Air Terjun Tilu Leuwi Opat Bandung Barat – Jika anda sangat menyukai wisata air terjun, mungkin kawasan Bandung Barat sangat pas untuk anda kunjungi. Hal ini karena dikawasan itu banyak sekali wisata air terjun, salah satunya adalah curug yang begitu terkenal Curug Dimahi dan Curug Pelangi. Dan, seiring dikenalnya curug pelangi, ada saudaranya yang masih satu sumber sungai pun banyak dijadikan destinasi wisata baru untuk dikunjungi. Obyek wisata air terjun yang satu ini pun kian dikenal di sosial media. Lokasinya berada di kawasan Parongpong kini sekarang ada salah satu tempat hits, yakni Curug Tilu Leuwi Opat. Perpaduan alam yang indah dan eksotis dengan ditambah beragam air terjun dan berbagai fasilitas pendukung, curug ini akan jadi tujuan wisawatan.

Nama Curug Tilu sendiri berarti “air terjun tiga”, hal ini karena disana terdapat tiga tingka aliran sungai. Aliran air terjun tersebut membentuk kolam (leuwi) alami yang begitu indah. Untuk lokasinya, Curug Tilu Leuwi Opat ini berada tak jauh dari Curug Cimahi serta Ciwangun Indan Camp (CIC). Tempat wisata air terjun di Bandung Utara ini berbatasan langsung dengan kebun pinus yang dilalui oleh aliran sungai menuju Curug Cimahi dari hulu sungai atau situ Lembang. Kawasan wisata air terjun seluas 5 hektare ini menyuguhkan pesona alam yang hijau. Disini juga biasa dijadikan lokasi modeling sebagai desa wisata siaga bencana alam patahan Lembang, kegiatan outbond, pengenalan Bandung purba dan lainnya.

sumber : http://paketbandung.com

Ada banyak tempat wisata yang dapat anda jadikan sebagai tujuan wisata, Curug Leuwi Tilu Opat dan tempat lainnya dengan menawarkan tingkat beragam kesulitan. Terdapat juga wahana permainan luar ruangan yang dapat anda lakukan di kawasan curug yang satu ini, seperti outbond, tempat camping, paintball, rappeling, panjat tebing, arung jeram, dan lain-lainnya. Untuk wisata jelajah alam, terdapat gua lalay serta gua toke.

Fasilitas pendukung yang disediakan pihak pengelola pun sudah terbilang lengkap, dari mulai tempat parkir, warung-warung makanan ringan, camping ground, toilet, masjid dan wahana permainan.

Rute Menuju Curug Tilu Leuwi Opat

Dari arah Cimahi

Jika anda memulai perjalanan dari Cimahi, pertama ambil arah menuju Jl. Kolonel Masturi ke arah Parongpong. Jalan untuk masuk ke kawasan wisata air terjun ini ada di sebelah kiri jalan raya, dimana didepanya ada Gerbang Wana Wisata Ciwangu Indah Camp (CIC). Setelah masuk, anda perlu melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak dengan jarak sekitar 4km.

Dari arah Bandung

Dari sebrang jalan di terminal Ledeng, anda ambil arah kiri menuju Jl, Sersan Bajuri -> Kampung Gajah -> terus menuju ke arah Jl. Tol Masturi/Parongpong. Kemudian, setelah anda sampai di Universitas Advent, anda ambil arah ke Ciwangun Indah Camp, sebelum obyek wisata Curug Pelangi. Atau bisa juga dari arah Gapura Lembang, anda ambil arah ke Jl. Kolonel Masturi.

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat
Kp Ciwangu, Desa Cihanjuang Rahayu, Kec Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Harga tiket masuk

Rp 10.000/orang.