Mau Naik Gunung Semeru? Perhatikan Tips Pendakian Berikut Ini! – Tips Travel – Melakukan sebuah pendakian pada sebuah gunung merupakan hal yang sangat memacu adrenalin. Bukan hanya itu saja, dengan melakukan pendakian kita juga bisa mengukur seberapa kuat mental dan fisik yang kita miliki saat ini. Disamping itu, melakukan pendakian juga dapat merubah karakter seseorang yang tadinya manja kini bisa mandiri.

sumber : Foto IG: @ryankamal77

Beberapa gunung yang ada di Indonesia rata-rata sangat mendukung kegiatan pendakian. Dalam hal ini, rute pendakian dalam gunung tersebut sudah tersedia dan siap pakai untuk pendaki. Salah satu gunung di Indonesia yang sangat menarik untuk ditakhlukkan ialah gunung Semeru. Sebuah gunung yang berada di provinsi Jawa Timur ini terbilang sangat ekstrim untuk ditakhlukakan.

Jika Anda hendak mencoba melakukan pendakian ke gunung tertinggi di pulau Jawa ini, maka ada baiknya bagi Anda untuk membaca tips pendakian gunung semeru berikut ini!

Tips Mendaki Gunung Semeru

Siapkan Jadwal

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan jadwal pendakian yang tepat. Dalam hal ini usahakan mendapatkan waktu pendakian yang cerah untuk meminimalisir terjadinya longsor pada waktu musim hujan.

Siapkan Surat Keterangan Sehat

Syarat mutlak untuk bisa menaiki gunung yang megah ini ialah dengan menyiapkan sebuah surat keterangan sehat dari dokter yang bisa Anda dapatkan di rumah sakit atau puskesmas. Surat ini merupakan bukti nyata bahwa Anda telah menyetujui berbagai macam kebijakan yang diberikan oleh dinas pariwisata kepada Anda.

Siapkan Peralatan Pendakian

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah dengan menyiapkan berbagai macam peralatan pendukung pendakian. Dalam hal ini usahakan Anda membawa sandal atau sepatu gunung, tas ransel gunung, jaket tebal, masker, senter, kotak P3K, tenda, dan berbagai macam kebutuhan kamping gunung.

Siapkan Perbekalan Yang Memadai

Hal yang tak kalah penting ialah menyiapkan perbekalan yang cukup. Dalam hal ini usahakan Anda membawa makanan yang penuh karbohidrat supaya bisa menambah stamina.

Lengkapi Administrasi

Setelah semua dirasa cukup beres, barulah kita melengkapi berbagai macam administrasi pada post pendakian yang telah disediakan.

Itulah tips penting pendakian ke gunung Semeru. Semoga bermanfaat and keep enjoy with your journey!