Selat Bosphorus merupakan selat yang memisahkan Istanbul, Turki menjadi 2 bagian. Selat Bosphorus juga memisahkan Istanbul menjadi bagian dari 2 benua yaitu Asia dan Eropa. Keren sekali bukan? Tidak hanya itu, saat kalian menikmati Selat Bosphorus, kalian bisa menikmati perbedaan arsitektur di 2 benua dalam 1 pandangan mata.

Selat Bosphorus juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di sekitar selat Bosphorus terdapat bangunan tua yang dijadikan benteng untuk mengawasi musuh perang ratusan tahun lalu. Selat Bosphorus inilah yang dijadikan salah satu strategi perang oleh Muhammad Al Fatih untuk menakhlukkan Konstatinopel (sekarang Turki).

Untuk menikmati Selat Bosphorus, kalian bisa mengikuti boat tour yang akan membawa kalian berkeliling Selat Bosphorus selama kurang lebih 2 jam. Kalian cukup membayar sekitar 12 Turkish Lyra, tergantung jenis kapal yang kalian pilih.

Beruntungnya aku bisa mengikuti Boat Tour berkeliling Selat Bosphorus. Menikmati pemandangan yang indah dan mengarungi batas Benua Asia dan Eropa. Boat Tour nya cukup lama loh. Saat itu aku mendapatkan kapal yang lebih besar, jadi waktu tournya agak lama dibandingkan tarif biasa.

Saat Boat Tour kalian bisa menikmati keindahan selat Bosphorus dan menyaksikan bangunan megah yang mengelilingi Selat Bosphorus. Kalian juga bisa menikmati Istanbul yang ada di Benua Asia dan Istanbul yang ada di Benua Eropa. Arsitektur yang berbeda dari 2 benua juga bisa kalian rasakan dengan kental.

Tentunya satu kota yang terpisah menjadi 2 wilayah ini memiliki pemandangan yang berbeda pula. Di sisi Istanbul Eropa, arsitekturnya sangat khas ala Eropa. Sedangkan di wilayah Asia, sangat khas dengan arsitektur etnik ala Asia. Benar-benar perbedaan yang indah.

Untuk kalian penggemar sejarah, Selat Bosphorus sangat cocok untuk tujuan liburan kalian. Untuk yang bukan penggemar sejarah pun, Selat Bosphorus bisa menjadi tujuan yang tepat untuk menikmati keindahannya. Kalau kalian ingin menikmati selat bosphorus, dissarankan pakai jaket yah. Anginnya kencang dan dingin sekali loh. Foto di atas sepertinya bagus banget, padahal aslinya dingin banget sampe menggigil. 😀

Selamat berlibur!

Ingin berbagi pengalaman travelling kamu di TheTravellerNews? Jadilah kontributor di situs ini.