Pantai-Sidem-Tulungagung

Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi yang dikenal sebagai Provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki pantai yang indah. Dari beberapa pantai indah yang tersimpan di provinsi Jawa Timur, salah satu pantai yang sering dikunjungi para wisatawan yaitu Pantai Popoh Tulungagung. Pantai ini berada di Kota Tulungagung, Pantai Popoh menawarkan keindahan  keindahan laut yang tak kalah menarik dari pantai-pantai lain di Pulau Jawa.

Bila anda berkunjung ke pantai ini, anda bisa menempuh jarak kurang lebih  30 kilometer dari pusat Kota Tulungagung. Jika anda berkunjung ke pantai ini, anda perlu meluangkan waktu selama 2 – 3 hari untuk dapat menikmati pesona indah dan kenikmatan wisata di sana. Kepopuleran pantai ini tidak lepas dari pemandangan laut lepas yang begitu indah, gulungan ombak yang besar ditambah pemandangan disekitar pantai menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Di Pantai Popoh, anda tidak hanya disajikan pemandangan pantai dan air laut yang jernih, di pantai ini anda juga akan disajikan pemandangan perbukitan yang menjulang tinggi. Bagi anda yang suka berpetualang, anda bisa menjelajahi perbukitan yang ada disekitar pantai popoh. Namun untuk bisa mencapai puncak bukit ini, diperlukan stamina yang kuat untuk apat mendaki anak tangga yang cukup panjang ke atas. Yang terpenting rasa cape anda akan terobati dengan keindahan sunset di Pantai Popoh Tulungagung.

wisata-di-Pantai-Sidem

Untuk bisa menikmati pemandangan pantai popoh yang begitu indah anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, cukup membayar uang administrasi sebesar  Rp 3 ribu per orang anda susah dengan bebas menikmati pemandangan alam pantai tersebut. Menariknya lagi, tidak jauh dari Pantai Popoh terdapat sebuah pantai yang tak kalah menawan yaitu Pantai Sidem. Pantai ini masih garis pantai yang sama dengan pantai popoh, jadi anda tidak perlu membayar lagi untuk bisa menikmati keindahan alam pantai tersebut.

Di Pantai Sidem anda disajikan pemandangan air laut yang biru dan segarnya angin pantai, selain itu anda juga bisa menyaksikan aktivitas nelayan di sekitaran pantai. Sebab pantai ini bisa dikatakan salah satu kampung nelayan yang ada di Tulungagung, pantai ini memiliki garis pantai yang mencapai panjang 500 meter. Untuk anda yang suka dengan kegiatan selancar dan snorkling, pantai ini sangat cocok untuk melakukan dua kegiatan tersebut.

Sekedar informasi tambahan, di pantai popoh juga sering dilakukan ritual Labuh Semboyo. Ritual ini merupakan salah satu ritual yang secara rutin setiap tahun dilakukan oleh warga sekitar pantai tersebut, ritual ini berupa larung sesaji ke laut lepas yang diselenggarakan setiap tahun di bulan Syuro. Bagi anda yang hoby dengan wisata kuliner, dipantai ini anda juga bisa menyalurkan hoby anda. Di pinggiran pantai popoh terdapat warung warung makan yang menyediakan aneka kuliner laut yang bisa anda santap