Air Terjun Grenjengan Pacet Mojokerto – Tempat wisata di kawasan Pacet sudah sangat terkenal sebagai salah satu destinasi liburan dengan suasana khas pegunungan yang sejuk, udara segar dan lainnya. Saat mengunjungi kawasan Pacet di kabupaten Mojokerto, Jawa Timur sendiri anda harus siap sedia dengan hawa dingin yang sejuk dan menyegarkan.

Tentu hal ini sangat dicari bagi orang-orang perkotaan, terutama yang ada di Jawa Timur, seperti Kediri, Surabaya, Malang dan kota besar lainnya. Tapi tak menutup kemungkinan untuk anda yang berada di luar Jawa Timur, juga bisa menikmati wisata alam pegunungan khas Pacet ini. Jadi, anda perlu merencanakan dari jauh-jauh hari untuk berlibur ke Pacet.

sumber : https://dokjalannyok.wordpress.com

Sebelum berlibur ke Pacet, anda perlu mengetahui informasi seputar tempat wisatanya. Dengan demikian, anda tidak perlu bingung lagi sesampainya disana. Hal ini karena di Pacet terdapat cukup banyak tempat wisata yang dapat anda kunjungi, salah satunya Air Terjun Grenjengan yang cukup terkenal.

Air terjun Grenjengan sendiri termasuk salah satu tempat wisata yang masih terletak di Kawasan Wisata Pacet dan pas di lereng Gunung Wlierang. Sebenarnya, masih banyak kawasan wisata lain di Pacet selain air terjun Grenjengan ini, sebut saja air terjun coban canggu. Namun para wisatawan lebih mengenal air terjun Grenjengan. Letak dari air terjun ini ada di Desa Padusan, Kec Pacet, Kab Mojokerto Jawa Timur.

Rute ke Air Terjun Grenjengan

Jika anda dari Mojokerto, maka untuk bisa sampai ke air terjun Grenjengan ini anda harus menempuh jarak sekitar 30 km. Sementara jika anda memulai perjalanan dari pusat kota Pacet, maka jarak yang ditempuh hanya sekitar 3km ke arah selatan. Berbeda dari kawasan wisata air terjun lain yang kondisi jalan dan rutenya sulit untuk dilalu bahkan perlu berjalan sampai berpuluh-puluh kilometer. Untuk kawasan wisata air terjun ini, rute yang dilaluinya sangat mudah dan kondisi jalannya sudah sangat baik, bisa dilalui dengan motor ataupun mobil.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan dan kesejukan air terjun Grenjengan ini, wisatawan dikenakan biaya atau tarif tiket masuk Rp 5000/orang. Namun setelah masuk ke lokasi, semua akan terbayar dengan pemandangan dan keindahan air terjun Grenjengan ini. Jika anda menyusuri kawasan air terjun Grenjengan ini, terdapat kolam pemandian air panas yang berjarak 800 meter dari lokasi.

Anda bisa sejenak bersantai dan merelaksasi tubuh dengan berendam di kolam air panas tersebut. Pemandian air panas ini juga dikenal sebagai pemandian air panas Padusan. Bisa dibayangkan betapa segarnya badan setelah berendam di air panas tersebut, ditambah lagi pemandangan dan gemuruh aiir terjum yang terdengar.

Fasilitas

Kekurangan air terjun ini adalah pengelolaan yang kurang baik oleh pemerintah. Hal tersebut bisa kita lihat dari beberapa fasilitas yang belum tersedia disana, misalnya jalan setapak yang berbatu dan masih sempit sehingga jika berpapasan dengan pengunjung lain akan terasa sulit.