Berwisata ke Pantai Kuta, Lombok Tengah – Bukan hanya Pulau Bali saja yang mempunyai Pantai Kuta, Pulau Lombok pun juga mempunyai nya. Yaitu terletak tepat di Pulau Lombok bagian tengah dengan pantai yang diberi nama Pantai Kuta.

Seperti di Bali, Pantai Kuta di Pulau Lombok bagian tengah ini juga ramai dikujungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Bisa dibilang Pantai Kuta ini satu-satunya pantai dari sekian banyaknya pantai di Lombok bagian selatan yang selalu ramai oleh pengunjung serta mejadi lokasi wisata favorit di Pulau Lombok bagian tengah ini. Jika anda berada di Pantai Kuta, maka anda akan menikmati sebuah pemandangan yang menakjubkan dengan suasana romantis.

pantai Kuta Lombok image via http://marlionllc.com

Lokasi Pantai Kuta

Jika anda ingin berkunjung ke Pantai Kuta, silahkan saja anda datang ke Pulau Lombok tepatnya di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk rute perjalanan menuju Pantai Kuta, jika anda memulai perjalanan anda dari kota Mataram, anda akan melakukan perjalanan sekitar 72 kilometer atau dengan waktu tempuh sekitar 90 meit perjalanan dengan menggunakan jasa sewa mobil ataupun kendaraan pribadi.

Namun, kami sarankan bila anda memang ingin berwisata ke Pantai Kuta di Lombok Tengah ini dan tidak memiliki kendaraan pribadi, ada baiknya jika anda menggunakan jasa sewa mobil atau bergabung dengan paket tour. Karena angkutan umum menuju lokasi pantai sangat jarang ditemui dan relatif mahal jika anda, serta beroperasi hanya sampai jam 3 sore saja. Pantai Kuta merupakan pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer.

Pesona alam di Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan pantai dengan pasir putihnya yang terkenal sangat lembut dan bersih. Pantai Kuta ini juga memiliki garis pantai yang lebih bergelombang dengan jajaran terumbu karang yang sehat.

Nah, jika anda melakukan kegiatan jalan-jalan santai di sepanjang Pantai Kuta bagian barat. Maka anda akan menemui sebuah bukit yang diberi nama bukit Mandalika yang merupakan sebuah tempat legenda yang konon ceritanya Putri Mandalika melompat atau terjun ke laut dari atas bukit tersebut untuk menghindari kejaran pangeran yang ingin menikahinya.

Beralih dari cerota legenda tadi iya, dengan anda berada di atas bukit Mandalikan, anda bisa menyaksikan dan melihat pemandangan Pantai Kuta secara menyeluruh dari ketinggian. Yaitu dengan air lautnya yang berwarna biru dan jernih, serta gugusan terumbu karang yang menambah kecantikan dari pantai tersebut.

Bagi anda yang hobi berenang atau menyelam, anda tidak perlu khawatir karena di Pantai Kuta ini terdapat banyak kios-kios yang menjual peralatan untuk menyelam, snorkeling, dan cendera mata yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Pantai Kuta. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok untuk kegiatan surfing karena pada waktu tertentu gelombang laut di pantai ini cukup tinggi.

Jika anda ingin menikmati suasana malam di Pantai Kuta, silahkan saja anda menginap dan menyewa hotel atau penginapan kelas bawah yang terdapat di sekitar pantai.
Itulah yang bisa kami infokan hari ini tentang berwisata ke Pantai Kuta, Lombok Tengah untuk anda. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda dan dapat anda jadikan sebagai referensi anda dalam berwisata.