Informasi Taman Nusa Gianyar Bali – Sebagian besar wisatawan dalam negeri ketika berlubur ke Bali tentu akan memilih menghabiskan waktu bersama keluarga, dari di pulau dewata ini begitu mendukung untuk tempat wisata terbaik keluarga Indonesia. Banyak yang bisa dipilih di Bali untuk liburan bersama keluarga dan aktivitas yang bisa dilakukan di Bali.

Baru-baru ini, ada salah satu tempat wisata anyar di Bali yang pas untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat. Ya, nama dari obyek wisata ini adalah Taman Nusa Bali. Mungkin anda bertanya-tanya, seperti apa tempat wisata Taman Nusa Bali ini?

sumber : https://laksmindirajournal.blogspot.co.id

Obyek wisata Taman Nusa Bali ini sendiri merupakan taman budaya yang berfokus pada budaya yang ada di tanah air. Di taman budaya ini sendiri ada banyak informasi yang bakal diperoleh pengunjung tentang kebudayaan dari beragam suku di Indonesia.

Pada penyajian tentang informasi kebudayaan dari beragam suku dan etnis di tanah air, Taman Nusa Bali memberikan informasi yang aktraktif dan iteraktif pada pengunjung yang bertujuan mempermudah dalam memahami segala informasi tentang kebudayaan Indonesia.

Tata ruang serta arsitektur dari Taman Nusa Bali sendiri terlihat begitu menyatu bersama alam sekitar, karena dikolaborasikan bersama pemandangan latar belakang khas alam pegunungan. Taman Nusa Bali sendiri didirikan diatas tebing yang terdapat pemandangan sungai Melangit dibawahnya. Kawasan yang satu ini dibangung diatas lahan seluas 15 ha dan disetiap bangungan, dibangun berdasarkan info perjalanan sejarah Indonesia serta kebudayaan Indonesia dari masing-masing suku dan etnis nya.

Jika kamu berlibur ke Taman Nusa Bali ini bersama keluarga atau kerabat, untuk bisa mempermudah memahami informasi yang ada, maka anda dan keluarga akan melalui satu per satu bangunan yang berkonsep berbeda-beda.

Konsep Pra Sejarah & Jaman Perunggu Indonesia

Perjalanan wisata plus buday bersama keluarga di Taman Budaya Nusa Bali ini bakal dimulai di jaman pra sejarah Indonesia dengan desain dan tata ruang khas primitif. Lalu anda bakal disuguhi tata ruang yang mirip jaman masa perunggu.

sumber : https://www.17sekians.com

Konsep Jaman Kerajaan

Kemudian perjalanan di Taman Nusa Bali ini akan dilanjutkan dengan menyurui tata ruang berkonsep masa keraja Indonesia, salah satunya ada replika kecil candi Borobudur.

Kampung Budaya

Daya tarik lain dan hal yang bisa dilihat di taman budaya di bali ini tidak hanya informasi dari sejarah, melainkan ada juga tata ruang yang memiliki ema kampung budaya dari banyak suku di Indonesia. Setidaknya ada sekitar 60 rumah tradisional yang mewakili masing-masing suku di Indonesia, tak hanya desain dari rumah suku, anda juga bisa melihat keberagaman seni dan budaya dari suku-suku yang ada di Indonesia.

Indonesia Awal, Merdeka & Masa Kini

Dikonsep Indonesia awal, pengunjung bakal disuguhi patung Maha Patih Gajah mada, Gapura Sumpah Pemuda dan Replika Candi Trowulan. Kemudian pada konsep jaman kemerdekaan, anda akan melihat patung Bapak Proklamator Indonesia, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Bung Hatta.

Guna menyuguhkan konsep Indonesia masa kini, Taman Budaya Nusa Bali ini menampilkan miniatur dengan konsep 3 dimensi (diorama) berupa miniatur kereta api dengan perbandingan skala 1:87. Ada lebih dari 50 jenis miniatur lokomotif lengkap dengan gerbong barang dan juga gerbong penumpang. Menariknya, miniatur kereta tersebut bisa bergerak karena dikendalikan otomatis oleh program komputer.

Selain ada miniatir lokomotif, ada juga tata ruang pemandangan alam dan bangunan kota Indonesia.Diorama ini memiliki luas kurang lebih 200 m2. Kemudian anda akan diajak melewati wilayah berkgaya Indonesia modern. Diwilayah Indonesia modern ini terdapat warisan dari kerajinan tangan rakyat Indonesia, yakni wayang, sulaman, batik hingga tenun tradisional. Diakhir liburan anda di Taman Nusa Bali ini, anda bisa melihat pemandangan alami berupa sawah terasering dan juga pemandangan sungai Melangit.

Fasilitas Pendukung

Di Taman Nusa Bali ini, terdapat fasilitas pendukung yang diperuntukan untuk pengunjung seperti restoran berstandar internasional, ruang pameran, auditorium, kafetaria, souvenir shop, restoran Indonesia dan sanggar.

Alamat & Lokasi Taman Nusa Gianyar

Lokasi Taman Nusa Bali ini terdapat di wilayah Kabupaten Gianyar, salah satu kabupaten di Bali ini juga banyak menyimpan obyek wisata terkenal, seperti obyek wisata di Ubud Bali. Untuk alamat dari Taman Nusa Bali ini berada di Jl. Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan Kabupaten Gianyar Bali. Atau anda bisa mencarinya di Google Map.

Nah, untuk anda yang memang baru pertama ke Bali atau anda yang tak ingin repot dalam urusan transportasi, anda bisa menyewa mobil ditambah jasa driver di Bali untuk mempermudah anda dalam mengunjungi obyek wisata Taman Nusa Gianyar Bali ini.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Bali, Taman Nusa Bali ini buka setiap hari dari pukul 09:00 – 17.00 WITA. Dan untuk bisa masuk ke obyek taman budaya ini, tentu anda harus membayar tiket masuk.

Daftar Harga Tiket Masuk Taman Nusa Gianyar Bali
Rp. 85.000/orang (untuk dewasa)
Rp. 70.000/orang (untuk anak-anak usia 2 – 12 tahun)
Bayi (usia 0 – 2 tahun), gratis