Informasi Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur – Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park adalah sebuah kawasan wisata alam dengan mempunyai luas sekitar 25.00 ha, yang terdapat di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional Baluran sendiri adalah salah satu ekosistem hutan kering di Pulau Jawa yang terdiri dari hutan mangrove, vegetasi savana, hutan pantai, hutan musim, hutan rawa, hutan pegunungan bawah dan huyan yang selalu hijau di sepanjang tahun. Dengan presentasi luas lahan sekitar 40% merupakan padang savana.

Dengan luas padang savana tersebut, Taman Nasional yang satu ini bisa dibilang padang savana terluas dan terbesar di Pulau Jawa, bahkan yang yang beranggapan kalai taman nasional ini disebut Afrikanya Pulau Jawa. Baluran juga termasuk tempat wisata yang unik dan menarik, kenapa demikian? Karena memang di taman nasional ini anda bisa melihat langsung para satwa yang hidup bebas di alam, tidak seperti di taman safari ataupun kebun binatang.

sumber : http://blog.airyrooms.com

Nah, diperjumpaan kali ini kami akan mencoba lebih dalam mengulas tentang potensi apa saja yang bisa anda jumpai jika berkunjung ke Taman Nasional Baluran Situbondo ini. Bertujuan guna memberikan wawasan lebih dan pengetahuan yang bermanfaat, sehingga mampu meningkatkan rasa kebanggaan dan kecintaan pada negeri sendiri. Di artikel ini, kami akan membagikan tentang informasi Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park.

Kekayaan alam Taman Nasional Baluran ini memang cukup banyak dan beragam, hal ini terbukti karena di taman nasional ini terdapat kurang lebih 444 jenis flora dan di antaranya ada tumbuhan khas yang sudah mampu beradaptasi dengan baik dalam ekosistem di taman ini. Tumbuhan-tumbuhan khas yang dimaksud antara lain adalah mimba (Azadiractha rutondifolia), widoro ukol (Ziziphus rutondifolia), pilang (Acacia leucophloea). Lalu terdapat tumbuhan lain seperti gadung (Dioscorea), asam jawa (Tamarindhus indica), kemiri (Aleurites moluccana), kendal (Cordia obliqua), gebang (Corupha utan), api-api (Avicennia sp.), kepuh (Sterculia foetida) dan salam (Syzygium polyanthum).

Tidak cuma memiliki keberagaam flora, namun di Taman Nasional Baluran ini terdapat aneka satwa liar, yakni sekitar 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Jenis hewan mamalia yang terdapat di Baluran ini antara lain banteng (Bos javanicus javanicus), ajab (Cuon alpinus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), rusa (Cervus timorensis russa), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), macan tutul (Panthera pardus melas), kijang ( Muntiacus munjtak munjtak) dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Dan untuk jenis burung yang ada di Taman Nasional Baluran ini antara lain tuwuk asia (Eudynamis scolopacea), layang-layang api (Hirundo rustica), ayam hutam merah (Gallus gallus), kangkareng (Antharacocros convecus), burung merak (Pavo muticus), bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus) dang bangau rangkong (Buceros shinoceros).

Lain dengan Taman Safari yang berada di kota-kota besar, dimana anda bisa melihat dengan dekat dan berinteraksi bersama satwa-satwa bahkan ada satwa yang mendekati mobil wisatawan karena mencium makanan. Tapi tidak dengan Taman Nasional Balruan, kalau para satwa disini mendengar suara bising atau suara kendaraan maka mereka akan langsung lari dan masuk ke dalam hutan. Tak jarang juga anda perlu berjalan kaki jika ingin melihat satwa yang ada di taman nasional ini.

sumber : http://infosicantik.com

Nah, untuk anda yang gemar fotografi, maka dengan mengeksplore kawasan Taman Nasional Baluran ini adalah kepuasan tersendiri karena anda bisa merasakan sensari seperti jadi jurnalis Discovey yang sedang berlomba untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Dengan gerak-gerik lucu dari para satwa asli, maka hasilnya akan sangan indah dan natural ketika anda mengabadikannya lewat fotografi. Apalagi jika anda bisa mengambil foto kawanan banteng yang jadi maskot utama dari Taman Nasional Baluran ini. Tak hanya itu, anda juga bisa mengabadikan moment dengan pemandangan matahari terbit, karena memang tempat ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang indah dan cantik.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Baluran ini, bisa dengan memakai kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 1 jam dari kota Banyuwangi. Dengan cukup membayar tiket masuk sekitar Rp 15.000 per orang, anda sudah bida mendapatkan peta kawasan Taman Nasional baluran sebagai bekal untuk berpetualang di tempat ini. Jika ingin menemukan lebih banyak satwa, disarankan untuk anda datang di pagi hari.

Untuk bisa mencapai Taman Nasional Baluran ini anda bisa mengambil dua pilihan rute, yakni

Jika dari Banyuwangi-Batangan berjarak kurang lebih 35Km lalu dilanjutkan menuju Bekol dengan jarak sekitar 12Km yang akan memakan waktu tempuh 45 menit.

Lewat Situbondo-Batangan berjarak sekitar 60km.