Informasi Wisata Gunung Merapi – Pagi hari merupakan saat yang pas dan cocok untuk bisaamenikmati keindahan pemandangan gunung Merapi, yakni sesaat sebelum kabut turun menutupi keindahan pemandangan dari gunung tersebut, waktu yang pas adalah sekitar jam 07.00 pagi anda sudah haru berangkan ke Kaliadem, salah satu kawasan yang sejuk di sekitaran kaki gunung Merapi, jaraknya sekitar 35KM dari Yogyakarta ke arah utara. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jogja, menjadikan Wisata Gunung Merapu ini bisa jadi alternatif wisata memacu adrenalin anda.

Keindahan dari Gunung Merapi ini tak bida terbantahkan lagi, berpadu dengan tragedi dan misteri yang menyelimuti gunung. Sehingga banyak penggila olahraga outdootr, menjadikan Gunung Merapi ini banyak dikunjungi sebagai alternatif olahraga outdoor. Jika cuaca cukup baik atau tak berkabut, anda bisa melihat jelas gunung merapi yang menjulang tinggi dan gagah di empat kota yang mengelilinginya, seperti Magelang, Klaten, Boyolali dan Sleman. Selain itu, udara yang sejuk dan keramahan penduduk sekitar, adalah salah satu bagian kecil dari keindagan gunung Merapi.

sumber : http://beritadaerah.co.id

Pasca letusan terbesarnya di tahun 2010, terdapat beberapa perubahan di tempat wisata gunung merapi ini, yang justru semakin membuat pesona keindahannya bertambah. Namun, desa yang jaraknya 4 – 6 km dari gunung merapi sudah tak dapat dihuni lagi. Sebagai pengganti, terdapat banyak hunian sementara (Huntara) bagi warga yang kehilangan huniannya. Anda juga bisa melihat beberapa jembatan yang masih terputus karena terkena lahar dingin ataupun awan panas.

Kawasan bekas letusan ditahun 2010, kini dimanfaatkan warga sekitar untuk dijadikan area wisata volkado trekking. Para wisatawan yang datang bisa melalui jejak letusan yang terjadi di waktu lalu, termasuk mengunjungi rumah mbah Maridjan, salah satu tokoh juru kunci legendaris. Di Desa Kinahrejo dan Desa Kepuharjo kini dimanfaatkan serta dikelola sebagai kawasan wisata volkano trakking.

Kaos dengan tulisan nama kedua desa tersebut dipakai warga seitar yang mengelola kawasan wisata itu. Dimana letusan tahun 2010 hanya menyisakan dua kawasan tersebut. Kawasan yang tertimbun banyak noleh material vulkanis serta diterjang lahar dingin terjadi di kawasan Desa Kepuhrejo, sehinga warga sekitarpun akhirnya sulit mengenali batas-batas dimana mereka tinggal dulu. Sehingga Desa Kinahrejo merupakan salah satu kawasan yang banyak diterjang awan panas, jika kita lihat sekarang maka keadaannya masih nampak sisa-sisa reruntuhan bekas pemukiman warga.

Selain itu, muncul tunas-tunas dari sisa tanaman yang gosong dan meranggas mulai muncul dan membentuk tanaman baru didesa-dsa tersebut. Jika anda merasa lelah menyusuri daerah itu, maka anda bisa memakai jas ojek untuk bisa melanjutkan perjalanan. Selain itu, anda juga bisa menjumpai warung penjual makanan, minuman dan toko souvenir, ada juga yang menjual kaos bergambar mbah Maridjan dan juga CD yang berisi rekaman meletusnya gunung Merapi di tahun 2010. Untuk bisa memperoleh informasi yang berkaitan dengan Gunung Merapi ini, di lokasi sudah ada pusat informasi yang dapat membantu anda.

Untuk anda yang ingin mendaki gunung Merapi ini, anda perlu memperoleh informasi terbaru tentang status Gunung Merapi, apakah dalam keadaan normal. Usai letusan besar 2010, jalur pendakian yang bisa dibilang mudah yakni melewati jalur selo boyolali. Wisata gunung merapi sendiri mampu memberi pengalaman yang tak dapat dilupakan, jika anda dapat mengamati keindahan dari lava pijar dari gunung ini yang mampu menginspirasi anda semua.

Jika ingin menyusuri lereng, anda harus menempuh waktu sekitar 5 jam dan ada baiknya pendakian dimulai dini hari sehingga anda dapat menikmati pemandangan yang begitu indah saat matahari terbit menyinari gunung merapi ini.

Lokasi :

Gunung Merapi ini letaknya di tengah pula jawa yang dikelilingi beberapa wilayah :

Lereng sisi barat masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang
Lereng sisi selatan masuk dalam wilayah Kabupaten Yogyakarta
Lereng sisi tenggara masuk wilayar Kabupaten Klaten
Lereng sisi utara dan timur masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali

Akses :

Untuk bisa sampai ke Gunung Merapi ini, ada banyak jalan yang bisa anda tempuh :

Jalur pertama : adalah melalui Desa Kinahrejo yang letaknya 2km sebelah timur Kaliurang. Dari Desa Kinahrejo menuju puncak merapi sendiri jaraknya 9km dengan waktu tempuh 10 jam yang melalui medan cukup terjal.

Jalur kedua : Lewat daerah Selo Kabupaten Boyolali yang lokasinya diantara gunung Merapi serta Gunung Merbabu. Dari Yogyakarta anda bisa naik bus hingga Kartosuro kemudian menuju Boyolali dan akhirnya anda sampai di Selo.

Harga Tiket :

Tiket wisata Volcano trekking Kepuharjo Rp. 5.000/orang
Tiket wisata volcano trekking kinahrejo Rp. 5.000/orang
Tiket parkir kendaraan Rp. 2.000/kendaraan
Ojek dari Kepuhrejo – Kaliaden Rp 35.000 – Rp. 50.000
Ojek dari Kinahrejo – bekas rumah Alm Mbah Maridjan Rp. 20.000