Kebun Buah Mangunan – Bicara soal destinasi wisata, ada satu tempat wisata di Jogja yang anti-mainstream, namanya Kebun Buah Mangunan.

Hal paling menarik di tempat wisata Kebun Buah Mangunan adalah pemandangan dari Pegunungan Sewu dan Sungai Oyo yang menyatu sehingga menciptakan sebuah tampilan yang eksotis.

Terlebih lagi bila Anda berkunjung di waktu yang pas, saat kabut tebal menyelimuti pegunungan tersebut, seolah Anda sedang berada di negeri atas awan.

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan berlokasi di Desa Mangunan, Kec Dlingo, Kab Bantul, DI Yogyakarta. Bila Anda mencarinya dengan menggunakan GPS, maka titik koordinat lokasi wisata ini berada di -7.940632, 110.424746.

Bila Anda tertarik untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis di Kebun Buah Mangunan,

lokasinya berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, atau sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Kebun Buah Mangunan

Dari pusat kota Yogyakarta Anda harus melalui Ringroad Selatan hingga perempatan terminal Giwangan.

Selanjutnya ikuti terus Jalan Imogiri Timur hingga tiba di pertigaan pasar Imogiri. Belok kiri, lihat papan penunjuk arah yang menuju ke Kebun Buah Mangunan Jogja.

Bila merasa bingung, cobalah untuk bertanya kepada warga sekitar, setiap orang asli daerah tersebut pasti tahu di mana lokasi Kebun Buah Mangunan.

Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Adapun harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan ini bisa dibilang ‘sangat amat terjangkau sekali’.

Dengan tiket masuk hanya Rp 5 ribu, Anda sudah dapat menikmati suasana segar dan pemandangan alam yang eksotis di Kebun Buah Mangunan.

Jam Buka dan Tutup Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata Kebun Buah Mangunan buka setiap hari, sejak jam setengah 5 pagi, sampai jam 6 sore.

Datanglah saat pagi bila Anda ingin menikmati pemandangn hijaunya pegunungan yang diselimuti awan putih dan pancaran matahari terbit yang mempesona. Kamu akan benar-benar merasakan sensasi nyata negeri atas awan di Kebun Buah Mangunan ini.

Berbagai Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Buah Mangunan

Anda dapat menikmati berbagai macam buah-buahan di Kebun Buah Mangunan, mulai dari mangga, jambu air, jeruk, rambutan, sawo, manggis, duku, durian, dan banyak lagi. Tapi jenis buah-buahan yang tersedia biasanya disesuaikan dengan musimnya.

Harga buah-buahan di tempat ini sangatlah terjangkau, misalnya saja Anda bisa membeli buah mangga dan jeruk dengan harga Rp 5 ribu per kilogram, atau buah rambutan dengan Rp 4 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk buah durian bisa Anda beli seharga Rp 15 ribu untuk ukuran kecil, Rp 25 ribu untuk ukuran sedang, dan Rp 50 ribu untuk durian berukuran besar.

Tidak hanya menikmati anera ragam buah-buahan saja, ada banyak aktivitas wisata lainnya yang bisa Anda lakukan di tempat ini, antara lain:

1. Melakukan Outbond

Wisata Kebun Buah Mangunan menyediakan beragam arena outbond yang bisa Anda nikmati bersama rombongan keluarga, maupun teman-teman. Harga per paketnya adalah Rp 200 ribu untuk 10 orang. Fasilitas outbond yang tersedia mulai dari Flying fox, Freflying, dan jembatan goyang.

Di lokasi outbond juga disediakan gedung bila Anda ingin melakukan kegiatan indoor, tarif sewa yang dibanderol sekitar Rp 100 ribu untuk kapasitas max 50 orang dengan durasi sewa selama 6 jam.

2. Berkemah

Bagi para pecinta alam dan pramuka, disediakan fasilitas khusus untuk berkemah dengan tarif sekitar Rp 5 ribu per orang untuk satu hari. Nah, area kemah yang satu ini cocok juga lho untuk kegiatan sekolah.

3. Bersepeda

Anda pecinta sepeda gunung? Ingin berkeliling area pegunungan menggunakan sepeda?

Di Kebun Buah Mangunan terdapat lintasan khusus bagi para pesepeda sepanjang 2,3 kilometer untuk kelas Downhill, dan 3,8 kilomeer untuk kelas Cross Country. Tarif sewa masing-masing lintasan hanya seharga Rp 50 ribu untuk 5 orang. Sangat terjangkau bukan?

4. Berenang

Anda juga bisa bermain air dengan anak di Kebun Buah Mangunan. Tersedia 2 kolam renang anak yang bisa dinikmati di tempat ini. Tarifnya murah kok, hany Rp 2 ribu per orang selama satu jam.

Penginapan Di Kebun buah Mangunan

Jam buka Kebun Buah Mangunan dari pukul setengah lima pagi sampai pukul 6 petang.

Jadi, buat wisatawan luar daerah yang membutuhkan tempat penginapan atuu hotel, berikut ini bebrepa daftar penginapan dan yang bisa kamu pilih yang lokasinya tak jauh dari kawasan Kebun Buah Mangunan.

  • Tembi Rumah Budaya
    Terletak di Jln. Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Ds. Timbulharjo, Kec. Sewon, Bantul, Yogyakarta. Waktu tempuh dari Tembi Rumah Budaya menuju Kebun Buah Mangunan sekitar 30 menit.
  • Dusun Jogja Village Inn
    Terletak di Karangkajen, Jl. Menukan No.5, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja, Yogyakarta. Waktu tempuh dari Dusun Jogja Village Inn menuju Kebun Buah Mangunan sekitar 42 menit.

Hotel Dekat Kebun Buah Mangunan

  • D’Omah Hotel Yogya
    terletak di Jln. Parangtritis KM. 8.5 Tembi, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Waktu tempuh dari D’Omah Hotel Yogya menuju Kebun Buah Mangunan sekitar 30 menit.
  • Ros-In Hotel
    terletak di Jln. Ringroad Selatan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Yogyakarta. Waktu tempuh dari Ros-In Hotel menuju Kebun Buah Mangunan sekitar 35 menit.
  • Burza Hotel Yogyakarta
    terletak di Jln. Jogokaryan No.61-63, Mantrijeron, Kota Jogja, Yogyakarta. Waktu tempuh dari Tembi Rumah Budaya menuju Kebun Buah Mangunan sekitar 40 menit.

Selain aktivitas menarik di atas, di Kebun Buah Mangunan juga tersedia arena bermain lainnya seperti bebek kayuh, kolam pemancingan, dan Jembatan Gantung yang melintasi sungai Opak.

Jika Anda ingin menginap di sekitaran lokasi yang dekat dengan kebun buah mangunan ini, berikut dapat anda ketahui beberapa daftar penginapan yang dekat dengan kebih buah mangunan.

Gimana, seru kan? Tunggu apalagi, ayo ajak keluarga mengunjungi obyek wisata Kebun Buah Mangunan yang berlokasi di Bantul, Jogja!

Banyak keseruan yang bisa Anda dapatkan di tempat ini!