Air Terjun Curug Sawer Sukabumi – Di Sukabumi terdapat beberapa tempat wisata yang memang nyaman untuk anda kunjungi disana, termasuk obyek wisata di Sukabumi yang banyak menarik minat pengunjung karena mitos yang beredar. Dialah Curug Sawer yang merupakan mata air yang berada di seitaran Situ Gunung yang berlokasi di Kudadampit Cisaat Sukabumi.

Alamat lengkap dari Curug Sawer sendiri berada di Desa Gedepangrango, Kec Kadudampit, Kab Sukabumi Jawa Barat. Air terjun atau curug ini adalah salah satu tempat wisata air terjun di Sukabumi yang keindahan alamnya masih belum terjamah banyak orang. Curug Sawer sendiri berada di sekitaran kawasa Situ Gunung Sukabumi yang populer karena merupakan tempat yang pas dan paling indah untuk anda berkemah atau camping.

sumber : http://bisnisbandung.com

Ada cerita yang mengatakan jika dulunya Curug Sawer ini hanya sebuat air terjun kecil. Lokasinya pun berada di pedalaman hutan-hutan bambu rimbun yang menjadikan curug ini di cap super angker oleh masyarakat sekitar. Tapi semuanya berubah drastis sertelah ada sekelompok pecinta alam yang tegah menyurvei untuk menentukan lokasi atau spot outbond yang pas. Secara tak segaja, mereka menjumpai air terjun curug sawer ini yang setelah itu memikat mereka. Lalu sejak itu, area di sekitar Curug Sawer ini dibangu dan diberi beberapa fasilitas penunjang agar memudahkan para pengujung yang ingin datang ke curug sawer ini.

Curug sawer sendiri tak begitu tinggi, yakni hanya sekitar 25-30 meter, tapi keindahan alam di sekitar curug ini mampu memanjakan mata anda. Terdapat sebuah lapangan hijau di curug sawer ini, dan ada juga beberapa daerah pesawahan masyarakat sekitar. Keindahan yang sangat memukau dan melekat, memang pantas jika curug sawer ini di sebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Sukabumi.

Lompat ke Sub Topik:

Akomodasi

Untuk masalah akomodasi untuk anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun ini, jangan khawatir karena berjarak 200 meter dari curug sawer ini ada sebuah Wisma Situgunung.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di lokasi air terjun curug sawer ini cukup lengkap, seperti Mushola, warung makan, pusat informasi dan juga lokasi camping atau berkemah didekat curug sawer atau anda juga bisa berkemah di Cinumpang.
Untuk bisa masuk ke lokasi curug sawer ini cukup murah meriah, yakni sekitar Rp 5.000/orang, dan jika ingin berkemah anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000. Biaya bisa berubah sewaktu-waktu.

Di lokasi wisata aor terjun ini ada mitos yang hingga kini masih menjadi misteri, yakni soal penunggu mata air yang dipercaya memegang kendali penuh pada daerah Curug Sawer ini sendiri. Air terjun ini adalah tempat yang biasa digunakan sebagai tempat persembahan, jadi tidak heran akan banyak kejadian aneh yang pernah dirasakan para wisatawan.

Misalnya adalah, ada pengunjung yang datang untuk melakukan syuting iklan di Curug Sawer ini dan melihay sosok astral atau penampakann di lokasi air terjun ini. Tapu walaupun banyak kabar santer terdengar ke telinga masyarakat luas Sukabumi, air terju Curug Sawer ini tetap jadi salah satu destinasi wisata wisatawan lokal. Hal ini karena Curug Sawer akan menyuguhkan pemandangan yang tak akan ditemukan di tempat wisata air terjun lainnya.