Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat – Kebun Raya Cibodas adalah salah satu kawasan wisata yang juga dikenal dengan nama Cibodas Botanical Garden. Tempat wisata yang satu ini terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kebun Raya Cibodas sendiri dibangun di tahu 1852, adalah Johannes Elias Teismann sang pendiri taman yang dulunya bernama Kebun Pegunungan Cibodas ini. Kebun botani di Cianjur ini berada di ketinggian sekitar 1.275 meter diatas permukaan laut.

Tempat wisata Cibodas Botanical Garden ini sangat pas untuk anda yang ingin melepas kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan. Anda bisa mengunjungi Kebun Raya Cibodas Cianjur ini diakhir pekan, karena taman wisata ini tidak cuma sebagai kawasan wisata namun menjadi tempat untuk penelitian dan pelestarian spesimen tumbuhan dari luar negeri. Di Cianjur sendiri masih ada tempat wisata lain khusus tanaman, yakni Taman Bunga Nusantara.

Kebun Raya Cibodas Cianjur ini memiliki misi menjadikan Cibodas Botanical Garden ini jadi salah satu kebun raya terbaik di dunia dalam urusan konservasi. Selain itu, ada misi lain yakni untuk melestarikan tumbuhan tropika, terutama tumbuhan tropika dari dataran tinggi dan basah, serta untuk mengembangkan penelitian soal pendayagunaan dan konservasi.

Selain menawarkan keindahan dan kesejukan alamnya, Kebun Raya Cibodas ini juga didukung beragam koleksi pepohonan rindang yang banyak sekali variannya. Disini setidaknya ada ratusan pepohonan baik yang sudah berusia tua maupun muda. Teracat ada 5.831 contoh tanaman dari sekitar 1.206 jenis pohon hidup yang ada disini.

Kalau anda datang ke rumah kaca di Kebun raya Cobodas ini, anda dapat melihat berbagai jenis tanaman kaktus, anggrek dan tanaman langka yang cukup beragam disini. Terdapat hampir 4.000 contoh tanaman dari sekitar 350 jenis kaktus hingga 360 jenis anggrek berada didalam rumah kaca ini.

Koleksi Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Kebun raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden ini memiliki koleksi tumbuhan tropi basah dari dataran tinggi, ada juga tanaman khas yakni taman Lumut Cibodas yang mempunyai sekitar 216 jenis.

Fasilitas dari Kebun Raya Cibodas Cianjur

Pihak pengelola dari taman Kebun Raya Cibodas Cianjur ini sudah mendirikan banyak fasilitas pendukung guna menjadikan kebun raya ini salah satu kebun raya terbauk dunia. Didalamnya ada fasilitas seperti Wana Wisata Cibodas, MCK umum, Mushola, Areal bermain anak, shelter, camping ground dan teater alam terbuka.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas Cianjur

Jika anda ingin menikmati keindahan kebun raya cibodas ini, anda perlu membayar tiket masuk seharga Rp 9.500/orang. Dan jika anda membawa kendaraan pribadi, maka anda akan dikenakan tarif parkir, untuk kendaraan roda dua anda dikenakan tarif Rp 5.000/motor dan Rp 16.000/mobil. Harga tiket masuk sendiri bisa berubah sewaktu-waktu.

Akses Menuju Kebun Raya Cibodas

Untuk anda yang ingin datang ke Kebun Raya Cibodas Cianjur ini, anda perlu menempuh jarak kurang lebih sektar 85 km dari kota Jakarta. Atau waktu tempuh sekitar 90 menit lewat jalan Bogor – Puncak – Cianjur hingga sampai di persimpangan Cimacan. Nah, setelah disana, anda tinggal belik saja ke arah kebun Raya yang berjarak kurang lebih sekutar 4 km lagi sampai ke Kebun Raya Cibodas ini.
Bagi yang memakai kendaraan umum, anda dapat naik angkutan kota (Angkot) dengan jurusan Cipanas – Rarahan – Cibodas yang dapat dengan mudah anda jumpai di persimpangan Cimacan atau jika anda dari Pasar Cipanas.