Objek Wisata Pangumbahan Jadi Tempat Penangkaran Penyu Hijau – Pantai Pangumbahan tidak begitu jauh dari pantai ujung genteng, yaitu kurang lebih sekitar 5 km. Berada di kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi. Pantai pangumbahan identik dengan penyunya, karena banyak penyu yang dikonservasi dan ditangkarkan oleh pihak pemerintah daerah setempat. Sedangkan di jawa sukamade yang terkenal sebagai daerah penangkaran penyu, jawa barat ada kawasan pantai pangumbahan ini yang menjadi sentra penangkaran penyu sehingga memiliki sebutan pantai penyu.

Pangumbahan image via tribunnews.com

Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan aktifitas jalan kaki, maka Anda bisa memulainya dari ujung genteng kemudian dilanjutkan menyisir pantai akuarium, pantai cibuaya, dan sampai ke pantai pangumbahan pusat penangkaran penyu. Di sekitar kawasan ini, terdapat pepohonan yang daunnya rindang sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai tempat bertelurnya penyu.

Proses penangkaran penyu hijau di objek wisata pangumbanan

Jika Anda yang ingin langsung menyaksikan bagaimana proses penyu betina bertelur, maka Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk menghadapi malam di tepian pantai, karena penyu-penyu itu bertelur di malam hari. Biasanya terjadi sekitar bulan agustus sampai bulan maret, dimana banyak induk-induk penyu yang bertelur di kawasan ini.

Penyu ini berjenis penyu hijau (chelonia mydas), termasuk dalam penyu yang dikatagorikan hewan langka. Setiap malam, di sepanjang pangumbahan sampai ciwaru adalah pantai tempat penyu bertelur. Panangkaran penyu yang dikelola oleh Departemen Perikanan pangumbahan bermuara samapai sungai cipanarikan. Sedangkan yang bermuara di sungai cipanarikan sampai dengan ciwaru berada dalam pengelolaan departeman kehutanan.

Pemerintah pusat daerah setempat telah menyediakan sejumlah 6 pos pengamatan yang disiapkan bagi para pengunjung. Setiap masing-masing pos akan menampung kumpulan pengunjung, tetapi dibatasi jumlahnya agar tidak terlalu padat dan ramai, karena jika terlalu ramai dapat mengganggu proses bertelurnya penyu. Proses pengamatan penyu bertelur ini bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam khususnya jika Anda mau bersabar hingga menyaksikan si induk penyu kembali lagi ke laut lepas.

Pangumbahan penyu image via http://zonalibur.com/

Adapun penyu-penyu yang bertelur sudah berusia di atas tiga puluh tahun. Telur penyu memerlukan waktu cukup lama untuk ditetaskan antara 52 sampai 70 hari, tergantung pada cuaca. Jika musim hujan hujan tiba, dengan pasir yang sedikit lebih dingin akan membuat waktun telur bertambah lama menetas. Begitu juga sebaliknya, jika cuaca panas waktu untuk menetas akan lebih cepat.

Dari seratus telur penyu, kemungkinan hanya 1 ekor penyu yang bisa bertahan hidup sampai usia di atas tiga puluh tahun. Bahkan bisa jadi tidak ada sama sekali.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang objek wisata pangumbahan, semoga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk wisata Anda di akhir pekan.