Objek Wisata Kebun Buah Mangunan di Yogyakarta – Kebun buah mangunan terletak di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul. Lokasi kebun mangunan dari kabupaten Bantul sekitar 15 km sedangkan dari pusat kota Yogyakarta sejauh 35 km. Wisata ini, di bangun pada tahun 2003 oleh pemerintah kabupaten Bantul. Dengan luas tanah 23,3415 hektar pada ketinggian 150 – 200 m diatas permukaan air laut. Pada ketinggian tersebut menjadikan kawasan ini memiliki udara yang sangat sejuk dan pemandangan yang luar biasa.

kebun buah mangunan image via eibidiei.wordpress.com

Untuk sampai ke kebun buah mangunan Anda bisa naik angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika Anda naik kendaraan umum, Anda bisa menggunakan rute dari terminal Giwangan terus keselatan melewati jalan Imogiri timur, kemudian lurus sampai pertigaan, setelah itu belok kiri (timur) sampai Anda menemukan pertigaan yang ada papan petunjuk arah. Kemudian belok kanan (selatan) ikuti terus papan penunjuk arah.

Apa daya tarik kebun buah mangunan?

Kebun buah mangunan terletak diatas ketinggian 15 – 200 m sehingga membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang luar biasa indahnya, di pegunungan seribu.
Di kebun buah manganan, Anda dapat menikmati pemandangan kebun buah mangunan yang sangat indah, yaitu pantai Parangtritis di bagian selatan, pemandangan kota Bantul yang letaknya berada di bagian barat, serta keelokan sungai Oya yang begitu curam. Selain itu juga terdapat populasi hewan, yaitu monyet yang terdapat di kebun buah mangunan sebagai salah satu potensi wisata.

Di kebun buah mangunan Anda bisa berlibur sekaligus belajar, yaitu mempelajari tumbuh-tumbuhan secara langsung. Di sini Anda akan diajak mengamati berbagai macam-macam buah-buahan yang tertata rapi sesuai dengan kondisi kemiringan bukit mangunan. Adapun buah-buahan tersebut, yaitu durian, mangga, jambu biji, cempedak dan belimbing. Selain itu, untuk menambah rasa sejuk selain tanaman buah terdapat pula tanaman jati, king, grass, magium, pagar hidup brupa salak dan pohon pinus.

kebun buah mangunan image via angkothijau.wordpress.com

Anda juga bisa melihat proses pembibitan sapi, pembibitan sapi ini selain bertujuan untuk menambah populasi ternak sapi juga untuk menghasilkan pupuk kandang sebagai pemeliharaan tanaman. Bahkan di sana juga menyediakan fasilitas yang sudah lengkap, seperti penginapan, gedung pertemuan dan kolam renang.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang objek wisata kebun buah mangunan, semoga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk wisata Anda di akhir pekan.