Kebun Teh Kemuning Karanganyar Jawa Tengah – Kebun Teh Kemuning adalah salah satu kawasan perkebunan teh yang dibangung saat zaman penjajahan Belanda dan hingga kini masih beroperasi dengan baik. Hal paling menarik dari Kebun Teh Kemuning ini ialah pesona alam lereng gunung yang indah dan berbukit-bukit, serta menawarkan udara sejuk khas pegunungan yang belum tercemar.
Letah dari kebun teh satu ini ada di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Menyimpan pesona wisata alam berupa perkebunan teh yang menawarkan panorama alam seperti perkebunan teh di kawasan Puncak Bogor.

Ketika memasuki jalalan berliku, anda bisa melihat dari atas mirip seperti salah satu perkebunan teh yang ada di Puncak Bogor, akan tetapi masih terlihat asri dan alami. Kita masih bisa melihat sedikit bangunan warga disekitaran kebun teh kemuning ini. Warung makan yang dengan mudah bisa kita jumpai ditepi jalan jika berkunjung ke perkebunan teh puncak, tak akan kita jumpai disini. Kita tak akan menjumpai satu pun warung makan ditepi jalan perkebunan teh ini.

sumber : http://ninditaaiu.blogspot.co.id

Perkebunan Teh Kemuning sendiri dikelola PT Rumpun Sari Kemuning dan menempati gedung yang berada di sekitaran kawasan kebun teh ini.

Lokasi Kebun Teh Kemuning

Kawasan wisata Kebun Teh Kemuning ini berada di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah atau jaraknya sekitar kilometer timur laut dari jalur Utama Solo – Tawangmangu. Perkebunan teh yang satu ini bisa dibilang salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang letaknya di Kabupaten Karanganyar. Pesona alam pegunungan yang ditawarkan masih alami dan asri, udaranya yang sejuk berada di rata-arat 21,5 derajat celcius. Anda bisa mencari Kebun Teh Kemuning ini di GPS dengan titik koordinat 11,10-11,250 BT dan 7,40-7,60 LS. Ketinggian dari perkebunan teh ini cukup bervariasi, dari mulai 800 sampai 1.540 meter diatas permukaan laut dengan kelembaban diangka 60-80 persen.

Untuk bisa menuju lokasi bisa dibilang tak terlalu sulit, karena kita bisa menggunakan angkutan umum dengan rute jalur Karangpandan, Ngargoyoso dan Jenawi. Hamparan hijau perkebunan teh begitu enak dipandang mata. Di Kebun Teh Kemuning ini kita dapat menikmati penjelajagan dengan bentuk tea walk alias berpetualang di perkebunan teh.

Dikawasan wisata kebun teh kemuning ini anda dapat mampir ke suatu tempat yang pas untuk para penggemar teh, yakni Rumah Teh Ndoro Donker. Lokasi dari rumah teh ini sendiri berada disekitara kebun teh kemuning dan kaki gunung lawu, sehingga suasana minum teh begitu sejuk dan benar-benar berbeda dari tempat lain.

Dengan menawarkan suasana sejuk khas alam pegunungan, Rumah Teh Ndoro Donker ini jadi salah satu tempat favorit nongkrong wisatawan yang datang ke Kebun Teh Kemuning ini. Ada beragam jenis teh yang dapat anda nikmati di Ndoro Donker ini, harganya pun cukup murah. Jenis teh yang bisa anda nikmati disini antara lain adalah teh hijau kemuning, teh aroma Inggris, teh hitam donker, teh raja, teh herbal dan teh putih.

Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan seputar Kebun Teh Kemuning Karanganyar Jawa Tengah ini. Semoga bisa menambah wawasan tentang tempat wisata indah yang ada di Indonesia. Sampai jumpa lagi.