Air Terjun Curug Parigi Bantargebang Bekasi – Tentu anda sudah tak asing lagi dengan TPS Bantar Gebang? Ya, kota Bekasi tak cuma identik dengan TPS tersebut saja, namun ternyata di Bantar Gebang menyimpan spot air terjun yang begitu indah. Bentuk dari air terjun ini cukup unik cenderung memanjang sampai dimirip-miripkan dengan air terjun Niagara di Kanada, namun hanya bentuknya saja yang lebih kecil. Air terjun Parigi yang ada di Bekasi tersebut memiliki ketinggian dua meter dan bisa anda jadikan alternatif wisata saat berkunjung ke kota Bekasi.

Air terjun yang satu ini masih belum banyak dikenal sebagai tempat wisata, sehingga masih belum banyak orang yang tahu lokasinya. Tempat air terjun ini berada tak jauh dari Bantargebang dan berada di wilayah Jalan Raya Narogong. Lokasinya tersembunyi dalam kawasan perumahan Villa Nusa Indah 5, sehingga untuk akses masuknya tak banyak diketahui orang. Warga sekitar menyebutnya dengan nama Curug Parigi.

sumber : http://segalanya123.blogspot.com

Rute menuju Curug Parigi, Bantargebang Bekasi

Untuk anda yang berasal dari luar Bantar Gebang yang ingin berkunjung ke Air Terjun Parigi ini, hanya cukup ke Bogor lalu buka Google Map dan cari Jalan Raya Narogong. Setelah sampai di Jalan Raya Narogong, lanjutkan perjalanan hingga sampai di Pangkalan 3 ke Villa Nusa Indah, jalan masuk berupa gang. Beberapa saat setelah anda memasuki gang, maka akan langsung disuguhi gemuruh air dari Curug Parigi. Curug Parigi ini persis berada di salah satu titik Sungai CIleungsi yang agak lebar karena memang aliran sungainya berkelok.

Trek masuk menuju sungai cukup sulit karena terdapat beberaha daerah terjan serta rawan longsor. Tanah yang kruang kokoh menjadikan erosi tanah akan mudah terjadi oleh karena itu, air terjun memiliki air yang kurang jernih. Berdasarkan informasi dari warga sekitar, dulunya air di Sungai Cileungsi begitu jernih namun karena ada pengerukan pasir memakai alat berat, akhirnya warna air sungai menjadi keruh.

Curug Parigi ini bentuknya dari patahan sungai dengan ketinggian sekitar 2 meter namun memiliki lebar sekitar 20 meter lebih, oleh karena itu bentuknya memanjang kesamping. Bentuk memanjang tersebut identik dengan air terjun Niagara yang ada di Kanada, namun dengan ukuran mini.

Seperti yang telah dijelaskan diawal tadi jika memang air terjun curug parigi ini belum diresmikan sebagai obyek wisata sehingga masih belum banyak yang mengetahui keberadaannya, ditambahlagi belum ada pihak pengelola yang baik untuk menjaga kebersihan dan keamanan pengunjung yang datang, untuk itu hal terpenting saat berkunjung perlu menjaga barang bawaan anda, walau memang laporan tentang kehilangan barang masih belum banyak terjadi. Tak hanya itu, sampai yang ditinggalkan para pengunjung tak bertanggung jawab masih banyak dan berserakan dimana-mana karena memang belum ada petugas kebersihan di air terjun Parigi ini, ada baiknya jika kita lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan sekitar lingkungan curug ini.

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan, sekitar Rp 3000untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Nah, sekian ulasan kami tentang tempat wisata air terjn Curug Parigi Bantargebang Bekasi ini, silahkan untuk anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, bisa mencoba untuk datang ke lokasi air terjun parigi ini.