Kebun Teh Jamus Ngawi Jawa Timur – Kebun Teh Jamus adalah salah satu perkebunan teh peninggalan jaman penjajahan Belanda yang lokasinya berada di Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, termasuk kedalam kawasan lereng Gunung Lawu. Konon, Kebun Teh Jamus Ngawi ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan eksotis, cocok untuk liburan atau refreshing melepas penat di hari weekend.

Mungkin nama Kebun Teh Jamus ini jarang terdengar ketimbang kebun teh Kemuning yang masih sama-sama masih terletak di lereng gunung Lawu. Kebun Teh Jamus ini menyuguhkan pesona wisata berbeda di lereng gunung Lawu sebelah utara yang tak kalah seru dan menarik dibanding kawasan wisata di timu lereng gunung Lawu. Akan tetapi karena kurangnya promosi wisata yang dilakukan pihak pengelola dan pemerintah setempan, menjadikan Kebun Teh Jamus ini belum banyak diketahui wisatawan.

sumber : http://ngawion-line.blogspot.co.id

Alamat lengkap dari Kebun Teh Jamus ini terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kini, kebun teh jamus ini telah dikelola oleh pihak PT Candi Loka.
Lokasi dari kebun teh yang satu ini ada di lereng Gunung Lawu yang masuk kedalam wilayah kabupaten Ngawi.

Tapi akses terdekat ke lokasi adalah dengan melewati kabupaten Sragen Jawa Tengah berjarak 40 km ketimbang harus melalui kabupaten Ngawi Jawa Timur sejauh 50 km. Kondisi dari jalan menuju Kebun Teh Jamus ini telah beraspal baik hingga ke lokasi walaupun lebar jalannya terbilang sempit dan akan sedikit sulit kalau ada mobil yang bersimpangan.

Selama perjalanan menjelajahi perkebunan teh jamus ngawi, wisatawan dilarang memarkir kendaraan semabarangan. Para wisatawan hanya diperbolehkan memarkir kendaraan di area yang sudah disediakan. Tak hanya itu, ada beberapa peringatan tentang banyaknya kasus pencurian kendaraan wisatawan yang parkir sembarangan.

Di ujung perjalanan dikawasan kebun teh Jamus ini, terdapat sebuah area parkir yang luas diantara perbukitan sebelah utara lereng Gunung Lawu. Para pengunjung dipersilahkan untuk memarkir kendaraanya dan melanjutkan untuk mengelilingi perkebunan teh dengan jalan kaki.

Awalnya, kebun teh Jamus Ngawi ini adalah perkebunan teh milik kolonial Belanda yang didirkan ditahun 1886 oleh pengusaha Belanda bernama Van der Rap. Perkebunan teh jamus ini sudah mengalami beberapa kali pergantian pengelola selama masa penjajahan sampai akhirnya kemerdekaan Indonesia. Dan mulai tahun 1973 hingga kini, Perkebunan Teh Jamus Ngawi ini telah dikelola oleh perusahaan swasta PT. candi Loka.

Hal yang sanga menarik di perkebunan teh ini adalah adanya bukit kebun teh bernama Bukti Borobudur (Borobudur Hills) atau piramidanya Jamus, Ngawi. Dinamakan bukit borobudur sendiri bukan tanpa alasan, karena bentuk dari bukit kebun teh itu seperti kerucut atau piramida sampai puncak dan dibeberapa lapisan terdapat jalan yang mirip guratan tingkatan pada candi Borobudur Jawa Tengah.

Para wisatawan yang baru pertama datang ke Kebun Teh Jamus ini, akan penasaran dan bertanya-tanya tentang Bukit Borobudur ini. Setelah mereka ditunjukan dimana letak dari Bukit Borobudur ini, wisatawan pun mulai mengamati dan membandingkannya dengan bentuk Candi Borobudur yang asli. Barulah mereka paham kenapa dinamakan Bukit Borobudur.

Disini juga terdapat warung-warung ditepi area parkir Kebun Teh Jamus, tak seperti kebanyakan warung biasa yang menjajakan minuman dan makanan. Warung di kebun teh Jamus ini menjual jajanan khas seperti minuman teh yang ditanam langsung dikebun teh ini sendiri. Beberapa jenis minuman teh ini asalnya dari pabrik pengolahan teh PT Candi Loka, pengelola teh jamus serta teh racikan masyarakat sekitar. Harga yang ditawarkan untuk makanan dan minuman diwarung tersebut cukup mudah dan terjangkau.
Harga Tiket Masuk :
Tiket masuk : Rp. 4.000/orang
Parkir kendaraan : Rp 1.000/motor dan Rp 3.000/mobil