Air Terjun Sekumpul Bali – Berwisata ke Bali tidak Cuma menikmati keindahan pantai yang memang menjadi ikon daerah tersebut. Namun bagi anda yang ingin berwisata yang tidak mainstream di Bali, mungkin anda bisa mengunjungi obyek wisata air terjun sekumpul yang memang sudah terkenal hingga ke mancanegara, karena para wisatawan tidak cuma disuguhkan oleh satu atau dua air terjun, tapi banyak dan termasuk kedalam dafftar obyek wisata air terjun tersembunyi di bagian Utara Bali, karena memang memerlukan usaha ekstra untuk bisa sampai ke lokasi air terjun itu.

Nama sekumpul sendiri diambil dari sekumpulan air terjun yang mencapai 7 air terjun, mungkin dari situlah air terjun ini dinamakan air terjun sekumpul atau turis asing menyebutnya dengan sevent point waterfall. Sementara warga sekitar menyebutnya air terjun Pemuatan.

sumber : https://www.danamertabali.com

Dari ketujuh air terjun sekumpul, hanya ada dua air terjun yang berjarak cukup dekat dengan jalan utama, sementara sisanya bisa anda kunjungi dengan perjuangan ekstra, karena tersembunyi didalam hutan. Ketika musim penghujan tiba, kedua air terjun tersebut mempunyai warna air berbeda dimana yang satu berwarna jernih karena airnya berasal dari mata air diatas perbukitan. Sementara yang satunya berwarna kecoklatan karena berasal dari mata air sungai didesa Sekumpul.

Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun serta pegunungan yang begitu asri dan sejuk, pengunjung juga bisa melakukan foto prewedding berlatarkan aoir terjun atau sekedar berfoto selfie ria bersama teman atau keluarga.

Untuk lokasinya, air terjun sekumpul ini berada di desa sekumpul, Kec Sawan, Kab Buleleng Bali. Jaraknya sekitar 76km dari kota Denpasar dan sekitar 20km dari Singaraja. Waktu tempuh untuk sampai ke lokasi sekitar 2,5 jam dari Denpasar. Mengingat lokasi air terjun sekumpul itu sangat jauh, kami sarankan anda untuk menyewan jasa sewa mobil ditambah driver di Bali untuk menghindari cape dan tersesat nantinya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung menikmati pemandangan air terjun Sekumpul sambil trekking. Ada baiknya anda berkunjung dan trekking di pagi hari, waktu yang pas adalah sekitar jam 07.00 – 08.00 pagi waktu setempat. Kenapa harus di pago hari? Hal ini karena prediksi hujan di pagi hari lebih kecil ketimbang di sore hari, jika terjadu hujan tentu jalanan akan licin dan anda perlu hati-hati untuk melewatinya.
Kalau memang anda berencana untuk berkunjung ke air terjun sekumpul ini, ada baiknya anda terlebih dulu menyiapkan kendaraan, pastikan dalam kondisi baik dan bagus, karena memang medan jalan yang akan dilalui cukup terjal dan berbelok-belok.

Sebelum anda melakukan sekumpul waterfall trekking, anda harus terlebih dulu menuruni anak tangga untuk bisa sampai di lokasi air terjun Sekumpul tersebut. Sesampainya dilokasi, anda akan dikenakan biaya tiket masuk, sekitar Rp 2.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp 5.000/orang untuk wisatawan mancanegara.