Air Terjun Sipiso-piso Sumatera Utara – Diperjumpaan kali ini kami akan mencoba menunjukan sebuah obyek wisata menakjubkan, yakni Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun yang satu ini adalah salah satu tempat wisata yang berada di Pulau Sumatera. Posisi pasnya berada di kabupaten Karo, Sumatera Utara yang jaraknya tak begitu jauh dari pemukiman warga sekitar Desa Tongging. Air terjun Sipiso-piso ini begitu indah dan menawarkan udara sejuk karena memang berada di daerah perbukitan dengan ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut serta dikelilingi hutan-hutan pinus.

Air terjun Sipiso-piso sendiri mempunyai ketinggia 120 meter dan termasuk kedalam salah satu air terjun paling tinggi yang ada di Indonesia. Kehadiran air terjun ini menjadikan kawasan Kabupaten Karo jadi salah satu tempat wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

sumber : https://metrorakyat.com

Anda akan dibuat terkagum-kagum saat anda berada di tempat wisata air terjun Sipiso-piso, dan cobalah untuk mengunjungi Desa Tongging dimana tempat itu merupakan asal sumber air dari air terjun Sipiso-piso ini. Sebelum anda memasuki kawasan air terjun ini, anda bisa mencoba mengunjungi gardu pandang yang letaknya berada di puncak bukit. Karena anda bisa melihat indahnya hamparan tanah karo. Selain itu, anda juga bisa menikmati keindahan dari pulau Samosir yang berada pas ditengah Danau Toba.

Setelah anda puas menikmayi pemandangan yang begitu indah, anda dapat kembali melanjutkan perjalanan dengan menulusuri perbukitan untuk bisa bermain atau bercengkrama denngan keindahan dari air terjun Sipiso-piso ini. Anda tidak perlu merasa khawatir atau takut saat melewati perbukitan tersebut, karena memang pihak pengelola sudah menyediakan jalur berupa anak tangga yang sengaja dibuat untuk lebih memudahkan para wisatawan. Setidaknya anda akan menempuh waktu sekitar 1 jam karena memang rutenya cukup jauh dan sedikit sulit untuk bisa sampai ke dasar air terjun Sipiso-piso ini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen selama perjalanan lewat lensa kamera.

Sesampainya didasar air terjun Sipiso-piso yang indah ini, maka anda arahkan pandangan ke bukit-bukit yang mengelilinginya. Peraduan warna hijau dari hutan pinus serta gemuruh suara air terjun ini, akan semakin membuat anda betah berlama-lama berada dikawasan wisata air terjun ini. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan, karena setelah bermain air tentu anda akan merasa lelah dan lapar.

Untuk lokasinya, Air Terjun Sipiso-piso ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kurang lebih jarak Kecamatan merek dari Kota Kabanjahe sekitar 24km.

Akses

Jika anda mengunjungi air terjun ini memakai kendaraan umum dari Medan, anda bisa menaiki bus berjurusan Kota Kabanjahe dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setelah anda sampai di Kabanjahe, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus lagi jurusan Danau Toba. Perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 30 menit dan berjarak 24km.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang adai di wisata air terjun Sipiso-piso ini cukup memadai, misalnya sudah ada tempat parkir kendaraan dan juga warung makan. Untuk masalah penginapan, anda bisa menjumpainya di Desa Kabanjahe dan juga Desa Tongging. Disana juga telah tersedia toko souvenir, sehingga anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman dirumah. Jika memang masih memiliki banyak waktu, maka sempatkanlah untuk berkunjung ke air terjun dua warna yang berada tak jauh dari lokasi.