Curug Ciherang Jonggol, Bogor – Jika berbicara objek wisata di Bogor, kurang lengkap jika kita tidak membahas soal wisata alam beserta curug yang dimilikinya. Pasalnya Bogor dan wisata alam yang dimilikinya tidak dapat dipisahkan. Diakhir tahun 2016 lalu, seperti objek wisata curug Ciherang yang termasuk kedalam ojek wisata terfavorit di bogor.

Penamaan curug ciherang sendiri diambil dari bahasa Sunda yang kalau diartikan adalah Curug “air terjun” dan Herang “bening”. Hal ini tidak lepas dari air yang dimiliki curug ini begitu jernih dan bening sehingga nama tersebut pas diberikan pada curug yang satu ini.

sumber : https://explorewisata.com

Curug Ciherang sendiri bisa dibilang baru namun karena memiliki panorama alam yang indah serta keunikan tempatnya akhirnya banyak wisatawan berbondong-bondong pergi ke objek wisata curug ini. Tak berbeda jauh dari objek wisata alam lain di Bogor, tempat ini masih memiliki suasana asri yang sejuk.

Curug Ciherang pun menyuguhkan pemandangan alam yang berbeda dari curug lain yang ada, karena ditempat ini air tidak terjun bebas melainkan mengalir secara bertingkat. Debit air curug ciherang ini cukup deras dan tidak pernah berhenti mengalir.

Di bawah curug tersebut ada aliran air mengalir melalui batu-batu besar. Disinilah anda dapat merasakan kesegaran dari air dan bisa bermain air bersama keluarga ataupun teman. Jadi, pastikan anda membawa baju ganti karena anda akan tertarik untuk mencoba basahan-basahan dicurug tersebut.

Kawasan wisata curug ciherang sendiri begitu alami dan berbeda jauh dari hirup pikuk ibukota, yang nampak hanyalah rimbunnya pepohonan yang menghiasi curug ciherang tersebut. Jadi tempat ini begitu recomended bagi anda yang sedang mencari ketenangan dari bisingnya ibu kota.

Dilihat dari sudut manapun hanya hijaunya pepohonan yang nampak, sehingga wajar jika banyak yang ketagihan untuk datang kembali ke objek wisata diBogor ini. Pepohonan lebat disekitarnya akan mnghasilkan oksigen yang banyak sehingga anda akan betah berlama-lama ditempat ini.

Spot yang pas dan menarik untuk berfoto selfie ria adalah rumah pohon serta jembatan kayu. Rumah pohon sendiri didirikan diatas pohon besar yang ada disekitar curug. Letaknya yang tinggi, menjadikan rumah pohon ini menyuguhkan pemandangan yang apik dan menawan.

Lokasi Curug Ciherang, Bogor Jawa Barat

Lokasinya berada di Desa Sinarjaya, Kec Sukamakmur, Kab Bogor Jawa Barat. Objek wisata air terjun ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00. Jika dari pusat kota Jakarta, jaraknya sekitar 40KM dan jika dari kecamatan Citeureup Cibinong, jaraknya hanya 20KM.

Rute Menuju Curug Ciherang

Dari Cibinong, anda memerlukan waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 ½ jam. Kontur jalan menuju objek wisata tersebut sudah cukup baik dan memungkinkan untuk anda yang menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Rute Alternatif Menuju Curug Ciherang

Bekasi : Bantar Gebang -> Cilengsi -> Jonggol -> Sukamakmur -> Pinus/Mekarwangi -> Curug Ciherang.
Cianjur, Citeureup atau Cipanas : Jonggol -> Sukamakmur -> Curug Ciherang.
Waktu yang pas untuk dapat berkunjung ke objek wisata curug ciherang tersebut adalah saat musim kemarau, atau setelah musim hujan berakhir. Karena jika memaksakan datang di musiim hujan, maka jalan masuk akan cukup licin dan berbahaya.

Harga Tiket Masuk ke Curug Ciherang Bogor

Tiket masuk : Rp 15.000
Parkir motor : Rp 5.000
Parkir mobil : Rp 20.000
Untuk berfoto di jembatan kayu dan rumah pohon biasanya gratis.
Tersedia juga fasilitas penunjang, seperti outbond dan fasilitas pendukung lainnya. Akses jalan menuju curug ciherang sendiri sudah dibangun sedemikian rupa agar wisatawan lebih mudah menjangkaunya.