Informasi Taman Hutan Raya Juanda Lembang Bandung – Taman Hutan Raya Juanda bisa menjadi pilihan alternatif liburan anda bersama keluarga jika ingin menghabiskan waktu luang di Bandung, terlebih lagi bagi anda yang memang sangat menyukai wisata alam di Bandung. Taman Hutan Raya Juanda ini juga dikenal dengan nama lain Tahura Juanda, atau cukup disingkat jadi THR Juanda.

Letak dari hutan konservasi ini begitu dekat dari pusat kota Bandung. Jadi anda tidak perlu repot-repot untuk mengaksesnya, cukup naik saja menuju arah Dago Pakar maka anda akan langsung menjumpai gerbang masuknya.

Foto IG:@letsgobandung

Tahura Juanda sendiri merupakan salah satu hutan raya yang termasuk kawasan konservasi alam. Hutan konservasi yang satu ini berada dekat dari kota Bandung. Bisa dibilang ini adalah salah satu paru-paru kota Bandung.

Awalnya, hutan raya ini hanya mempunyau luas sekitat 10 hektar saja (1965), namun kini luasnya sudah mencapai 590 ha dan membentang dari wilayah Dago Pakar hingga ke akwasan Maribaya Lembang, Bandung Jawa Barat.

Tahura Juanda Bandung ini dapat anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Ada banyak tempat wisata didalam kawasan Tahura Juanda ini, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam serta tempat wisata yang ada.
Lokasi Taman Hutan Raya Juanda

Lokasi atau alamat dari Taman Hutan Raya Juanda Bandung ini sendiri berada di Dusun Pakar, Desa Cibural, Kecamatan Cimenyan Bandung Jawa Barat. Kawasan hutan konservasi ini berada di ketinggian 770 – 1330 meter diatas permukaan laut. Luas dari Tahura Juanda ini adalah kurang lebih 590 hektare dan membentang luas dari Dago Pakar hingga Maribaya Lembang.

Karena luas tanahnya inilah yang menjadikan ada beberapa pintu masuk menuju Tahura Juanda ini. Namun yang paling mudah untuk diakses adalah melalui gerbang dari Dago pakar. Walaupun demikian, gerbang-gerbang utama lainnya sudah bisa dengan mudah anda akses dan sudah mulus jalannya.

Gerbang Tahura di daerah Pakar, Dago
Anda bisa mengaksesnya melalui jalur Dago – Terminal Dago – Tahura Juanda. Jalannya sudah terbilang cukup bagus dan gampang diakses. Ada petunjuk jalan yang cukup jelas terlihat. Gerbang ini merupakan akses yang banyak dipilih dan paling mudah. Jalan akses ini juga satu jalur menuju obyek wisata tebing keraton yang ada di Bandung, yang memang masih termasuk kedalam kawasan hutan konservasi Tahura Juanda.

Gerbang Tahura di daerah Lembang
Jika anda kebetulan berada di daerah Bandung Utara atau Lembang dan ingin menikmati keindahan alam dari THR Juanda ino, anda tak perlu memutar arah menuju Dago dulu. Cukup akses langsung lewat gerbang Tahura Juanda dari Maribaya Lembang. Jalannya sudah cukup rata dan mudah diakses, letaknya pun tak begitu jauh sebelum obyek wisata Maribaya Lembang.

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Raya Juanda
Untuk harga tiket masuk Tahura Juanda ini, harganya cukup murah yakni Rp. 11.000/orang (wisatawan lokal) dan Rp. 76.000 untuk wisatawan luar. Jam buka dari Taman Hutan Raya Juanda ini adalah mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Namun jika anda berangkat lebih pagi juga biasanya sudah dibuka.