Air Terjun Curug Cipamingkis Jonggol Bogor – Tempat wisata air terjun Curug Cipamingkis terletak di wilayah Bogor, tepatnya di Desa Wargajaya, Kec Sukamakmur, Kab Bogor Jawa Barat. Objek wisata air terjun ini memiliki luas sekutar 16,50 hektar.

Suhu di sekitar lokasi wisatta Curug Cipamingkis sendri dukup dingin. Bukan semata-mata karena suhu udara disana berkisar di 18-20 derajat celcius, namun karena ada hawa lain yang melingkupi kawasan wisata air terjun di Bogor tersebut. Pasalnya, keberadaan air terjun curug cipamingkis ini tidak lepas dari legenda dan mitos di masyarakat sekitar.

Curug Cipamingkis sendiri adalah pertemuan dari dua aliran sungai yang melintas di sepangjang Kabupaten Bogor, yakni sungai cipamingkis dan sungar cisarua. Konon, nama dari salah satu sumber sungai itu asal muasal nama Curug Cipamingkis berasal.

Namun masyrakat sekitar menyebutkan jika Curug Cipamingkis adalah air terjun terakhir atau pamungkas. Masyarakat tersebut meyakini, filosofi kata pamungkas tersebut berubah jadi nama Cipamingkis.

Menariknya, Curug Cipamingkis ini lebih banyak menarik minat wisatawan ketimbang curug lain yang berada satu wilayah dengannya, yakni Curug Ciherang. Kendari kedua curug memiliki lokasi yang cukup dekat, hal tersebut tidak lepas dari kesan mistis Curug Cipamingkis yang lebih kental dibanding Curug Ciherang.

Hal tersebut tidak dipungkiri lagi, karena Curug Cipamingkis ini begitu kental aroma mistis yang melegenda dari masa ke masa.

Suasana asri udara yang sejuk dan segar khas pegunungan begitu terasa saat pertama kali menginjakan kaki di kawasan wisata air terjun ini. Potensi alam yang sangat eksotis dan indah tersebut menjadi daya tarik utama Curug Cipamingkis bagi para wisatawan yang berkunjung, selain hawa mistis yang sangat kental terasa.

Ditambah lagi Curug Cipamingkis begitu mudah untuk diakses. Berjarak sekitar 40KM dari pusat kota Bogor. Untuk sampai di objek wisata tersebut, rute yang harus dilewati adalah Bogor -> Sentul -> Babakan Madang -> Sukamakmur -> Desa Wargajaya -> Curug Cipamingkis.

Untuk anda yang beasar dari jonggol, anda bisa mengambil jalur menuju Sukamakmur ke arah Cipanas. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk bisa sampai ke Curug Cipamingkis setelah keluar dari pintu tol utama Cibubur. Karena anda tinggal lurus mengikuti jalan ke arah Timur.

Menilik dari lokasinya, objek wisata Curug Cipamingkis ini menawarkan beberapa keunggulan, seperti tempat parkir yang lebih dekat ke jalan utama. Area parkir pun masih bisa terlihat saat kita beraqda di area air terjun.

Hal tersebut yang menjadikan Curug Cipamingkis terlihat lebih dekat dan jauh lebih mudah di akses dibanding Curug Ciherang yang berlokasi sekitar 500 meter dari gerbang tiket masuknya.

Harga tiket masuk ke Curug Cipamingkis adalah sekitar Rp 9.000 ditambah biaya parkir sekutar Rp 4.000. Saat berada di area parkir kendaraan, wisatawan akan disambut rimbunan pohon pinus yang tinggi menjulang ditambah parit kecil yang airnya begitu sejuk.

Anda tidak perlu merasa khawatir saat perbekalan di rumah habis, karena di tempat parkir kendaraan ada pondok atau warung yang menjual makanan dan minuman. Terdapat juga jembatan bambu untuk menyebrang ke curug cipamingkis, disini terlihat jika pihak pengelola sudah menata baik tempat wisata ini untuk menarik minat pengunjung.

Fasilitas di Curug Cipamingkis sendiri terbilang lengkap, terdapat area perkemahan, outdoor activity, jogging track, musholla, toiler dan pondok atau saung untuk tempat beristirahat.