Daftar Pariwisata Rekreasi Curug Air Terjun yang ada di Bali – Biasanya bila kita membicarakan tentang Pulau Bali tidak akan jauh-jauh dari yang mananya pantai. Bagaimana tidak, Bali merupakan pulau kecil yang dikelilingi oleh air laut. Meski begitu, ahukah Anda bahwa Bali juga memiliki genre wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik untuk diulik, yaitu air terjun. Agar bisa membuat Anda percaya, tidak ada salahnya Anda simak penjelasan daftar pariwisata rekreasi curug air terjun yang ada di Bali berikut ini.

1. Air Terjun Dusun Kuning

Berada di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Air Terjun Dusun Kuning merupakan destinasi wisata yang layak Anda coba bila Anda suka dengan tantangan. Air terjun ini susah dikunjungi, sehingga tidak banyak orang yang datang. Untuk sampai ke sana Anda harus melewati semak-semak rindang dan batuan tebing yang terkadang sangat licing. Meski begitu, bila Anda sudah sampai di sana Anda akan disuguhkan siraman air terjun yang menyegarkan, area yang bersih dan indah, serta tanaman menjalar yang hijau rindang.

sumber : https://www.longtripmania.org

2. Air Terjun Nungnung

Selanjutnya ada Air Terjun Nungnung. Air terjun ini berada di Desa Nungnung, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Daerah di sana terbilang masih asri, sejuk, dan cocok untuk tempat rekreasi. Area di bawah air terjun cukup luas. Di sana Anda bisa menikmati aliran air yang cukup deras, sembari duduk-duduk di batuan yang ada. Sangat cocok untuk foto selfie atau sekedar bermain air bersama teman. Untuk sampai ke air terjun setinggi 50 meter ini Anda setidaknya harus menuruni ratusan anak tangga.

Air terjun nungnung image via https://tempatwisatadibali.info

3. Air Terjun Tegenungan

Bila Anda sedang ada di Denpasar, Anda bisa coba datang ke Air Terjun Tegunungan. Jaraknya kira-kira 16 km. Anda bisa datang ke sana dengan kendaraan. Air Terjun Tegunungan yang berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati ini memiliki area yang terbilang luas. Bagian tebingnya seperti setengah lingkaran. Arus air terjun yang besar membuat udara di sekitar air terjun sangat segar dan hijau. Anda bisa bermain-main disekitar air terjun. Namun hati-hati, bebatuan di sana cukup licin.

sumber : http://geomagz.geologi.esdm.go.id

4. Air Terjun Lemukih

Berada di Kecamatan Sawan, Air Terjun Lemukih merupakan salah satu destinasi wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan bila Anda sedang ada di Pulau Bali. Air terjun di sana memiliki ketinggian yang cukup minimalis, hanya sekitar 4 meter. Meski terbilang pendek, eksotismenya tidak luntur. Anda di sana bisa berenang dan bermain air di bawah air terjun. Air yang segar, bebatuan alam, serta rimbunnya tanaman merambat dan bercabang membuat suasana di sana sangat nyaman.

sumber : http://edyraguapo.blogspot.com

5. Air Terjun Kembar Gitgit

Seperti namanya, Air Terjun Kembar Gitgit memang berjumlah dua air terjun yang kembar atau mirip. Curug yang ada di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan. Di sisi lain, fasilitas modernnya pun mulai banyak bermunculan.

sumber : http://www.setapakkecil.com

Setelah mengetahui daftar pariwisata rekreasi curug air terjun yang ada di Bali tersebut, tentunya kita bisa lebih mengenal bahwa Pulau Bali bukan saja menyuguhkan pantai maupun fasilitas-failitas modern sebagai pusat pariwisatanya, namun juga ada air terjun yang mungkin bisa menjadi alternatif.

Lebih lagi bila Anda sudah bosan dengan air laut dan ingin merasakan kesegaran air pegunungan. Meskipun tidak sepopuler pantai dan hutan, air terjun yang ada di Bali bisa dibilang luar biasa dari segi estetika dan juga lokasinya. Jadi, sangat disayangkan bila Anda tidak pergi ke salah satunya.