Menikmati Debur Ombak di Pantai Somandeng Gunung Kidul – Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang memikat. Selain Indrayanti yang terkenal, Pantai Somandeng merupakan salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini memang tidak seterkenal pantai Baron atau Indrayanti namun panorama alamnya tak kalah menariknya untuk anda datangi.

Disini anda akan menjumpai berbagai pemandangan alam unik dan memikat. Salah satunya pasir pantai yang menghampar luas. selain itu deburan ombak Pantai Somandeng juga terbilang besar.
Namun sayangnya untuk fasilitas yang ada masih dalam tahap pengembangan. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi daya tarik Pantai Somandeng ini. jika anda tertarik berlibur ke Pantai Somandeng, maka perlu mengetahui kondisi alam hingga akses yang akan ditempuh agar persiapan liburan anda cukup matang. Dibawah ini ulasan tentang destinasi wisata Pantai Somandeng Gunung kidul yang bisa menjadi pilihan tempat liburan yang mengesankan.

sumber : ikhsan.web.id

Destinasi Wisata Pantai Somandeng Gunung Kidul

1. Lokasi Pantai Somandeng

Pantai berpasir putih ini berada di Desa Tepus, Keluruahan Tepus, Kecamatan Tepus Gunung Kidul Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti sehingga aksesnya cukup mudah karena Pantai Indrayanti sudah memiliki akses jalan yang halus. Namun anda tetap hati-hati ketika berkendara karena jalanannya berkelok-kelok dengan turunan yang sedikit curam. Sebaiknya jika ingin menuju Pantai Somandeng menggunakan kendaraan pribadi saja.

2. Deburan Ombak dan Hamparan Pasir Putih Yang Khas

Ketika menjejakan kaki di Pantai Somandeng, anda akan dibuat takjub dengan hamparan pasir putihnya yang luas. deburan ombak khas Laut Selatan menyapu bibir pantai. Hal ini menambah eksotismenya. Menikmati deburan ombak bisa anda lakukan dengan duduk-duduk di gazebo pinggir pantai. Gazebo kayu ini memang sengaja dibuat sebagai fasilitas para wisatawan untuk berstirahat sekaligus menikmati pemandangan pantai yang menawan.

3. Matahari Tenggelam dan Keunikan Lainnya

Pantai Somandeng merupakan salah satu pantai yang memiliki panorama matahari tenggelam. Pemandangan eksotis ini tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan. Keunikan lainnya ketika air surut anda akan melihat aneka bebatuan karang yang ditumbuhi rumput laut secara jelas. selain itu, aneka biota laut penghuni karang juga nampak ketika air surut. Pada sisi utara anda bisa menemukan pemandangan pipa yang berfungsi mengambil air laut untuk keperluan tambak.

4. Fasilitas Pantai Somandeng

Pantai Somandeng memang belum se-terkenal Pantai Indrayanti atau Pantai lainnya. Sehingga untuk fasilitasnya masih terbilang minim. Namun adanya organisasi BRANTAS atau Barisan Remaja Lintas Selatan menjadikan area pantai kian berkembang fasilitasnya. Organisasi inilah yang turut berperan mengembangkan daerah Pantai Somandeng. Tentu saja diharapkan kedepannya Pantai Somandeng kian berkembang dari segi akses hingga fasilitasnya karena kondisi alamnya sangat potensial untuk dieksplorasi.

Jadi tidak ada salahnya mencoba mengagendakan liburan anda kali ini ke Pantai Somandeng Yogyakarta. Karena keindahanalamnya pun tidak kalah dengan pantai didaerah lainnya.