Pantai Pok Tunggal memiliki keindahan yang mengagumkan. Banyak spot foto yang instagramable bagi wisatawan di Pantai Pok Tunggal. Kesan indah semakin terlihat dengan adanya bukit karst di sekeliling pantai layaknya sebuah benteng.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Kec Tepus, Kab Gunungkidul, DI Yogyakarta. Letaknya berada di antara Pantai Pulang Syawal (Pantai Indrayanti), dan Pantai Siung.

pantai pok tunggal (foto IG : @adhesetiavan)

Panorama di Pantai Pok Tunggal sangat indah dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan dikelilingi perbukitan karst yang bila dilihat dari sisi barat tampak seperti buaya dengan moncong yang menghadap ke laut selatan.

Di Pantai Pok Tunggal, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang eksotis. Tempat wisata ini pun makin terkenal dengan beredarnya foto-foto keindahan Pantai Pok Tunggal yang diunggah oleh para netizen.

Ombak Pantai Pok Tunggal cenderung landai sehingga cukup aman bagi wisatawan yang ingin berenang atau bermain air di tempat ini. Namun, tetap harus ingat bagi wisatawan untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku di sekitar kawasan Pantai Pok Tunggal.

Pengembangan wisata masih terus dilakukan oleh pihak pengelola karena semakin banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara yang berdatangan ke Pantai Pok Tunggal.

Rute Pantai Pok Tunggal dari Klaten

Pantai Pok Tunggal dapat diakses dengan mudah baik Anda yang datang dari arah Klaten maupun Yogyakarta. Berikut ini kami berikan rute termudah yang dapat ditempuh bagi wisatawan yang datang dari arah Klaten:

Dari Klaten atau Solo >> Prambanan >> pertigaan Jl Solo-Prambanan, belok kiri menuju Jl Wonosari >> Patuk >> Hutan Bunder >> Gading >> Bundaran Tugu BPD >> Jl Kyai Legi >> Jalan Lingkar Selatan Wonosari >> Jl KRT Djojodiningrat >> Jl Girisubo >> Jl Saptosari >> Tepus >> sampai di Pok Tunggal.

Sementara bagi wisatawan yang datang dari arah Jogja, rute termudah menuju Pantai Pok Tunggal yang dapat ditempuh ialah melewati Patuk. Setelah sampai di Patuk, rute menuju Pantai Pok Tunggal kira-kira sama seperti yang telah kami uraikan sebelumnya.

Jarak Pantai Pok Tunggal dari pusat kota Yogyakarta sekitar 70 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Akses jalan menuju Pantai Pok Tunggal sudah termasuk bagus dan mudah ditempuh. Hanya saja sekitar satu setengah kilometer sebelum pantai, Anda akan menjumpai jalan tanah yang agak berbatu.

Beberapa meter dari pos retribusi di Gerbang Pantai Pulang Syawal, ada papan petunjuk arah menuju lokasi Pantai Pok Tunggal. Wisatawan cukup mengikutinya, lokasi pantai sudah sangat dekat.

Sementara ini memang belum ada rute kendaraan umum yang langsung menuju Pantai Pok Tunggal. Perjalanan ke Pantai Pok Tunggal dengan kendaraan umum biasanya hanya sampai terminal Wonosari, kemudian untuk menuju lokasi dilanjutkan menggunakan ojeg dengan biaya sekitar Rp 20 ribu.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal relatif terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lain yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, antara lain Pantai Indrayanti, Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sepanjang, dan Pantai Sundak.

Bagi pengunjung yang datang menggunakan kendaraan juga akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 5.000 untuk mobil, Rp 15.000 untuk minibus, dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Apakah Anda termasuk penggemar snorkeling? Ombaknya yang landai menjadikan perairan di Pantai Pok Tunggal tempat yang asik untuk snorkeling. Jangan lupa untuk membawa peralatannya dari rumah.

pantai pok tunggal , sumber : tempatwisatamu.com

Kalau lupa membawa, jangan khawatir karena di sekitar kawasan Pantai Pok Tunggal banyak tempat yang menyediakan jasa sewa peralatan snorkeling.

Biaya sewanya juga terjangkau kok, biasanya sih sekitar Rp 50.000 per jam. Alatnya lengkap lho, mulai dari snorkel, masker, sepatu karet, serta 3 frame foto di bawah air saat Anda sedang snorkeling.

Bagi Anda yang hanya ingin santai dan bermalas-malasan sekadar menikmati pemandangan, di Pantai Pok Tunggal juga menyediakan sewa gazebo maupun payung dengan tarif umumnya sekitar Rp 20.000.

Penginapan Pantai Pok Tunggal

Sejumlah penginapan sudah tersedia bagi Anda yang ingin menginap di Pantai Pok Tunggal. Lokasinya juga sangat dekat dengan Pantai Pok Tunggal.

Anda juga bisa menikmati malam di alam terbuka Pantai Pok Tunggal. Di sekitar lokasi banyak terdapat persewaan tenda biaya sekitar Rp 60.000 per malam. Wah, asik yah! Pokoknya banyak deh pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan dengan berlibur ke Pantai Pok Tunggal.