Bakpia Pathok Khas Jogja, Oleh – Oleh Wajib Yogyakarta – Berkunjung ke Jogja, ada banyak hal yang harus dikunjungi dan dinikmati. Tidak hanya harus mengunjungi objek wisata sejarah, budaya dan wisata alam saja. Akan tetapi berkunjung ke Jogja juga terasa kurang jika wisata kuliner tidak dinikmati.
Ada banyak lho wisata kuliner khas Jogja yang wajib dinikmati. Tidak hanya soal gudeg saja, wisata kuliner Jogja yang wajib dinikmati. Akan tetapi ada satu wisata kuliner lagi yang patut dinikmati yaitu wisata kuliner bakpia Pathok khas Jogja. Mungkin Anda juga sudah mendengar bukan kalau Jogja terkenal dengan bakpia pathoknya?

Sebenarnya bakpia pathok khas Jogja sendiri awalnya berasal dari China namun di sekitar tahun 1918 dibawa dari China dan dikembangkan di Jogja hingga sampai saat ini kuliner bakpia pathok ini dikenal sebagai bakpia khas Jogja dan banyak sekali peminatnya. Mungkin Anda juga salah satunya yang berminat dengan bakpia pathok khas Jogja ini?

Rekomendasi Bakpia Pathok Khas Jogja

Jika bicara soal bakpia, awalnya bakpia memang dibawa dari China ke Indonesia. Bakpia sendiri pada awalnya merupakan sebuah roti kecil dengan bentuk bulat yang didalamnya memiliki isian rasa manis bercampur kenyal karena rasa ini berasal dari daging. Dan awalnya daging yang digunakan adalah daging babi. Namun seiring dengan perkembangan zaman serta karena di Indonesia mayoritas masyarakatnya adalah muslim, kemudian berkembang. Bakpia yang dikenal di Indonesia adalah bakpia dengan isian rasa manis yang berasal dari kacang hijau yang diolah. Dan sampai sekarang ini bakpia khas Indonesia memang terkenal dengan jenis isian kacang hijau yang diolah ini.

Salah satu bakpia yang terkenal dan populer di Indonesia yaitu bakpia pathok khas Jogja. Bakpia ini dikenal dengan nama bakpia pathok karena awalnya sentra pembuatan bakpia yang populer di Jogja adalah daerah Pathok atau yang banyak disebut juga dengan daerah Pathuk yang sekarang ini namanya sudah berubah menjadi Jl Aip II KS Tubun. Lokasinya di sebelah barat Malioboro sehingga tak heran kalau tempat ini sering dikunjungi wisatawan yang sedang mencari oleh – oleh berupa bakpia legendaris Jogja yaitu bakpia Pathok.

Disana saat ini sudah banyak sekali toko – toko yang banyak menjual oleh – oleh bakpia dengan beraneka ragam merk dan rasa. Jika di awal kemunculannya bakpia Pathok lebih dikenal dengan isian berupa kacang hijau, akan tetapi saat ini banyak pilihan akan varian rasa bakpia yang bisa dicoba mulai dari varian rasa bakpia keju, cokelat, cappucino, kopi, strawberry, buah – buahan lain, dan masih banyak lagi. Dan jika bicara soal merek bakpia yang terjual, kebanyakan merek – merek yang terpasang di depan toko mereka adalah merek bakpia yang ditulis dengan angka – angka. Beberapa merek bakpia Pathok yang cukup terkenal diantaranya bakpia Pathok 25 dan 75.

Bakpia sendiri sebenarnya dibuat dengan cara pembuatan yang sangat khas. Benar – benar khas. Lalu, seperti apa sih proses pembuatan bakpia?

Bakpia ini dengan segala varian rasa yang bisa dipilih dibuat dengan berbagai langkah untuk menghasilkan sensasi rasa yang menggoda lidah. Bakpia dibuat dengan cara membuat isinya terlebih dahulu. Anda tentukan mau buat isi apa. Apakah olahan kacang hijau, keju, cokelat atau yang lainnya.
Setelah itu jika sudah dibuat isinya, kemudian mulai prosesnya lagi dari proses pembuatan adonan kulit bakpia, pembuatan isi, proses pemberian isi pada kulit bakpia, pemanggangan sampai pengemasan bakpia. Nah, dalam proses pengemasan bakpia ini di Jogja sendiri dibuat dan dikemas dengan banyak label tergantung dengan produsennya. Dan memang merek atau label yang paling terkenal yaitu bakpia pathok khas Jogja 25 dan 75 yang konon ini merupakan nomor rumah si pemrakarsa bakpia. Sangat unik dan sedikit terdengar lucu ya?.

Jika Anda mencari bakpia pathok khas Jogja, Anda tidak hanya bisa menggunakannya sebagai oleh – oleh saja, akan tetapi Anda juga bisa menikmatinya secara langsung ketika bakpia ini baru selesai dibuat karena Anda juga bisa langsung mengunjungi gerai bakpianya di Jogja. Jadi, Anda bisa menikmati bakpia hangat yang sangat spesial. Kalau bahasa kerennya itu fresh from the oven. Siapa sih yang tidak ingin mencoba sensasi bakpia yang dibuat secara fresh dari opennya? Mungkin banyak yang ingin menikmatinya karena memang jarang – jarang bisa menikmati bakpia secara fresh langsung dari produsen pembuatannya dan mencicipi yang masih hangat atau yang masih fresh from the oven.

Di Jogja sendiri ada banyak gerai bakpia yang bisa Anda kunjungi. Biasanya bakpia ini dijual perkotak. Dengan isian perkotak sekitar 20 isi yang harganya sekitar 25 sampai dengan 30 ribu rupiah. Namun jika memang Anda menggunakan jasa travel agent, jasa becak ataupun Andong, maka harga bakpia akan lebih murah. Jika biasanya Anda akan mendapat bakpia perkotak dengan harga 25 ribu misalnya, maka jika Anda menggunakan jasa travel agent, jasa becak atau andong harganya bisa 22 ribu saja. Mengapa akan ada selisih harga? Karena itu memang prinsip bisnis Jogja, simbiosis mutualisme jadi tercipta saling menguntungkan diantaranya. Selisih tersebut nantinya diberikan kepada jasa yang Anda gunakan supaya tercipta bidang bisnis tanpa perselisihan atau simbiosis mutualismenya. Bahasa Jogjanya yang terkenal itu trickle down effect.

Jika Memang Anda sedang berjalan – jalan di Jogja dan ingin mencari oleh – oleh bakpia pathok khas Jogja, tenang saja karena Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Datang saja ke sekitar Malioboro dan berbagai gerai bakpia akan Anda temukan. Jam bukanya juga panjang kok. Anda bisa menemukannya mulai dari pukul 06.00 pagi sampai jam 24.00 malam. Jadi Anda bisa mampir dulu ke beberapa tempat wisata yang ada di Jogja. Anda bisa jalan – jalan baik di wisata alam, wisata sejarah, ataupun wisata budaya di Jogja. Pastinya pengalaman seru bisa Anda dapatkan, baru sepulangnya Anda langsung cari bakpia. Mau cari yang dibawa oleh – oleh ataupun yang fresh from the oven juga bisa dengan mudah menemukannya.

Didalam perkembangan bakpia pathok khas Jogja sendiri, ada banyak varian pilihan bakpia. Mau tahu apa saja varian bakpia Pathok?

Varian Bakpia Pathok Khas Jogja

Tentunya ada banyak varian bakpia pathok khas Jogja. Jadi jika mungkin memang Anda sudah bosan dengan varian bakpia kacang hijau, Anda bisa langsung beralih memilih varian bakpia pathok khas Jogja yang lainnya. Lantas, apa saja varian bakpia pathok khas Jogja?

Diantaranya varian bakpia pathok khas Jogja yang harus Anda nikmati yaitu :

Bakpia Cokelat

Bakpia Cokelat image via Tokopedia.com

Bakpia pathok cokelat? Seperti apa ya rasanya? Mungkin masih akan banyak orang bertanya – tanya dan penasaran seperti apa cita rasa bakpia cokelat. Dan pemikiran orang di awal tentang bakpia cokelat pastinya enak atau tidak. Dan tenang saja, bakpia pathok cokelat ini sangat nikmat.
Kalau Anda suka dengan makanan atau camilan yang didominasi dengan rasa cokelat gurih maka bakpia pathok cokelat ini memang layak untuk Anda pilih. Namun memang varian bakpia yang satu ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Selain varian rasa ini, varian rasa bakpia pathok yang lainnya yaitu ….

Bakpia Keju

Rasa gurih pada keju memang diandalkan banyak orang. Banyak orang suka bakpia keju karena punya rasa gurih yang berbeda dengan kebanyakan bakpia lainnya. Belum lagi rasa asinnya wow memang benar – benar menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Kelembutan bakpia keju juga pantas dinikmati siapa saja yang berkunjung ke Jogja.

Bakpia Rasa Buah

Bakpia Rasa Buah image via https://selerasa.com

Bakpia rasa buah? Seperti apa ya rasanya? Pastinya banyak yang penasaran karena memang rasa buah adalah bakpia yang paling unik. Bakpia rasa buah ini sebenarnya tidak jauh beda dengan nastar isi buah. Biasanya buah yang digunakan untuk isian bakpia rasa buah ini adalah buah – buah yang bisa disulap menjadi selai seperti buah nanas, buah strawberry, buah melon dan lainnya. Dan Anda bisa pilih varian rasa buah sesuai yang Anda suka.

Bakpia Kacang Hijau

Bakpia Kacang Hijau image via https://selerasa.com

Kalau yang satu ini pastinya sudah tidak membuat Anda penasaran karena memang sejak awal terkenalnya bakpia di Indonesia memiliki isian kacang hijau. Banyak orang juga suka dengan rasa bakpia klasik ini karena memang memiliki idealisme rasa yang dipertahankan. Dan Anda juga wajib mencicipi rasanya!

Bakpia Kumbu Hijau Dan Hitam

Bakpia Kumbu Hijau Dan Hitam image via http://kurniasarijogja.blogspot.co.id/

Bakpia yang satu ini juga sudah melegenda. Sangat spesial di Jogja. Banyak orang suka juga dengan bakpia kumbu hijau dan hitam. Namun memang kebanyakan yang suka dengan bakpia kumbu hijau dan hitam ini adalah orang – orang dewasa yang suka cita rasa kuliner vintage. Sementara untuk anak – anak biasanya lebih suka dengan bakpia cokelat, keju dan kacang hijau.

Bakpia Ketela Ungu

Bakpia Ketela Ungu image via http://www.info-jogja.com/

Kalau disulap menjadi aneka kuliner, ketela ungu paling terkenal dijadikan sebagai kripik. Tetapi di Jogja, ketela ungu yang melegenda lebih dikenal digunakan sebagai isian bakpia. Anda yang suka dengan sensasi ketela ungu yang manis legit, bisa mencoba bakpia ketela ungu ini.

Demikian sedikit informasi tentang bakpia pathok khas Jogja yang bisa kami berikan untuk Anda. Sedang mencari aneka bakpia pathok? Sangat cocok Anda berkunjung kesini. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.