Objek Wisata Pantai Kukup Aquarium Alam Jogja  – Selain terkenal dengan budaya keratonnya ternyata objek wisata pantai Kukup aquarium alam Jogja patut dikunjungi. Sebab objek wisata ini adalah salah satu pantai yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

Keindahan pantainya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang berada disekitar kota Jogja. Pantai ini disebut juga Tanah lot versi kecil. Mengapa? Karena diarea pantai Kukup terdapat sebuah batuan karang yang besar. Dengan airnya yang jernih sehingga banyak ikan-ikan hias berenang diperairan pantai ini, pantai Kukup diberi sebutan aquarim alam Jogja.

Pesona Keindahan Objek Wisata Pantai Kukup Aquarium Alam Jogja

Tahukah Anda objek wisata pantai Kukup aqurium alam Jogja ini memiliki hamparan pasir yang berwarna putih. Pantai ini diapit oleh perbukitan kapur yang berombak cukup besar. Dan yang menjadi pantai Kukup ini dihuni ikan-ikan hias berwarna-warni karena air lautnya jernih. Ikan-ikan tersebut sering berenang dibatuan karang dekat pantai Kukup. Bahkan, Anda tidak hanya bisa melihat ikan-ikan saja.

Foto IG:@viqalaviolla

Disana Anda juga bisa melihat ubur-ubur yang berenang terbawa ombak laut.
Yang paling menarik dari pantai Kukup yaitu diapit oleh perbukitan batuan kapur serta perpaduan bukit karang. Di pantai Kukup Anda juga bisa menikmati keindahan samudra Hindia dari atas gardu pandang.

Sedangkan untuk sampai ke gardu pandang pantai Kukup, Anda harus melewati jembatan penyeberangan yang menghubungkan batu karang dengan pesisir pantai. Disekitar pantai Kukup terdapat gua-gua karang untuk melepaskan lelah setelah melakukan perjalanan. Pantai Kukup sering kali dijadikan tempat ritual sedekah laut pada bulan Sura namun lebih terkenal dengan sebutan labuhan.

Jika Anda sedang beruntung saat berkunjung cuaca mendukung, disana Anda akan menyaksikan keindahan sunset. Bahkan, saat penelusuran dilokasi pantai Kukup Anda juga bisa membeli berbagai macam biota laut, diantaranya bintang laut, ikan, kuda laut dan masih banyak lainnya.

Akses Lokasi Menuju ke Objek Wisata Pantai Kukup Aquarium Alam Jogja

Untuk sampai ke lokasi objek wisata pantai Kukup aquarium alam Jogja Anda bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Pantai ini berada di desa Kemandang berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Wonosari. Nah, jika perjalanan Anda dimulai dari kota Wonosari kabupaten gunung kidul jarak tempuh waktu yang butuhkan untuk sampai kesana sekitar kurang lebih 1 jam.
Itulah tadi sedikit informasi tentang objek wisata pantai kukup aquarium alam Jogja yang bisa kami sampaikan kepada Anda semuanya. Semoga informasi tadi bisa memberikan inspirasi untuk Anda dalam memilih tempat untuk berlibur.