Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur – Air Terjun Mardakaripura merupakan salah satu air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo Jawa Timur. Air terjun Mardakaripura ini mempunyai ketinggia kurang lebi 200 m diatas permukaan laut dan memiliki bentuk ceruk yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi menjulang dan menteskan air seperti tirai hampir di seluruh bidang tebing seperti hujan, bahkan 3 diantaranya keluar deras membentuk air terjun tambahan. Setidaknya terdapat 5 air terjun di lokasi air terjun Mardakaripura ini dengan air terjun uatam terletak di ujung ruangan berbentuk lingkaran dengan diameter 25 m

Bagi masyarakkat sekitar Probolinggo dan sekitaran Jawa Timur, air terjun yang satu ini memiliki cerita yang kental akan nuansa magis, legendannya selalu ditularkan pada setiap pengunjung yang memang baru pertama kali mengunjugi tempat wisata air terjun ini. Lokasi yang pas berada di ujung lembah, tepatnya pas di kak bukit pegunungan Tengger, menjadikan para wisatawan untuk mengursan energi untuk bisa sampai ke lokasi.

air terjun madakaripura image by https://tempatwisataunik.com

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura secara administratif berada di Desa Sapih, Kec Lumbang, Probolinggo Jawa Timur. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil, anda bisa memulai perjalanan dari Surabaya atau Malang.

Jika dari Surabaya, anda akan memakan waktu perjalanan selama 3 jam. Rute nya dari Surabaya -> Sidoarjo -> Porong -> Pasuruan -> Tongas -> saat dipertigaan, anda belok kanan atau ke arah Air Terjun Madakaripura (waktu tempuh 20-30 menit) -> sampai ke Kecamatan Lumbang -> didekat Pasar Lumbang anda belok kanan -> lalu ikuti arah yang menuju ke lokasi air terjun -> Pintu masuk utama Air terjun Madakaripura -> Tempat parkir kendaraan. Sesampainya di tempat parkir, anda masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 1km dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Untuk tiket masuk, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000/orang dan Rp 3.000/kendaraan (motor)

Sementara jika anda naik kendaraan atau angkutan umum, dan memulainya dari Probolinggi, anda harus melalui rute : Terminal bis Banyuangga Probolinggo -> Naik bis jurusan Tongas/Lumbang (bilang ke kondektur bis jika ingin pergi ke air terjun Madakaripura, tarif bis sebesar Rp 5.000/orang) -> anda akan berhenti di pertigaan Tongas -> lalu melanjutkan perjalanan naik angkor ke pasar Lumbang -> setelah itu, naik ojek ke lokasi (tarif Rp 10.000) -> sampai di pintu gerbang utama Air Terjun Madakaripura.

Keindahan dari Air Terjun Madakaripura

Dibalik air terjun utama ada sebuah goa yang untuk bisa mencapainya sangat sulit karena perlu melewati kolam air dengan luas sekitar 25 m2 yang persis berada di bawah air terjun utama tersebut. Untuk kedalaman kolamnya sendiri sekiar 7m dan mempunyai arus yang cukup deras, sehingga akan memacu adrenalin anda jika ingin masuk kedalam goa tersebut.

Madakaripura sendiri menurut warga setempat berarti “tempat terakhir”, konon nama ini diambil dari cerita jaman dulu yang turun temurun, konon Patih Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya untuk bertapa atau bersemedi di air terjun ini (didalam goa yang terdapat di air terjun utama). Cerita ini juga diperkuat dengan terdapatnya [atung atau arca Gajah Mada di area parkir lokasi air terjun ini.