Air Terjun Curug Layung Cisarua Bandung – Jika anda ingin mengalami petualangan alam baru di Bandung utara, maka anda bisa mencoba curug yang satu ini. Ya, curug layung kini tengah jadi trending topic di dunia maya khususnya media sosial. Para wisatawan dapat merasakan serunya menjejaki ketinggia kawasan Bandung di dekat gunung Tangkuban Perahu dan tentunya akan merasakan keindahar dan kesejukan alam di sekitar Curug Layung Cisarua. Air terjun yang juga sering disebut sebagai Curug Putri Layung ini lokasinya dikelilingi alam yang asri dan membuat para wisatawan yang datang enggan pergi dari curug ini. Selain air terjun, lokasi favorit yang bisa anda kunjungi adalah kawasan hutan pinus.

Curug layung sendiri adalah satu satu air terjun yang aliran airnya langsung dari sungai Cimahi. Curug yang kini jadi tempat favorit, dulunya sempat ditutup untuk umum karena memang kawasan air terjun ini dipakai sebagai area latihan Kopassus (dekat di Kaki Gunung Burangrang). Lalu ditahun 2012, tempat ini kembali mulai dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Memiliki aliran air yang tidak terlalu tinggi, tapi kolam alami yang cukup lega dengan airnya yang bening menjadikan daya tarik tersendiri dari curug ini. Curug layung sendiri merupakan curug cikal alias terletak di bagian hulu aliran sungai Cimahi. Dan adik-adiknya, berada di hilir, seperti Curug Bugbrug, Curug Cimahi (Curug Pelangi), Curug Tilu, Curug Lalay hingga Curug Panganten.

sumber: http://beritabandung.com

Posisi dari curug layung sendiri terletak di kaki Gunung Tangluban Perahu (kearah barat), yaitu diantara dua buah tebing dan rimbunan hutan pohon pinus. Atau tepatnya di Desa Kertawangi, Kec Cisarua Kab Bandung Barat. Untuk sampai dilokasi persisnya air terjun Layung ini, para wisatawan akan menyusuri hutan yang asri dengan hiking setelah sampai ditempat parkir. Tapi, untuk anda yang gemar bersepeda bisa menjajalnya ditempat wisata ini. Dikawasan wisata ini menyajikan objek wisata terpadu yang memadukan kawasan hutan pinus dan curug layung juga dapat merambah ke perkebunan teh Sukawarna yang terletak tidak jauh dari lokasi.

Rute dari Bandung

Untuk sampai ke lokasi, anda bisa melewati Jln. Kolonel Masturi/ Jl. Cihanjuang Cimahi. Setidaknya ada dua jalan utama yang dapat anda lewati, yakni melalui jalur Komando dan jalur daerah Wiisata Ciwangun Indah camp (CIC). Dari Bandung bisa lewat Jln Setiabudi (sebrang Terminal Ledeng), belok kiri ke Jln. Kolonel Masturi (ke arah Cihideung) sampai lewat objek wisata Curug Cimahi (didekat CIC), kemudian ke Jln. Komando.

Rute dari Cimahi

Jika anda dari Cimahi, maka ambil arah ke Jln. Kolonel Masturi kemudian masuk Jln. Komando sebelum Curug Cimahi (Curug Pelangi). Setelah dari sana, ikuti jalur menanjak sampai ke gerbang wisata Curug Layung. Anda akan sampai ditempat parkir kendaraan. Akan ada penduduk atau petugas pengelola parkir dan tiket masuk ke Curug Layung. Untuk harga tiket masuknya sendiri cukup murah, yakni Rp 10.000 saja. Selanjutnya anda tinggal melanjutkan perjalanan engan hiking ke kawasan hutan pinus.