Kebun Teh Samigaluh Kulonprogo Yogyakarta – Salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yakni wisata alam puncak Kebun Teh. Wisata alam ini berada di Dusung Nglinggo, Desa Nglinggo Barat, Pagehrejo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata alam yang satu ini berupa perkebunan teh yang ada di desa Nglinggo. Sesuai nama desanya, wisata kebun teh ini masuk kedalam wilayah Desa Wisata Nglinggo yang ada di bagian puncak perbukitan menoreh Kulonprogo.

Para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini akan disuguhi dengan keindahan alam perbukitan menarik danjika beruntung pengunjung bisa melihat petani teh memetik teh ketika musim panen telah tiba. Di area kebun teh Nglinggo ini telah disediakan beberapa tempat untuk santai kalau anda ingin menikmati keindahannya alam dengan keluarga, teman atau pasangan.

sumber : http://titik0jogja.blogspot.co.id

Dihari libur sendiri, tempat wisata kebun teh ini bisa dipadati oleh pengunjung, rata-rata pengunjung disini adalah anak muda. Kebun teh Nglinggo ini juga sangat cocok untuk melepas kepenatan di hiruk pikuk perkotaan yang bising.

Bagi anda yang memang menyukai tantangan dan sangat suka ketinggian, anda bisa pergi ke puncak paling tinggi di kebun teh Nglinggo. Dari sini wisatawan bisa melihat pemandangan disekitar kebun teh yang begitu indah dan menyejukan mata. Namun sebelum itu, anda perlu naik ke atas bukit dan lumayan menguras tenaga.

Rute Menuju Kebun Teh Simagaluh Kulon Progo
Dari Jogja = Jln. Godan -> Pasar Godean -> Lurus saja ke barat melewati Sungai Progo -> Lampu merah kenteng belok kanan -> ikuti terus jalan hingga menjumpai tugu dibagian tengah jalan, nama daerahnya ialan Ndekso – belok kiri dan masuk ke Jl. Samigaluh -> lurus dan ikuti jalan saja, karena memang jalan utamanya hanya satu, kira-kira sekitar 15-20km -> kemudian anda akan melewati Kantor Kecamatan Samigaluh, Kator Polisi & Pasar Samigaluh -> lalu akan dijumpai pertigaan dengan tulisa Desa Wisata Nglinggo – belok saja ke kanan dan ikuti terlus jalan lurus kain ke atas dengan jarak sekitar 2km dan anda akan sampai di puncak kebun teh

Dari Magelang = Kalibawang -> kemudian anda akan menuju lampu merah dengan tugu yang ada di tengah jalan -> belok saja ke kanan menuju Jl. Samigaluh.
Harga tiket masuk :
Tiket masuk ke Wisata Kebun Teh : Rp 3.000 (sudah termasuk parkir kendaraan).
Tips Wisata Kebun Teh Samigaluh :

Pertama anda bisa melakukan pengecekan kendaraan yang akan dipakai untuk wisata. Nah, untuk wisata kebun teh ini memiliki kontur jalan berkelok-kelok serta menanjak. Jadi untuk kendaraan sepeda motor dengan cc rendah, ada baiknya jangan membawa beban terlalu berat, karena tak akan kuat untul melewati tanjakan yang ada

Kemudian ada baiknya jika anda ingin berwisata ke kebun teh samigaluh ini, bawalah bekal makanan. Karena memang disana masih sedikit warung yang menjual makanan.