Air Terjun Curug Sewu Kendal Jawa Tengah – Curug sewu kendal adalah salah satu obyek wisata air terjun dengan tiga tingkatan dengan ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun sewu ini juga dinobatkan sebagai salah satu air terjun tertinggi yang ada di provinsi Jawa Tengah. Lalu kenapa air terjun ini dinamakan Curug Sewu?

Nama curug sewu sendiri tersebut tak ada kaitan langsung dengan ketinggian dari air terjun itu sendiri. Karena jika dalam baha Indonesia sediri, Sewu berarti Seribu. Sehingga membuat nama air terjun ini sekilas diartikan sebagai seribu air terjun yang terpadat pada satu lokasi.

sumber : https://sportourism.id

Air terjun curug sewu juga tercatat sebagai air terjun yang memiliki debit air terbesar di Jawa Tengah, lokasinya berada di Desa Curug Sewu, Kec Patean, Kab Kendal Jawa Tengah. Anda bisa mencarinya di GPS dengan kode koordinat : 7 5′ 8.64″ S 110 5′ 58.15″ E. Untuk masalah harga tiket masuk, cukup terjangkau dengan hanya perlu membayar Rp 3.500 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Obyek wisata ini tak hanya menawarkan air terjun yang tinggi namun menyajikan pemandangan alam yang begitu indah dan menyejukan mata, dan jika anda beruntung akan bisa melihat pelangi dengan warna indah yang berada di tiga tingkatan air terjun sewu.

Ketika masuk ke area curug sewu ini, para wisatawan akan langsung disambut oleh patung Prabu Baladewa yang ada di depan pintu masuk serta vespa berukuran raksasa. Salah satu keunggulan dari kawasan wisata air terjun ini ialah, setelah wisatawan masuk ke area air terjun ini, dengan sedikit berjalan serta jalan yang datar, para wisatawan akan disuguhkan oleh keindahan pemandangan alam yang begitu indah dan air terjun diatas kawasan wisata ini.

Kalau anda ingin melihat air terjun lebih dekat, maka anda perlu turun melalui ratusan anak tangga. Setelah sampai dibawah, anda akan langsung disambut udara segar dan sejuk bercampur kabut dari air terjun serta pelangi yang ada di sekitar curug sewu ini. Curug sewu sendiri memiliki tiga tingkatan air terjun yang masing-masing mempunyai ketinggian 45 meter untuk tingkatan pertama, tingkatan kedua 15 meter dan untuk tingkatan ketiga 20 meter

Untuk dapat memberi kenyamanan lebih pada para wisatawan yang berkunjung, pihak pengelola sendiri telah melengkapi dengan fasilitas penunjang seperti kebun binatang mini, tempat bermain anak, serta berbagai fasilitas penunjang lain.

Rute menuju air terjun curug sewu
Dari kota Semarang jarak nya tak terlalu jauh, yakni sekitar 40 km dari kota kendal dengan melewati dulu daerah Weleri dan Sukorejo. Kota Kendal sendiri mudah untuk dijangkau, berada persis di jalur pantura Jawa Tengah yang menghubungkan Semarang hingga Jakarta. Jika anda dari Semarang, bisa dijangkau dengan waktu tempuh relatif singkat. Sesampainya dipusat kota Kendal, maka anda harus melanjutkan perjalanan dengan menempuh rute menuju obyek wisata Curug Sewu, yakni lewat rute Cepiring, Weleri kemudian ke Sukorejo.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, bisa dengan mobil atau motor. Kontur jalan yang dilalui untuk sampai ke Curug Sewu ini sudah begitu baik dengan jalanan beraspal halus, tapi anda perlu berhati-hati karena jalurnya berkelok-kelok ditambah tanjakan karena memang berada di kawasan pegunungan. Tapi perjalanan tidak akan terasa cape karena sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan pegunungan yang begitu indah.