Pantai Lenggoksono merupakan salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Malang. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Lenggoksono, mulai dari surfing, snorkeling, hingga menikmati panorama alam pantai dari atas tebing tinggi.

Lokasi Pantai Lenggoksono

  • Destinasi Wisata: Pantai Lenggoksono
  • Lokasi: Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kec Tirtoyudo, Kab Malang, Prov Jawa Timur 65182
  • Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
  • Jam Operasional: 05.00 s/d 00.00 WIB

Pantai Lenggoksono memiliki garis pantai yang sangat cantik dan memanjakan mata. Pantai ini memiliki pasir putih dengan luas sekitar satu kilometer, serta dikelilingi oleh tebing tinggi dan juga pepohonan yang rimbun dan hijau.

sumber : www.jejakpiknik.com

Lokasi Pantai Lenggoksono Malang berada di Dsn Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kec Tirtoyudo, Kab Malang, Jawa Timur. Pantai yang terletak di daerah Malang sebelah Selatan ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga selalu ramai pengunjung, terutama saat hari libur tiba.

Pantai Lenggoksono berlokasi tidak jauh dari beberapa wisata pantai lainnya seperti Pantai Bolu Bolu, Pantai Sipelot, dan juga Teluk Wediayu.

Rute Pantai Lenggoksono

Rute menuju Pantai Lenggoksono dapat ditempuh dengan mudah. Jalannya sudah bagus meski tidak begitu lebar. Namun ketika mendekati pantai, Anda harus berhati-hati karena melewati jalan dengan jurang yang tinggi di sebelah kiri dan kanannya.

Bagi wisatawan yang datang dari arah kota Surabaya, rute yang dapat ditempuh ialah melalui Malang, Turen, dan terus ke arah selatan menuju Tirtoharjo.

Disarankan wisatawan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Pantai Lenggoksono. Pasalnya, tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju ke lokasi wisata.

Berikut ini kami berikan rute lengkap menuju Pantai Lenggoksono:

Pusat Kota Malang >> Turen-Dampit >> Tirtoyudo >> lewati jalan yang mengarah ke Pantai Sipelot atau Wediayu >> Sampai di Lenggoksono, tanya ke warga sekitar arah menuju ke pantai atau Tempat Pelelangan Ikan.

Lokasi Pantai Lenggoksono sangat mudah ditemukan karena di pantai ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang cukup ramai.

Tiket Masuk Pantai Lenggoksono

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke lokasi wisata Pantai Lenggoksono akan dikenai biaya tiket masuk. Harga tiket masuk Pantai Lenggoksono amat terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Aktivitas Wisata Pantai Lenggoksono

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas wisata yang menyenangkan di Pantai Lenggoksono, antara lain:

  • Letaknya yang berada di pesisir Selatan Jawa, membuat Pantai Lenggoksono sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang hobi surfing karena pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang.
  • Pengunjung dapat mengabadikan panorama keindahan di Pantai Lenggoksono dengan berfoto maupun selfie. Ada banyak spot menarik yang akan memuaskan hasrat para pecinta fotografi.
  • Duduk-duduk sambil bersantai di pinggir pantai ditemani segarnya es kelapa muda. Hmmm…. Yummmy…
  • Pantai Lenggoksono Malang memiliki spot snorkeling yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Spot tersebut bernama Kletekan. Spot ini juga tak hanya dapat digunakan untuk snorkeling, tapi juga berenang dan bermain air dengan bebas.
  • Banyak tersedia jasa sewa perahu oleh warga yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling area perairan di Pantai Lenggoksono ataupun mengunjungi pantai-pantai lain di sekitarnya.
  • Spot memancing di Pantai Lenggoksono menyimpan begitu banyak potensi ikan, seperti ikan tuna, layang, cakalang, cumi-cumi, lobster, dan jenis ikan lainnya.

Batu-batu tersebar di sepanjang Pantai Lenggoksono menambah indah tampilan tempat ini. Tak hanya tampilan pantainya saja yang indah, Pantai Lenggoksono juga memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona.

sumber : www.indonesia-tourism.com

Selain itu, Pantai Lenggoksono juga menjadi tempat konservasi lobster pasir dan lobster mutiara. Biasanya, lobster-lobster ini terdapat di goa-goa yang ada di sekitar wilayah pantai.

Sebagian besar warga di Pantai Lenggoksono bekerja sebagai nelayan. Potensi bawah laut di sekitar area pantai benar-benar dijaga oleh masyarakat, karena Pantai Lenggoksono menjadi wilayah ekowisata yang ditunjuk oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan RI.

Selain menikmati sajian wisata alam, di Pantai Lenggoksono Anda juga dapat menikmati sajian wisata kuliner. Beragam menu seafood bisa Anda santap di tempat ini mulai dari ikan bakar, lobster, hingga menu kuliner khas pantai lainnya.

Itulah berbagai keindahan dan aktivitas wisata yang bisa Anda nikmati di Pantai Lenggoksono. Menarik bukan? Oleh karena itu, ayo rencanakan liburan Anda selanjutnya ke Pantai Lenggoksono yang indah dan menawan.