Informasi Taman Jomblo Pasupati Bandung Jawa Barat – Sedang mencari yang unik dan berbeda untuk anda kunjungi di kota Bandung dan sekitarnya? Mungkin anda bisa mengunjungi salah satu taman di kota Bandung yang terkenal dengan nama yang cukup nyeleneh yakni Taman Jomblo yang berlokasi persis di bawah fly over Pasupati, Tamansari, Bandung Jawa Barat.

Nah, diperjumpaan kali ini kami akan mencoba membahas lebih dalam tentang informasi Taman Jomblo di Bandung ini, dan seperti apa sih taman ini? Bagaimana tentang sejarah awalnya Taman Jomblo ini? Dan daya tarik apa yang disuguhkan taman dengan konotasi yang diperuntukan orang yang belum memiliki pasangan alias jomblo? Tentu sangat menarik untuk dibahas bersama bukan.

sumber : http://www.tempatwisatabandung.com

Taman Jomblo sendiri merupakan nama baru plus nama yang begitu populer selain nama Taman Pasupati. Kenapa bisa demikian? Karena sudah jelas, lokasi taman ini yang berada pas di bawah fly over Pasupati, Bandung. Taman tematik yang satu ini diresmikan perdana dan dibuka untuk umum ditanggal 4 Januari 2014 oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Kenapa taman yang satu ini diberi nama Taman Jomblo Bandung, mengambil istilah dari si pemberi nama Taman Jomblo sendiri yakni Kang Emil, sapaan walikota Bandung yang sempat menyandang gelas sebagai walikota terbaik Asia di acara yang digelas di Singapura itu adalah karena adanya tempat duduk ditaman tersebut dengan bentuk kubus kecil yang memiliki beragam warna dan hanya bisa diduduki oleh satu orang saja.

Kubus-kubus kecil tersebut terlihat lucu dan unik, dengan memiliki tinggi terendah 70 cm dan tertinggi 1 meter, kubus di Taman Jomblo ini begitu terlihat indah mempesona dan memukau mata setiap pengunjung yang datang ke lokasi ini atau yang sekedar lewar di ruas jalan Pasupati, menariknya lagi saat malam hari kubus-kubus ini akan menyala sesuai warnanya masing-masing, karena memang dibagian bawahnya telah dipasangi lampu, dan yang paling menarik adalah tulisan besar Taman Jomblo berwarna merah.

Selain berfungsi sebagai tempat duduk setiap pengunjung yang datang, kubus ini juga berfungsi untuk memajang hasil karya seni para senima Bandung, terutama anak muda kreatif kota Bandung. Tapi demikian, karena fungsinya yang diperuntukan sebagai tempat berkumpul warga Bandung, maka di taman ini pun terdapat bangku panjang yang bisa memuat banyak orang.

Perlu anda ketahui, sebelum disulap menjadi Taman Jomblo yang asyik dan jadi salah satu tempat hang out warga Bandung yang terkenal seperti sekarang, taman yang berada di bawah jembatan layang Pasupati ini merupakan tempat yang begitu kotor, berbatu, gelap, bahkan saking sepinya, banyak yang beranggapan kalau lokasi ini dulunya merupakan tempat yang begitu angker.

Kini, dibawah kepemimpinan kang emil (sapaan Ridwan kamil), walikota Bandung sekarang yang sekaligus arsitektur ini, wajah serta citra dari lokasi taman ini pun dirubah dengan tata pengelolaan dan perencanaan taman-taman di Bandung yang baik, dibawah tim pengelola dari pemerintah kota Bandung serta melibatkan masyarakat Bandung sendiri untuk mampu membuka ruang publik yang dapat digunakan siapa saja, terutama untuk masyarakat dalam berinteraksi dan berkumpul.

Ditaman yang hanya memiliki luas 30 m2 ini, Taman Jomblo ini sudah dilengkapi fasilitas berstandar internasional yakni adanya arena papan skateboard, sehingga Taman Jomblo Bandung ini sangat dimanfaatkan betul selain untuk tempat bertemu atau berinteraksi warganya, namun dijadikan tempat nongkrong komunitas Skateboard di kota Bandung.

Selain keunikan nama Taman Jomblo yang memiliki tempat duduk unik yang berwarna-warni dan juga menawarkan nuansa yang nyaman. Jelasnya, saat anda berpikir anda tidak bisa menjumpai tempat yang asyik untuk berkumpul bersama teman di kota Bandung, maka anda dapat mengunjungi Taman Jomblo di Bandung ini.