Air Terjun Silawe Magelang – Pernahkah anda berkunjung ke tempat wisata air terjun Curug Silawe Magelang? Ternyata Kabupaten Magelang tak cuma terkenal akan Candi Borobudur nya saja, namun juga mempunyai tempat wisata lain yang belum terjamah banyak orang. Salah satunya curug silawe ini, yang tempatnya berada di wilayah Kecamatan Kajorang, Magelang Jawa Tengah. Memang, tempat wisata air terjun ini masih belum banyak dikenal orang, tak seperti air terjun Curug Sewu yang sudah cukup banyak dikenal orang. Tapi, masalah pemandangan dan keindahan alam yang ditawarkan obyek wisata ini tidak kalah dari obyek wisata air terjun lainnya.

Curug Silawe sendiri letaknya berada di selatan wilayah lereng Gunung Sumbing, dataran tinggi Dien yang mempunyai ketinggian hingga 500 mdpl. Curug Silawe sendiri mempunyai ketinggian 60 meter dan memiliki dua aliran air terjun. Air terjun pertama mempunyai debit air yang cukup besar, sementara aliran kedua mempunyai debit air kecil.

sumber : https://visitmagelang.id

Untuk nama Curug Silawe sendiri diambil dari bentuk air terjun yang seakan-akan mirip lawe (sarang laba-laba di bahasa jawa). Dibawah aliran air terjun ini mempunyai sebuah kolam yang terbentuk akibat adanya hempasan air dari air terjun yang jatuh di atas tebing. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di kolan itu, karena memang kolamnya tak terlalu dalam. Air nya yang sejuk akan membuat tubuh terasa segar ketika anda berenang dalam kolam di curug silawe ini.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke curug silawe ini, rute menuju lokasi air terjun itu cukup jauh. Dari kota Magelang anda bisa melewati wilayah Krasak, memang perjalanan akan terasa cukup jauh. Walau jauh, namun perjalanan yang anda lalui akan terasa menyenangkan karena pemandangan alam sekitar begitu indah, barisan hijau persawahan warga sekitar yang teraseringnya dibatasi perbukitan terlihat jauh dibelakang persawahan. Keindahan alam seperti ini bakal lebih indah jika anda melewatinya saat musim panen atau sedang dalam masa tanam. Walaupun lewat areal persawahan, namun udaranya sangat sejuk dan tidak begitu panas.

Setelah anda memacu kendaraan cukup lama, maka anda akan menjumpai perempatan wilayah Kalurahan Sutopati, jaraknya kurang lebih 2km dengan kontur jalan beraspal yang masih mulus. Di perempatan Balai Desa Sutopati, usai melewati SD Sutopati 2, maka ambil jalan lurus yang menanjak. Setelah dari sini, maka jalannya mulai menyempit dan jika ada 2 mobil berpapasan, maka salah satu mobil tersebut harus berhenti dan menepi dulu.

Walaupun memang jalannya telah beraspal, namun kualitas aspalnya untuk jalan kampung. Sekitar 1km setelahnya, jalan beraspal mulai habis dan akan melalui jalan yang dilapisi bebatuan saja, sehingga akan sedikit menyulitkan anda ketika mengendalika laju kendaraan anda. Terlebih lagi ada beberapa tanjakan curam serta cukup tinggi. Namun sepanjang jarak 2 km ke lokasi akan menyuguhkan pesona alam yang sangat luar biasa.

Rasa lelah dan cape setelah menempuh perjalanan jauh menuju Curug Silawe Magelang ini akan langsung terbayar lunas dengan pemandangan air terjun yang begitu eksotis di sekitar air terjun. Pemandangan alam sekitar yang begitu indah berpadu dengan udara yang sejuk akan sangat memanjakan para wisatawan dan mampu mengobati kelelahan tubuh akibat aktivitas sehari-hari. Jadi, tunggu apalagi, jika memang anda sangat menyukai petualangan ke tempat yang memang belum banyak terekspos, maka air terjun Curug Silawe ini wajib anda kunjungi.