Informasi Taman Simalem Resort Karo Sumatera Utara – Taman Simalem Resort adalah sebuah tempat wisata yang letaknya diperbukitan barat laut Danau Toba, salah satu danau vulkanik terdalam yang ada di dunia. Taman Simalem ini terkenal sebagai salah satu tempat wisata termegah atau mewah karena letaknya yang berada di kawasan Bukit Merek Sidikalang, Sumatera Utara.┬áSelain megah, taman wisata ini juga mempunyai tempat wisata pegunungan serta pemandangan Danau Toba dengan sudut pandang sangat luas.

Kawasan wisata ini memiliki luas areal sekitar 206 hektare dan sekitar 25 hektare lahan mempunyai tanaman buah-buahan khas Sumatera Utara. Taman Simalem ini merupakan taman yang dikembangkan oleh perusahaan swasta yaknu, PT. Merek Indah Lestari yang sudah menjali kerjasama dengan perusahaan Nexus Investment dari Singapura.Tempat wisata Taman Simalem Resort ini terletak diketinggian 1500 meter diatas permukaan laut.

sumber : https://fafaahmad.wordpress.com

Kawasan wisata ini dikembangkan sebagai destinasi tujuan wisata didaerah Sumatera Utara yang memadukan konsep pertanian dengan aktivitas ekowisata dalam satu kawasan wisata terpadu.┬áSimalem dalam bahasa Batak Karo sendiri memiliki artian “nyaman dan sejuk”, sesuai tempat alamnya yang begitu sejuk sehingga membuat pengunjung nyaman. Untuk bisa menuju ke Taman Simalem Resort ini, pengunjung harus menempuh waktu perjalanan sekitar 2,5 – 3 jam melalui perjalanan darat dari Medan atau bisa dicapai dengan waktu kurang lebih 45 menit perjalanan jika dari kota Berastagi.

Selain itu, Taman Simalem Resort di Sumatera Utara ini juga sudah didukung fasilitas modern dan beragam pilihan rekreasi, seperti wisata alam yang begitu modern dengan obyek alam yang sangat spektakuler, seperti Danau Toba yang merupakan dana terbesar se-Asia Tenggara dan terdalam di dunia, dan juga ada air terjun kembar serta hutan alami hingga agrowisata, lounge cafe dan resort (villa) yang memang masih dalam rencana pembanguna oleh pihak pengelola.

Fasilitas Taman Simalem Resort

1. Pengambatan Valley atau pusat pembibitan bunga serta gazebo yang terletak ditepi sungai untuk anda dan keluarga berpiknik.

2. Toba Cafe atau restoran cepat saji dengan menawarkan pemandangan dari lapangan golf.

3. Kodon-kodon Cafe Gazebo yang menawarkan pemandangan dari Danau Toba yang indah dan memukau.

4. Karo Agrotourism Farm pusat penilitian serta pengembangan bunga, buah dan sayuran.

5. Marquisa, Orange dan Biwa Farm yang merupakan kebun buah-buahan yang ditanam alami.

6. Management Office atau kantor pengelola pusat informasi.

7. Junggle Track dan Camping Ground ataupun hutan belantara, tempat perkemahan hingga air terjun kembar.

8. Tongging Cafe, tempat sajian beragam makanan ringan.

9. Helipad atau area tempat parkit untuk helikopter.

Sementara fasilitas yang masih dalam tahap pembangunan :

1. One Tree Hill Villa Resort (hunian khuss untuk member)

2. Buddhist Temple (Arsitektus Vihara China Kuno)

3. Lapangan Golf Gorat Ni Padang (Lapangan golf nine-hole yang berada ditengah kebuh kopi dan teh)

4. Waterfall Lodge (Hunia eksklusif ditepi sungai yang berada didalam hutan alami)

5. Merek Funland (Area rekreasi serta hiburan keluarga)

6. Cable car (Transportasi penghubung antara Taman Simalem menuju tepian Danau Toba)

7. Pengambatan Zoopark (Taman satwa alami dan interaktif)

8. Tongging Lodge dan Convention and Spa (Hotel dan kos-kosan yang didukung fasilitas konvensi)

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Simalem Resort ini, anda perlu merogoh koek sekitar Rp 250.000/mobil untuk tarif masuk menuju lokasi dan sudah termasuk voucher dan beberapa hidangan yang ada direstauran Taman Simalem Resort ini.