rp. 500.000 (Weekend)
    Rp. 600.000 (Liburan panjang)
    Kapasitas Muat 6 s/d 8 orang

 

  • Kamar dengan AC ukuran Besar
    Rp. 700.000 (Hari biasa)
    Rp. 800.000 (Weekend)
    Rp. 900.000 (Liburan panjang)
    Kapasitas Muat 10 s/d 15 orang

 

Penginapan Pondok Ciatir

Penginapan sawarna untuk keluarga, villa keluarga di sawarna
Pondok Ciantir

Merupakan penginapan yang indah, dikelilingi sawah dan lokasinya cukup dekat
dengan Pantai Tanjung Layar, salah satu ikon Pantai Sawarna.

Jarak: ke Pantai ± 150 m

Fasilitas: AC/ Non AC , TV, Area parkir luas, kamar mandi dalam.

  • Kamar Non AC
    Rp. 300.000 (Hari biasa)
    Rp. 350.000 (Weekend)
    Rp. 450.000 (Liburan panjang)
    Kapasitas Muat 6 s/d 8 orang

 

  • Kamar dengan AC
    Rp. 350.000 (Hari biasa)
    Rp. 400.000 (Weekend)
    Rp. 500.000 (Liburan panjang)
    Kapasitas Muat 4 s/d 6 orang

 

Homestay Aura Sawarna

homestay di sawarna 2017, rekomendasi homestay di sawarna
Aura Homestay

Salah satu penginapan terdekat pantai sawarna ini cocok bagi anda yang membawa rombongan sekeluarga untuk berlibur ke Pantai Sawarna.

Fasilitas

  • 3 Kamar Tidur + Kasur tambahan
  • 3 Kamar mandi
  • TV
  • AC
  • Alat dapur/ memasak lengkap
  • Dispenser
  • Ruang tamu
  • Halaman depan luas

Harga Homestay ini
Rp. 850.000 (Hari biasa)
Rp. 900.000 (Weekend)
Rp. 950.000 (Liburan Panjang)

Itulah Penginapan Pantai Sawarna yang kami rekomendasikan. Daftar harga diatas dapat berubah-ubah  sesuai dengan kebijakan pemilik penginapan.

Berikut Video Keindahan Pantai Sawarna yang wajib anda lihat!

Foto Foto Spot Pantai Sawarna Banten




Paket Wisata Pantai Sawarna

Tertarik ingin mengunjungi semua tempat wisata di pantai sawarna ? Disarankan Anda langsung mengambil paket tour wisata Pantai Sawarna saja. Karena dengan pertimbangan jarak antar lokasinya yang lumayan jauh tentu membutuhkan stamina yang prima untuk menikmati keindahan kawasan Pantai Sawarna secara keseluruhan.

Dari berbagai sumber yang dirangkum, untuk dapat menikmati paket liburan ke pantai sawarna, anda harus merogoh kroscek sekitar Rp.150.000,- hingga Rp.250.000,- per orang dengan berbagai pilihan lama hari menginapnya.

Itulah informasi lengkap yang dapat kami sampaikan tentang Pantai Sawarna. Selamat menikmati liburan bersama keluarga dan orang-orang terkasih.