Keraton Yogyakarta dengan Keindahan Arsitektur Bangunannya – Salah satu obyek wisata andalan Daerah Istimewa Yogyakarta ini selain wisata pantainya yang sangat indah adalah Wisata Sejarah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dan tentunya masih banyak sekali wisata di yogyakarta yang bisa anda kunjungi. Keraton yogyakarta adalah sebuah istana resmi dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang saat ini lokasinya di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia

Foto IG:@gustiasaaa

Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan ini masih menjadi sebagai tempat tinggal sultan dan sebagai rumah tangga istana yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.

Sejarah Keraton Ngayogyakarta
Keraton Yogyakarta ini telah didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I dibeberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Tempat keraton ini dahulunya merupakan bekas dari sebuah pesanggarahan yang bernamakan Garjitawati. Pesanggarahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram yang akan di makamkan di Imogiri.

Foto IG:@aprianindos

Ada juga yang menceritakan bahwa lokasi keraton ini dahulunya adalah tempat bekas dimana ada sebuah mata air, Umbul Pachetokan, yang ada di tengah hutan Beringan. Selain itu Keraton Yogyakarta juga memiliki berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara maupun benda benda kuno yang memiliki sejarah

Di sisi lain, Keraton Yogyakarta ini juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karena itu tidaklah heran jika nilai-nilai filosofinya begitu pula nilai mitologi yang menyelubungi Keraton Yogyakarta. Dan untuk itulah di tahun 1995, komplek keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dicalonkan untuk jadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Selain memiliki kemegahan pada arsitektur bangunannya, ternyata keraton Yogyakarta juga memiliki suatu warisan budaya yang tak ternilai. Diantaranya adalah upacara-upacara adat, tari-tarian sacral, music dan juga pusaka.

Upacara adat yang terkenal adalah upacara Tumplak Wajik, Grebek, serta upacara Sekaten. Upacara yang dulunya berasal dari jaman kerajaan ini hingga saat ini terus dilaksanakan dan merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus di lindungi oleh masyarakat dan juga pemerintah Indonesia dari pihak asing.

Demikianlah info dari kami tentang Keraton Yogyakarta Dengan Keindahan Arsitektur Bangunannya. Untuk anda yang penasaran dengan kemegahan bangunan ini anda dapat berkunjung ke keraton Yogyakarta.