Gudeg Makanan Khas Andalan Kota Yogyakarta – Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang banyak diburu oleh para wisatawan lokal atau bahkan wisatawan dari luar negeri. Gudeg ini terbuat dari nangka muda yang di masak dengan santan.

Perlu waktu berjam-jam untuk membuat gudeg ini. warna coklat yang biasanya di hasilkan oleh daun salam yang di masak bersamaan. Biasanya gudeg ini di makan bersama dengan nasi dan di sajikan dengan kuah santan kental, ayam kampung, telur, tahu dan juga ada sambal goreng krecek.
Asal usul gudeg makanan khas Yogyakarta.

sumber :http://www.tokomesin.com

Sebenarnya masih simpang siur mengenai asal usul gudeg dan kapan gudeg di temukan. Ada beberapa versi mengenai asal usul gudeg ini. yang jelas gudeg ini adalah makanan khas dari Yogyakarta. Ada yang mengatakan bahwa gudeg ini berasal dari dalam keraton Yogyakarta.

Anggapan bahwa gudeg ini berkembang dari dalam keraton Yogyakarta sering didasarkan pada makanan kegemaran keluarga keraton Yogyakarta yakni gudeg manggar. Manggar sendiri adalah bakal buah atau putik bunga kelapa. Di bandingkan dengan gudeg biasanya yang terbuat dari nangka muda, gudeg manggar terlalu susah untuk dijumpai dan pembuatannya pun hanya di lakukan oleh orang-orang tertentu.

Kalau anda mampir ke kota Yogyakarta sebaiknya anda mengunjungi tempat-tempat gudeg terkenal dan juga enak tentunya. Jika tidak menikmati makanan khas jogja yang satu ini rasanya tidak afdol saat berkunjung ke kota sejarah ini.

Gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta yang populer akan Kelezatannya
Gudeg merupakan salah satu makanan yang menjadi icon kota Yogyakarta. Makanan yang berbahan utama nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam hingga mengental dan berubah warna.

Rasanya yang legit, gurih, dan sedikit manis tidak bisa ditolak oleh siapapun yang menyukai masakan yang satu ini. biasanya gudeg kering yang laris ini lebih enak jika disantap dengan telor beber, ayam kampung, dan sambal krecek. Degan begitu akan menambah kelezatan pada gudeg yang anda santap tersebut.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang makanan khas kota Yogyakarta yakni gudeg semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi