Jejakkan Langkah Di Wisata Sejarah Candi Singosari Malang  – Kota Malang memang tidak pernah berhenti menyiratkan pesonanya. Tidak hanya menyiratkan pesona dari segi wisata alam dan wisata modern saja, akan tetapi pesona wisata yang tersirat dari kota Malang juga termasuk wisata sejarahnya.

Terdapat banyak sekali wisata sejarah di Malang yang bisa kita temukan. Salah satunya adalah wisata sejarah berupa Candi Singosari Malang. Candi Singosari merupakan candi megah di Malang yang terletak di Singosari kabupaten Malang. Candi Singosari ini merupakan candi Hindu dan Budha peninggalan kerajaan Singosari.

sumber :https://wisataceper.wordpress.com

Candi ini tidak lepas kaitannya dengan sejarah Indonesia.

Candi Singosari ini pertama kali ditemukan ketika zaman penjajahan Belanda yaitu sekitar tahun 1800 – 1850. Pada awal penemuannya, pihak Belanda memberikan nama “Menara” pada candi Singosari.
Salah satu alasan penamaan tersebut adalah karena bentuk candi yang berdiri tegak dan kokoh menyerupai bentuk sebuah menara. Namun akhirnya ditetapkan bahwa candi ini bernama Candi Singosari.

Lantas, sebenarnya apa yang unik dari Candi Singosari Malang?

Keunikan Candi Singosari Malang

Candi Singosari Malang memiliki keunikan dari segi bangunannya. Bangunan Candi Singosari Malang berbentuk seperti menara yang menjulang tinggi dan tegak.
Banyak orang yang menganggap Candi Singosari ini memiliki fungsi sebagai makam raja Kertanegara yaitu raja terakhir yang memimpin kerajaan Singosari.

sumber :http://kabardunia.com

Memang hal ini didasarkan kepercayaan umat beragama Hindu yang percaya bahwa ketika raja Kertanegara meninggal, jasadnya dibakar di laut kemudian dikumpulkan dan didharmakan di tempat pendharmaan yang berupa bangunan tinggi. Dan dipercaya bangunan tinggi sebagai tempat pendharmaan raja Kertanegara ini adalah bangunan Candi Singosari ini.

Terlepas dari kisah tentang ritual pendharmaan jenazah menurut umat beragama Hindu, Candi Singosari ini diketahui dibangun dengan cara pembangunan yang sangat unik. Cara pembangunan Candi Singosari dilakukan dengan menumpuk batuan andhesit sampai ketinggian tertentu kemudian diteruskan dengan pengukiran batu dari atas ke bawah hingga kemudian terbentuk sebuah bangunan candi yang sangat megah.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan sehubungan dengan Wisata Sejarah Candi Singosari Malang. Selamat menikmati kunjungan dan selamat menjejakkan kaki di kota Malang.