Air Terjun Sigura-gura Sumatera Utara – Air terjun sigura-gura merupakan salah satu obyek wisata alam unggula untuk masyarakat di sekitaran Provinsi Sumatera Utara, terutama bagi masyarakat sekitar Kabupaten Toba Samosir. Air terjun yang satu ini termasuk air terjun tertinggi di Indonesia degan memiliki ketinggian hingga 250 meter. Ketinggian air terjun sigura-gura ini mengalahkan ketinggian air bterjun Madakaripura (200 m) dan air terjun Payakumbuh (150 m). Letak dari air terjun sigura-gura ini berada di Kabupaten Toba Samosir yang merupakan tanah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba, atau tepatnya berada di 250 km di pusat kota Medan.

Saat mendengar nama sigura-gura di Sumatera Utara, semua orang tentu akan membayangkan air terjun cantik dengan tinggi 250 meter atau memabayangkan sebuah bendungan beton besar sebagai bendungan untuk membendung air sungai asahan yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Tapi sebenarnya, kawasan air terjun Sigura-gura ini tak hanya sebatas kawasan wisata air terjun atau bendungan. Namun, kawasan sigura-gura ini menawarkan pemandangan alam yang begitu indah dan menawan. Berada takjauh dari obyek wisata danau toba, menjadikan air terjun sigura-gura ini ramai didatangi wisatawan, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Siapapun yang datang ke lokasi wisata ini akan merasakan sensasi sejuk, sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran fresh lagi.

sumber : https://ksmtour.com

Dari kejauhan, air terjun ini terlihat seperti air terjun besar yang menjulang tinggi. Bahkan, suara gemuruh airnya pun terdengardari kejauhan. Air terjun yang satu ini memang mengalirkan debit air yang begitu deras dan besar. Air dari air terjun ini sumbernya dari sungai asahan, dimana air sungai asahan tersebut berasal dari Danau Toba. Sungai-sungai tempat aliran air terjun Sigura-gura sendiri seringkali dijadikan ajang kompetisi olahraga air, misalnya rafting tingkan nasional hingga internasional.

Sesudah anda memasuki kawasan air terjun sigura-gura ini, anda akan langsung disuguhi dengan udara sejuk karena memang banyak terdapat pepohonan yang mengelilingi sekiatar air terjun sigura-gura ini. Kawasan wisata sigura-gura sendiri adalah wilayah yang dikelilingi perbukitan yang membentang dari ujung utara Provinsi Aceh sampai ujung selatan provinsi Lampung pulau Sumatera. Rangkaian pegungan disekitar kawasan sigura-gura ini mempuntai puncak tertinggi, yakni Gunung Kerinci di Jambi. Untuk kawasan air terjun sigura-gura sendiri dilalui pegunungan Bukit Barisan, sehingga pemandangan alamnya begitu indah, apalagi ditambah dengan adanya lembah, jurang, tebing batu, celah gunung hingga kawasan hutau hijau yang indah.

Bagi anda yang ingi berkunjung ke kawasan wisata air terjun Sigura-gura dari kawasan Medan, cukup memulai perjalanan menuju kabupaten Toba Samosir. Namun jaraknya cukup jauh, yakni seitar 250km dari kota Medan menuju Kabupaten Samosir. Anda bisa memakai kendaraan pribadi atau kendaraan umum, misalnya bus dengan jurusan Kabupaten Toba Samosir. Selama perjalanan, anda akan disuguhkan pemandangan dari danau Toba yang begitu indah, karena memang jalur yang dilalui melewati kawasan Danau Toba.