Air Terjun Jumog Karanganyar Jawa Tengah – Didaerah Karanganyar Jawa Tengah, terdapat banyak kawasan wisata alam yang begitu populer, salah satunya air terjun Jumog. Tempat wisata air terjun tersebut berlokasi di Desa Berjo, Kec Ngargoyoso, Kab Karanganyar Jawa Tengah.

Kawasan wisata air terjun Jumog sendiri berjarak kurang lebih 40 km ke arah timur dari kota Solo. Jika anda berangkat dari Solo ke Tawamangu, nantinya setelah anda sampai di pertigaan pasar karangpandan dan para wisatawan dapat mengambil arah kiri ke Ngargoyoso. Karena jika anda mengambil arah kanan, itu menuju ke lokasi wisata Tawangmangu.

sumber : http://wisatanusantaraonline.blogspot.com

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun Jumog Karanganyar ini, anda bisa menggunakan kendaraan umum, bisa naik bus dari Solo menuju terminal Karangpandan. Lalu setibanyak diterminal anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bis lagi menuju Nglogrok. Setelah itu, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek, biasanya dikenakan tarif Rp 45.000 untuk sampai ke lokasi. Harga tersebut belum pasti, tergantung pada negosiasi anda dan tukang ojeknya.

Setelah anda sampai di tempat parkir air terjun jumog, anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 400 meter. Namun perjalanan tidak akan terasa melelahkan karena jalan menuju lokasi sudah tertata dengan baik, sehingga aman dan tidak membahayakan para wisatawan.

Harga tiket masuk ke kawasan Air Terjun Jumog sendiri terbilang murah meriah, yakni Rp 3.000/orang dan dikenakan biaya parkir Rp 10.000/kendaraan.

Disepanjang perjalanan menujul air terju Jumog ini, anda akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan alam yang asri dan sejuk, jadi perjalanan tidak akan terasa melelahkan. Ditambahlagi suara hewan yang ada dihutan sekita, seperti kicau burung yang membuat suasana terasa semakin asri dan alami.

Ketinggian dari air terjun Jumog sendiri sekitar 30 meter. Jika beruntung, pasa wisatawan akan akan disuguhi pelangi yang indah dan seringkali muncul di air terjun Jumog tersebut. Air terjun jumog sendiri dikenal juga sebagai “Surga yang Hilang” oleh masyarakat sekitar ataupun para wisatawatn yang berkunjung ke sana.

Fasilitas yang ditawarkan oleh air terjun Jumog ini sudah cukup lengkap, seperti area permainan anak, kolam renang, rest area, gazebo untuk beristirahat, dan lainnya.

Untuk para wisatawan yang ingin menginap atau bermala di air terjun Jumog ini, anda tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi air terjun ada cukup banyak cottage serta homestay dengan harga bervariasi, dari yang termurah hingga yang termahal. Jangan lupa juga menikmati kuliner khas yang ada di lokasi air terjun tersebut, misalnya sate ayam dan sate kelinci yang begitu enak dan nikmat.